Connect with us
ROG-Zephyrus-G14
Fitur

4 Alasan Mengapa Harga Perangkat Xiaomi Murah

Updated

Brand terkenal asal Cina yang satu ini semakin mengepakkan sayapnya. Berdiri sejak tahun 2010, popularitas Xiaomi terus beranjak naik. Bahkan pada tahun 2015 lalu, Xiaomi menduduki peringkat keempat sebagai produsen smartphone terbesar di dunia. Banyak orang penasaran, mengapa smartphone Xiaomi selalu laku keras di pasaran?

Jawaban yang paling tepat adalah karena model bisnis cerdas yang mereka lakukan. Bayangkan saja, mereka mampu menjual produk berspesifikasi tinggi dengan harga yang lebih murah dibanding smartphone lainnya. Mengapa bisa begitu? Berikut adalah empat alasan mengapa hal ini bisa terjadi.

Ogah beriklan

Alasan yang paling utama adalah Xiaomi tidak melakukan promosi atau pengiklanan produk secara besar-besaran. Tentu saja Xiaomi pernah beriklan, namun bujetnya berbeda dengan vendor lain seperti Samsung yang rela mengeluarkan dana sangat besar untuk proses promosinya saja.

Xiaomi lebih mengandalkan jaringan media sosial dan para fans untuk mempromosikan produknya. Melalui media sosial, produk Xiaomi diperkenalkan dari mulut ke mulut. Dengan cara ini, Xiaomi telah menghemat banyak dana dan mengalokasikannya untuk merilis smartphone baru di setiap tahunnya.

Di sektor penjualan, Xiaomi menggunakan e-commerce seperti Flipkart, Amazon, dan Snapdeal untuk penjualan online-nya, serta menggunakan beberapa toko seperti Mobile Store dan Airtel Store untuk penjualan offline-nya. Hal ini juga berlaku di Indonesia dimana pada awalnya Xiaomi dijual secara online melalui Lazada.

Jual cepat terbatas

Penjualan dengan harga murah ini megharuskan Xiaomi membuat kebijakan dalam proses produksinya, yakni menjual produk secara cepat dan terbatas. Sebenarnya, banyak orang khusunya fans Xiaomi mengeluh dan mengkritik keras kebijakan ini. Tapi faktanya disitulah letak strategi bisnis yang Xiaomi lakukan agar dapat menjual produk dengan murah namun tetap balik modal atau bahkan untung.

Kebijakan ini membuat Xiaomi tidak mampu memenuhi seluruh permintaan konsumennya. Ini karena Xiaomi hanya menjual setiap seri smartphone secara terbatas dan penjualannya pun dilakukan dengan sangat cepat. Dengan cara ini pula, Xiaomi tidak perlu mengeluarkan dana untuk penyimpanan dan pemeliharaan produk.

Ekspor ke pasar potensial

Xiaomi tidak hanya menjual smartphone pada basis pelanggan kecil. Xiaomi terus berusaha memperluas pasar hingga ke berbagai negara. Memang tidak banyak cakupan Xiaomi, tapi mereka menyasar negara yang potensial, seperti Indonesia, sebagian besar Asia Tenggara, India, Brazil, Rusia, dan Meksiko. Dengan mengekspor produk ke luar negeri, pendapatan Xiaomi menjadi lebih banyak.

Seperti kata pepatah mengatakan “Drops make an Ocean”, semakin banyak pembeli semakin besar keuntungan yang didapat. Meski keuntungan yang didapat kecil karena harga produknya yang murah, namun jika pelanggan membeludak, pasti keuntungan meningkat seiring berjalannya waktu.

Kerjasama strategis

Perlu diketahui, Xiaomi didirikan oleh pemain-pemain lama dalam dunia bisnis teknologi, termasuk Hugo Bara yang kini menjabat sebagai Vice President Xiaomi. “Kami punya hubungan yang sangat baik dengan para penyuplai komponen (hardware),” ujar mantan bos Google tersebut. Dengan begitu, Xiaomi bisa mendapat pasokan komponen dengan harga lebih miring.

Ya, Xiaomi memiliki banyak mitra besar termasuk Qualcomm. Kita tahu Qualcomm adalah perusahaan yang selalu menghadirkan prosesor super kuat. Oleh sebab itu, banyak lini smartphone Xiaomi menggunakan prosesor Qualcomm sebagai otaknya.

Berkat kerjasama dengan Qualcomm, Xiaomi mendapatkan prosesor dengan harga yang relatif lebih murah. Tentunya bukan hanya dekat dengan Qualcomm, Xiaomi juga sangat dekat dengan produsen layar dan komponen lainnya.

Comments

Harga HP Terbaru

Harga HP2 days ago
Harga dan Spesifikasi realme C11

realme kembali memperlihatkan komitmennya untuk memanjakan penggemar gadget di Indonesia. Terbaru, realme telah memperkenalkan ponsel pintar entry-level yang dipanggil dengan...

Harga HP1 week ago
Harga dan Spesifikasi Nokia 5.3

Tanpa gembar-gembor, HMD Global telah memboyong Nokia 5.3 ke pasar Indonesia. Smartphone yang ditenagai chipset Snapdragon 665 ini dibanderol dengan...

Harga HP2 weeks ago
Harga dan Spesifikasi realme Narzo

Tidak hanya meluncurkan realme X3 SuperZoom, realme di pasar Indonesia juga merilis realme Narzo. Ditawarkan seharga Rp2 jutaan, realme Narzo...

Harga HP2 weeks ago
Harga dan Spesifikasi realme X3 SuperZoom

realme X3 SuperZoom sudah mendarat di pasar Indonesia. Smartphone yang ditenagai Snapdragon 855+ ini datang dengan dukungan RAM 12 GB...

Harga HP3 weeks ago
Harga dan Spesifkasi Redmi Note 9 dan Redmi Note 9 Pro

Xiaomi resmi memboyong Redmi Note 9 dan Redmi Note 9 Pro ke pasar Indonesia. Kedua smartphone ini diklaim oleh Xiaomi...

Harga HP3 weeks ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy A21s

Samsung kembali membuat kejutan di pasar Indonesia dengan meluncurkan Galaxy A21s. Ditenagai Exynos 850, smartphone ini hadir untuk menjangkau konsumen...

Harga HP1 month ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy M11

Tidak hanya meluncurkan Galaxy M21, Samsung juga memboyong Galaxy M Series lainnya, yakni Galaxy M11 ke pasar Indonesia. Datang sebagai...

Harga HP1 month ago
Harga dan Spesifikasi POCO F2 Pro

POCO sudah memperkenalkan penerus dari POCO F1 yang datang dengan sebutan POCO F2 Pro. Datang sebagai smartphone unggulan, POCO membekali...

Aplikasi DroidLime

Get it on Google Play

Populer