Connect with us
UM3406
Fitur

7 Aplikasi Penguras Kuota Internet Terboros di Smartphone

Updated

Tak hanya baterai yang mudah habis, kuota internet pun sering terkuras habis. Dua hal tersebut sering dikeluhkan para pengguna smartphone masa kini. Teknologi internet yang semakin hari semakin kencang membuat kebutuhan data menjadi lebih boros. Terlepas dari itu semua, ternyata ada beberapa aplikasi yang diam-diam menyedot kuota internet secara drastis. Ingin tahu apa saja aplikasinya? Berikut ulasannya.

Facebook

Jika Anda termasuk orang yang aktif menggunakan aplikasi Facebook, pastikan fitur auto play video tidak aktif. Video pada facebook lebih sulit dimuat ketimbang YouTube. Jadi sudah dipastikan kuota data yang dikeluarkan menjadi lebih banyak.

Anda dapat menonaktifkannya dengan cara masuk ke menu pengaturan aplikasi -> putar otomastis, lalu pilih opsi “jangan pernah putar video otomatis” atau “putar otomatis di koneksi WiFi saja”. Selain itu, non-aktifkan juga fitur unggah semua foto dalam HD dan unggah semua video dalam HD.

Twitter

Seperti halnya Facebook, Twitter juga dilengkapi dengan fitur pemutar video dan GIF secara otomastis. Tentu hal ini lumayan menyedot kuota internet Anda. Nonakftifkan auto-play dengan cara pergi ke menu setings-> general -> video autoplay. Selain itu, jika ingin lebih menghemat pemakaian data pada aplikasi Twitter ini, non-aktfikan juga image previews in timeline.

Instagram

Instagram yang notabene digunakan semua orang untuk berbagi momen-momen penting melalui foto, nyatanya menghabiskan data internet yang cukup besar. Karena Aplikasi ini juga menggunakan fitur pemutar video dan pemuatan gambar secara otomatis.

Jika ingin mematikan fitur ini, masuk saja ke pengaturan aplikasi. Lalu, pilih menu penggunaan data seluler. Berikan tanda centang pada opsi gunakan lebih sedikit data. Dengan begini, seluruh pemutaran video dan pemuatan gambar secara otomatis hanya terjadi saat perangkat terhubung di jaringan WiFi.

YouTube

Pasti semua orang setuju kalau aplikasi berikut ini sering menjadi penyebab habisnya kuota internet secara tiba-tiba. Bagaimana tidak? Video-video pada YouTube membutuhkan data yang cukup besar untuk dapat diakses. Untung saja YouTube tidak memiliki fitur auto play seperti Facebook, Twitter dan Instagram.

Jadi penggunaan data sepenuhnya berada di tangan kita. Masalahnya, banyak dari kita sering lupa waktu jika sudah asyik nonton video di YouTube. Sekedar tips, tontonlah video YouTube dengan resolusi yang paling rendah agar kuota data menjadi lebih hemat. Selain itu, Anda juga dapat menyimpan video secara offline untuk menonton berulang-ulang.

JOOX dan Spotify

Mendengarkan jutaan lagu dengan kualitas terbaik memang sangat menyenangkan. Akan tetapi jika hal ini Anda lakukan terus menerus, maka tak ayal kuota data Anda lenyap seketika. Jika ingin menghemat kuota, download lagu-lagu favorit Anda dan mainkan secara offline. Sayangnya, pada aplikasi Spotify hanya pengguna premium saja yang diperbolehkan men-download lagu.

Netflix

Siapa yang tak suka nonton film? Apalagi nonton filmnya dapat dilakukan hanya dengan smartphone. Ya, dengan berlangganan Netflix kita bisa menikmati berbagai film, mulai dari film lama hingga yang terbaru. Sayangnya untuk menontonnya, kita harus mengeluarkan kuota data yang terbilang besar. Untuk nonton video HD berdurasi 45 menit saja dibutuhkan kuota sekitar 750MB. Jadi, gunakan aplikasi ini dengan bijak agar kuota data tidak cepat habis.

Google Play Store

Sekilas Google Play Store tidak banyak menguras data, kecuali saat download aplikasi. Namun, fitur auto-update aplikasi lah yang menjadi penyebab utama kuota tiba-tiba habis. Seperti Facebook misalnya yang kerap menyediakan update rutin dua minggu sekali. Alangkah lebih baik jika Anda mengaktifkan auto-update hanya saat terhubung dengan jaringan WiFi saja. Atau matikan fitur ini sehingga kita bisa leluasa memilih aplikasi mana saja yang ingin di-update dan mana yang tidak secara manual.

Comments

Harga HP Terbaru

Berita2 weeks ago
Mengusung Banyak Fitur Keren, Berikut Spesifikasi Reno 12 Pro 5G

Oppo kembali menghadirkan smartphone dengan spek tinggi. Salah satunya adalah Oppo Reno 12 Pro 5G dengan performa yang bisa diandalkan....

Harga HP8 months ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy M34 5G

Gebrakan terbaru yang ditunjukkan oleh Samsung di pasar smartphone Indonesia adalah meluncurkan Galaxy M34 5G. Smartphone ini dipasarkan dengan harga...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi POCO F5

Datang sebagai smartphone flagship, POCO F5 hadir ditujukan untuk para gamer, penggiat fotografi, dan tech lovers.

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi vivo Y36

vivo kembali membuat kejutan di pasar smartphone Indonesia dengan meluncurkan vivo Y36. Smartphone yang membawa segudang daya tarik ini dibanderol...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy A54 5G

Galaxy A54 5G sudah hadir resmi di Indonesia. Bagi kalian yang tertarik meminang smartphone ini, Galaxy A54 5G datang dengan...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi Redmi Note 12 Pro 5G

Xiaomi kembali menggebrak pasar Indonesia pada akhir bulan Maret lalu dengan meluncurkan Redmi Note 12 Pro 5G. Smartphone kelas menengah...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi OPPO Reno8 T 5G

Pada bulan Maret 2023 lalu OPPO telah secara resmi meluncurkan OPPO Reno8 T 5G di pasar Indonesia. Smartphone mid-range ini...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi realme C55 NFC

realme secara resmi telah memasarkan realme C55 NFC di Indonesia sejak awal Maret 2023. Smartphone entry-level ini membawa banyak fitur...

Aplikasi DroidLime

Get it on Google Play

Populer