Connect with us
UM3406
Berita

TV Samsung Neo QLED 8K Sudah Mendarat di Indonesia, Dibanjiri Fitur Menarik

Bersama keluarga, kalian kini bisa menikmati film-film lawas dengan resolusi tinggi. Ya! Samsung menjawab hal itu melalui TV Neo QLED 8K yang baru saja mendarat di pasar Indonesia.

Updated

Kalian bersama keluarga hobi menonton film-film masterpice atau blockbuster? Tetapi, biasanya film-film lawas tersebut memiliki kualitas gambar tak sebaik film-film masa kini. Tak perlu khawatir, Samsung memiliki solusinya, karena raksasa elektronik tersebut baru saja merilis TV Neo QLED 8K.

Ya! Samsung telah menjejali beragam teknologi menarik terkini ke dalam Neo QLED 8K. Salah satun teknologi yang Samsung sematkan ke dalam TV tersebut adalah teknologi AI Upscaling. Teknologi ini hadir di dalam Neo QLED 8K untuk meningkatkan kualitas gambar video lawas menjadi setara 8K.

Seperti dijelaskan oleh Ubay Bayanudin, Head of Product AV Business, Samsung Electronics
Indonesia dihadapan sejumlah media saat hands-on TV Neo QLED 8K bahwa Neural Quantum Processor 8K secara “ajaib” akan mengubah konten apa pun menjadi setara 8K.

“Tak hanya berkualitas, konten yang diubah ke resolusi 8K berkat Neural Quantum Processor 8K yang ada pada TV Neo QLED 8K buatan Samsung ini juga mampu menghadirkan tekstur gambar lebih baik, detail yang lebih kaya, dan noise sangat minimal,” ujar Ubay.

Lebih lanjut, Ubay juga menjabarkan bahwa penambahan 44 Neural Networks menjadi 64 pada tahun ini membuat kemampuan AI Upscaling di TV Samsung Neo QLED 8K meningkat drastis untuk melakukan upscaling secara lebih presisi dan akurat.

Lalu, bagaimana caranya Samsung Neo QLED 8K TV melakukan hal itu?

#1 Upscaling Lebih Presisi dan Akurat dengan ‘Otak’ AI yang Lebih Banyak

Fondasi dari kemampuan meningkatkan konten standar menjadi setara 8K pada Neo QLED 8K TV terletak pada teknologi Neural Quantum Processor 8K yang dibantu oleh kecerdasan buatan (AI). Samsung memperkenalkan teknologi 8K AI Upscaling ini sejak 2019.

Tahun lalu, fitur ini memiliki 20 neural network untuk menganalisis konten dan meningkatkan kualitasnya. Tahun ini, Samsung menambahkan 44 Neural Network lagi menjadi 64, sehingga kemampuannya dalam melakukan upscaling jadi lebih presisi dan akurat.

 

Pada dasarnya Neural Network adalah ‘otak’ dari machine learning dalam teknologi AI untuk mempelajari berbagai pola data secara mandiri. Cara kerjanya dengan mengumpulkan dan mempelajari berbagai macam karakteristik konten berdasarkan jenisnya, kemudian menyimpannya dalam database.

Selanjutnya, teknologi 8K AI Upscaling yang ada di dalam TV Neo QLED 8K buatan Samsung ini menggunakan database tersebut untuk memproses jenis gambar yang serupa menjadi lebih tinggi resolusinya serta mengurangi kerusakan gambar atau noise.

#2 Nikmati di Layar yang Memukau dan Nyaman di Mata

Setelah kualitas gambar ditingkatkan, berikutnya adalah menontonnya di layar yang mampu menghadirkan konten beresolusi tinggi dalam kualitas terbaiknya. Samsung Neo QLED 8K TV merepresentasikan puncak dari TV premium yang mampu menghadirkan gambar memukau.

Layar TV Samsung Neo QLED 8K tahun ini disusun dari total 33 juta piksel. Artinya, ini empat kali jumlah piksel yang ditanamkan di layar TV yang masih mengadopsi teknologi 4K. Dengan begitu, kalian akan menyaksikan gambar dengan kualitas yang luar biasa.

Ini tentunya berkat Quantum Matrix Technology Pro yang disematkan oleh Samsung dengan 14-bit HDR contrast akan menciptakan kontras yang tinggi dan gambar yang sangat realistik. Setiap detail terkecil sekalipun akan ditampilkan dengan lebih jelas dan lebih tajam.

Lalu, algoritma AI dari Real Depth Enhancer Pro akan menemukan di bagian mana kalian lebih fokus dan meningkatkan kedalamannya, sebagaimana mata manusia. Kalian akan merasakan efek 3D yang membuat larut dalam tayangan yang sedang dinikmati bersama keluarga.

Sementara itu, fitur baru Auto HDR Remastering yang menggunakan teknologi AI berbasis deep learning, akan menganalisis konten SDR dan HDR, lalu meningkatkan kontras, warna, dan kecerahan pada konten SDR ke level HDR untuk menghasilkan video yang tajam dan kaya warna.

