Connect with us
UX5401ZAS-Space-Edition
Berita

Upgrade 3G ke 4G/LTE, Telkomsel Dapat Dukungan dari Kominfo

Komitmen Telkomsel untuk upgrade jaringan 3G ke 4G/LTE mendapatkan dukungan penuh dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI selaku regulator sekaligus penyedia pita frekuensi dan pemberi izin pengembangan layanan jaringan telekomunikasi di Indonesia.

Updated

Implementasi Telkomsel untuk upgrade seluruh layanan jaringan 3G ke jaringan 4G/LTE, dengan total lebih dari 49 ribu BTS 3G di 504 kota/kabupaten secara bertahap mulai Maret hingga akhir tahun ini, mendapatkan dukungan penuh dari pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI.

Upgrade layanan jaringan tersebut merupakan bagian dari komitmen Telkomsel untuk meningkatkan kenyamanan dan pengalaman pelanggan dalam mengadopsi gaya hidup digital melalui peningkatan kualitas dan pemerataan serta kesetaraan akses jaringan broadband terdepan hingga pelosok negeri.

Dukungan Kementerian Komunikasi dan Informatika RI ini juga disampaikan langsung oleh Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Dr. Ir.Ismail, M.T. yang turut hadir melakukan pengecekan langsung proses upgrading 932 BTS 3G ke 4G/LTE pada 6 April 2022, bertempat di Telkomsel Smart Office, Jakarta.

“Kami dari Kementerian Kominfo menyambut baik rencana peningkatan (improvement) 3G menjadi 4G. Semoga langkah-langkah yang diambil Telkomsel ini selalu terukur dan terarah, serta terlihat dampaknya terhadap aktivitas sehari-hari masyarakat,” ucap Ismail.

Ditambahkan oleh Ismail bahwa untuk mendukung pengembangan jaringan 4G maupun 5G di Indonesia, diperlukan improvement teknologi dari 3G menjadi teknologi yang lebih tinggi kemampuannya. Berdasarkan pengaturan di bidang telekomunikasi, operator seluler mempunyai hak untuk memilih teknologi dalam pengoperasian jaringannya.

Sementara, Direktur Network Telkomsel Nugroho mengatakan bahwa Telkomsel mengapresiasi kepercayaan dan dukungan yang diberikan oleh Kementerian Kominfo RI dengan mulai dilakukannya proses upgrade seluruh jaringan 3G ke 4G/LTE secara bertahap dan terukur pada tahun ini.

“Dukungan tersebut memberikan semangat tambahan bagi kami untuk memastikan seluruh rangkaian proses upgrade jaringan yang dilakukan dapat berjalan lancar, dengan mengedepankan kenyamanan pelanggan dalam mengakses jaringan broadband terdepan dari Telkomsel sesuai dengan target hingga akhir tahun 2022,” jelas Nugroho.

Saat ini Telkomsel telah memasuki tahap pertama proses upgrade layanan jaringan 3G ke 4G/LTE. Pada tahap pertama ini, Telkomsel melakukan upgrade jaringan di 766 kecamatan yang berada di 90 kota/kabupaten selama Maret-Mei 2022.

Kecamatan di wilayah operasional Telkomsel Area Jawa Bali dan Pamasuka (Papua, Maluku, Sulawesi dan Kalimantan) menjadi yang paling mendominasi untuk percepatan proses upgrade seluruh jaringan 3G ke 4G/LTE sepanjang Maret hingga Mei 2022.

Sedangkan untuk tahap kedua akan dimulai pada Juni hingga Juli 2022 di 132 kota/kabupaten. Tahap ketiga, upgrade layanan dilakukan di 178 kota/kabupaten pada Agustus hingga Oktober 2022, dan tahap keempat pada November-Desember 2022 di 104 kota/kabupaten.

Selama proses upgrade berlangsung, pelanggan masih dapat melakukan layanan panggilan suara melalui jaringan 2G Telkomsel yang masih tersedia. Pelanggan juga dapat merasakan pengalaman panggilan suara kualitas HD sambil menikmati internet menggunakan layanan VoLTE Telkomsel yang kini telah tersedia di 514 kota/kabupaten.

Telkomsel bersama BAKTI Kominfo juga telah melakukan pengalihan ribuan BTS Universal Service Obligation (USO) di wilayah 3T (Terdepan, Terluar, Tertinggal) agar terhubung ke jaringan 4G/LTE. Langkah tersebut juga akan kembali dilanjutkan pada tahun ini dengan menargetkan dapat membangun 7.772 BTS USO 4G/LTE di wilayah 3T.

Telkomsel terus mengajak seluruh pelanggan yang masih menggunakan layanan 3G untuk dapat dengan segera melakukan migrasi atau beralih ke layanan 4G/LTE melalui berbagai saluran layanan pelanggan serta menghadirkan beragam promo spesial yang menarik dari Telkomsel.

Informasi lebih lengkap mengenai mekanisme pelaksanaan program upgrade layanan 3G ke 4G/LTE Telkomsel, jadwal proses dan daftar kota/kabupaten hingga ragam promo produk dan layanan terkait, dapat diakses melalui tautan: tsel.me/ingatempatg.

Comments

Harga HP Terbaru

Harga HP4 months ago
Harga dan Spesifikasi realme narzo 50

realme narzo 50, yang digadang-gadang mengambil gaming sebagai inti dari penciptaannya. Smartphone seharga Rp2 jutaan ini tiba dengan layar serta...

Harga HP8 months ago
Harga dan Spesifikasi vivo V23 5G

vivo di awal tahun 2022 langsung membuat kejutan dengan meluncurkan vivo V23 5G. Uniknya, smartphone ini punya bodi belakang yang...

Harga HP8 months ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy S21 FE 5G

Bagi kalian yang menginginkan smartphone unggulan dan nyaman digenggam atau disimpan di saku baju dan celana, Galaxy S21 FE 5G...

Harga HP9 months ago
Harga dan Spesifikasi HUAWEI nova 9

Menjelang akhir tahun 2021, Huawei memberi kejutan kepada pasar smartphone Indonesia dengan meluncurkan HUAWEI nova 9. Smartphone kelas menengah ini...

Harga HP10 months ago
Harga dan Spesifikasi realme 8i

realme punya senjata ampuh untuk menaklukkan mereka yang menginginkan layar 120Hz, namun ditawarkan dengan harga terjangkau. Ya! realme menghadirkan realme...

Harga HP10 months ago
Harga dan Spesifikasi OPPO A95

OPPO A95 secara resmi telah meluncur di Indonesia sejak tanggal 18 November 2021 lalu. Smartphone ini membawa banyak hal baru,...

Harga HP11 months ago
Harga dan Spesifikasi Xiaomi 11T dan Xiaomi 11T Pro

Xiaomi 11T dan Xiaomi 11T Pro jadi amunisi andalan Xiaomi yang baru diluncurkan di pasar Indonesia. Keduanya datang dengan dukungan...

Harga HP11 months ago
Harga dan Spesifikasi realme GT Neo2

realme terus melakukan gebrakan di pasar Indonesia. Gebrakan terbaru yang dilakukan oleh realme adalah dengan meluncurkan realme GT Neo2 yang...

Aplikasi DroidLime

Get it on Google Play

Populer