Connect with us
ZenBook-13-14
Fitur

5 Fitur Pintar di Android 9 Pie

Android P secara resmi sudah punya nama baru, yakni Android 9 Pie. Disebut-sebut, beberapa fiturnya mengadopsi machine learning sehingga menjadikan sistem operasi mobile buatan Google ini lebih pintar.

Updated

Google sudah memberi nama sistem operasi Android terbarunya dengan sebutan Android 9 Pie. Menariknya, raksasa teknologi yang berbasis di Mountain View, Amerika Serikat ini menyebutkan bahwa beberapa fitur baru yang disematkan ke dalam Android 9 Pie ini sudah mengadopsi machine learning.

Ya! Google memang sepertinya sudah banyak belajar dari Android versi lawasnya. Sudah barang tentu, fitur-fitur terbaru yang ditanam ke dalam Android 9 Pie dan terkait dengan teknologi machine learning bertujuan untuk memberi kemudahan bagi pengguna dalam banyak hal, salah satunya pemakaian.

Google sendiri mengklaim, dengan hadirnya teknologi machine learning ke dalam Android terbarunya ini, pengguna akan lebih merasakan pengalaman yang baru. Tak hanya menjanjikan sesuatu yang lebih efesien, tetapi juga lebih cepat dan lebih cerdas.

Lantas, fitur-fitur baru apa saja yang dimuat oleh Google yang ada pada Android 9 Pie terkait dengan teknologi machine learning ini? Setidaknya ada lima fitur baru dan semuanya kami coba jabarkan hanya untuk kalian pembaca setia DroidLime.

Adaptive Battery

Disebutkan, kehadiran fitur Adaptive Battery merupakan kerja sama Google dengan DeepMind. Fitur baru ini memanfaatkan machine learning untuk memprioritaskan baterai yang ada pada smartphone agar bisa mengoptimalkan aplikasi yang sering digunakan pengguna.

Dengan begitu, baterai yang terpasang bisa lebih hemat dan memiliki durasi waktu pakai yang lebih lama. Tentu saja hal ini sangat berguna, terutama untuk perangkat yang memiliki kapasitas baterai tidak begitu besar alias standar.

Slices

Lewat situs Android Developer, Google menyebutkan bahwa Slice sengaja dihadirkan untuk membantu pengguna melakukan beberapa tugas atau perintah lebih cepat. Ini dilakukan dengan menggunakan kerangka antarmuka yang dapat menampilkan konten yang lebih kaya, dinamis dan interaktif.

Ya! Slice berkaitan erat dengan aplikasi yang sering digunakan oleh pengguna dan aplikasi tersebut akan terintegrasi dengan Google Search dan juga Google Assistant. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai fitur ini, kalian bisa mengakses tautan berikut ini.

App Actions

 

Bisa dikatakan App Actions adalah cara baru untuk meningkatkan visibilitas aplikasi yang dipakai oleh pengguna serta mendorong keterlibatannya secara penuh. Fitur ini memanfaatkan teknologi machine learning untuk menampilkan aplikasi pada saat yang tepat, yakni berdasarkan kebiasaan yang dilakukan oleh pengguna.

Terkait dengan fitur ini, Google pun juga menjanjikan kepada semua pengembang aplikasi untuk berbagi informasi yang lebih banyak. Harapannya, aplikasi-aplikasi tersebut dapat segera diaktifkan untuk keperluan App Actions.

Text Classifier & Smart Linkify

Dalam pengembangan Android terbarunya ini, Google juga tak lepas dari hal inovasi. Bisa dikatakan, tak sedikit inovasi yang terus digulirkan oleh Google guna menjadikan sistem operasi mobile-nya ini lebih nyaman untuk digunakan.

Salah satu inovasi yang dihadirkan adalah memanfaatkan model machine learning untuk mengidentifikasi entitas dalam konten atau input teks yang lebih beragam. Salah satu contohnya adalah pencatatan data tanggal dan nomor penerbangan pesawat melalui API TextClassifier.

Sedangkan Smart Linkify memungkinkan pengguna memanfaatkan TextClassifier melalui API Linkify, termasuk memperkaya opsi untuk sebuah tindakan yang diambil oleh pengguna dengan lebih cepat. Selain itu, Smart Linkify juga memberikan peningkatan signifikan dalam akurasi serta kinerja.

Baca juga

Neural Networks API 1.1

Dalam pengembangan Android 9 Pie, Google juga telah memuat versi terbaru dari Neural Networks API. Hal ini bertujuan untuk memperluas dukungan Android agar implementasi machine learning bisa lebih cepat dimuat ke dalam sebuah perangkat.

Disebutkan, dengan dimuatnya Neural Networks 1.1, ada dukungan untuk sembilan operasi baru yang diperkenalkan, yakni Pad, BatchToSpaceND, SpaceToBatchND, Transpose, Strided Slice, Mean, Div, Sub, dan Squeeze.

Comments

Harga HP Terbaru

Harga HP5 days ago
Harga dan Spesifikasi realme 7 Pro

Di pasar Indonesia realme kembali memperkenalkan smartphone mid-range terbarunya, realme 7 Pro. Smartphone ini telah dibekali chipset Snapdragon 720G, RAM...

Harga HP1 week ago
Harga dan Spesifikasi OPPO Reno4 F

OPPO secara resmi sudah meluncurkan OPPO Reno4 F. Smartphone ini ditenagai oleh chipset Helio P95 dari MediaTek, RAM 8 GB...

Harga HP2 weeks ago
Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy M51

Samsung secara resmi telah meluncurkan Galaxy M51 di pasar Indonesia. Smartphone yang dibanderol seharga Rp5 jutaan ini datang dengan beberapa...

Harga HP2 weeks ago
Harga dan Spesifikasi vivo V20

vivo secara resmi telah memperkenalkan smartphone kelas menengah terbarunya, vivo V20 di pasar Indonesia. Smartphone yang punya keunggulan di sektor...

Harga HP1 month ago
Harga dan Spesifikasi realme 7

realme 7 secara resmi sudah hadir di pasar Indonesia. Smartphone yang dibanderol seharga Rp3 jutaan ini telah ditenagai chipset Helio...

Harga HP1 month ago
Harga dan Spesifikasi Redmi 9C

Kembali menggebrak pasar smartphone entry-level di Indonesia, Xiaomi telah meluncurkan Redmi 9C pada tanggal 9 September 2020 lalu. Smartphone yang...

Harga HP2 months ago
Harga dan Spesifikasi realme C12

Meramaikan pasar smartphone entry-level, realme pada pertengahan Agustus lalu telah meluncurkan realme C12. Smartphone yang ditenagai Helio G35 ini dibanderol...

Harga HP2 months ago
Harga dan Spesifikasi Redmi 9A

Melengkapi Redmi 9 yang diluncurkan pertengahan Juli lalu, Xiaomi kembali membuat kejutan dengan meluncurkan Redmi 9A di pasar Indonesia pada...

Aplikasi DroidLime

Get it on Google Play

Populer