Menariknya lagi, warna-warna pada TV Samsung Neo QLED 8K sendiri sudah divalidasi oleh Pantone. Dengan begitu, kalian akan menikmati tayangan yang sedang ditonton bersama keluarga dengan warna-warna yang tak hanya lebih akurat, tetapi juga lebih realistik.

#3 Nikmati dalam Kenyamanan Maksimal

Kini kalian bebas menikmati binge watching film atau konten-konten yang sudah ditingkatkan dari ruang keluarga yang nyaman. Tetapi, menonton dalam jangka waktu yang lama dapat membuat mata
lelah. Menjawab persoalan ini, Neo QLED 8K sudah dilengkapi fitur EyeComfort dan Anti-Reflection.

Eye-Comfort Mode akan menyesuaikan kecerahan layar berdasarkan pencahayaan di lingkungan TV berada. Fitur ini bekerja dengan memanfaatkan data cuaca, waktu matahari terbit dan terbenam. Dengan mengaktifkan fitur ini, kalian dapat menonton tayangan dengan tingkat kecerahan yang sesuai.

Selain itu, mata juga makin terjaga dengan fitur Anti Reflection. Ini akan mengurangi pantulan cahaya dari berbagai sudut manapun di ruangan. Jadi dari mana pun kita menonton, tampilan di layar akan tetap terlihat jelas dan mata akan tetap terasa nyaman.

#5 ‘Tenggelamkan’ Diri dalam Audio Menakjubkan

Neo QLED 8K sudah diperkuat speaker multi-direction berteknologi Dolby Atmos dan fitur Object Tracking Sound Pro (OTS Pro) untuk menciptakan 3D surround sound yang dinamis. Suara yang dikeluarkan seakan bergerak mengikuti adegan demi adegan.

Agar semakin imersif, Neo QLED 8K juga sudah dibekali fitur Q-Symphony 3.0 yang akan mengharmonsasikan suara yang dikeluarkan speaker TV dengan Samsung Soundbar HW-Q990C. Kombinasi ini akan membuat suara film yang sedang ditonton terasa powerful.

#5 Berbagi Konten dengan Keluarga

Bernostalgia dengan film-film lama atau konten pribadi tak mesti membuat anggota keluarga lainnya kehilangan kesempatan menikmati konten favorit mereka sendiri. Menariknya, Samsung juga membekali TV Neo QLED 8K ini dengan Multi View.

Ya! Samsung memang menawarkan TV Neo QLED 8K ini dengan layarnya yang luas. Karena itu, Samsung juga membekali TV tersebut dengan fitur Multi View, yang akan men-split layar menjadi empat splitscreen untuk menampilkan empat konten yang berbeda secara bersamaan.

Sambil kalian menikmati tayangan blockbuster kesayangan, anak-anak misalnya juga bisa menikmati gaming di layar lainnya. Ya! Kehadiran fitur Multi View ini betul-betul memberikan kebebasan kepada setiap orang untuk menikmati hiburan dalam versi mereka sendiri.

Jika kalian tertarik dengan Neo QLED 8K, TV yang didesain oleh Samsung dengan bezel super tipis dan body yang ramping ini tersedia dalam tiga model, yakni QN900C (85 inci), QN800C (75 inci), dan QN700C (65 inci dan 55 inci). Harganya mulai dari Rp27.999.000 sampai dengan Rp129.999.000.

Comments

Harga HP Terbaru

Berita3 weeks ago
Mengusung Banyak Fitur Keren, Berikut Spesifikasi Reno 12 Pro 5G

Oppo kembali menghadirkan smartphone dengan spek tinggi. Salah satunya adalah Oppo Reno 12 Pro 5G dengan performa yang bisa diandalkan....

Harga HP8 months ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy M34 5G

Gebrakan terbaru yang ditunjukkan oleh Samsung di pasar smartphone Indonesia adalah meluncurkan Galaxy M34 5G. Smartphone ini dipasarkan dengan harga...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi POCO F5

Datang sebagai smartphone flagship, POCO F5 hadir ditujukan untuk para gamer, penggiat fotografi, dan tech lovers.

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi vivo Y36

vivo kembali membuat kejutan di pasar smartphone Indonesia dengan meluncurkan vivo Y36. Smartphone yang membawa segudang daya tarik ini dibanderol...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy A54 5G

Galaxy A54 5G sudah hadir resmi di Indonesia. Bagi kalian yang tertarik meminang smartphone ini, Galaxy A54 5G datang dengan...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi Redmi Note 12 Pro 5G

Xiaomi kembali menggebrak pasar Indonesia pada akhir bulan Maret lalu dengan meluncurkan Redmi Note 12 Pro 5G. Smartphone kelas menengah...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi OPPO Reno8 T 5G

Pada bulan Maret 2023 lalu OPPO telah secara resmi meluncurkan OPPO Reno8 T 5G di pasar Indonesia. Smartphone mid-range ini...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi realme C55 NFC

realme secara resmi telah memasarkan realme C55 NFC di Indonesia sejak awal Maret 2023. Smartphone entry-level ini membawa banyak fitur...

Aplikasi DroidLime

Get it on Google Play

Populer