Connect with us
FX507Z
Berita

Transsion Mengalami Pertumbuhan yang Kuat di Q2 2023

Transsion telah membuat “comeback” yang luar biasa pada kuartal kedua tahun ini, dan melaporkan pertumbuhan pendapatan dan laba yang kuat.

Updated

Transsion, yang berbasis di Shenzhen dikenal sebagai payung besar untuk tiga merek smartphone, yakni TECNO, itel, dan Infinix. Menariknya, Transsion telah membuat “comeback” yang luar biasa pada kuartal kedua tahun ini, dan melaporkan pertumbuhan pendapatan dan laba yang kuat setelah lima kuartal berturut-turut mengalami penurunan.

Meskipun menghadapi tantangan di pasar smartphone global, fokus strategis Transsion di Afrika dan ekspansi ke Asia Selatan serta Tenggara telah membuahkan hasil. Laporan terbaru, pendapatan Transsion pada Q2 2023 melonjak 30,7 persen YoY, mencapai 15,8 miliar yuan (US$ 2,2 miliar).

Keuntungan yang luar biasa, dua kali lipat dari kuartal sebelumnya menjadi 1,6 miliar yuan, peningkatan 83 persen yang mencengangkan dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Bahkan momentum pertumbuhan tidak terbatas hanya pada kuartal kedua.

Selama paruh pertama tahun ini, Transsion telah melaporkan adanya peningkatan yang sehat sebesar 8 persen dalam total pendapatan, yakni sebesar 25 miliar yuan, sementara laba mengalami kenaikan sebesar 27 persen, yakni mencapai 2,1 miliar yuan.

Transsion mengaitkan pertumbuhan pendapatannya yang mengesankan dengan dua faktor utama, yakni perluasan pasar dan peningkatan produk yang berkelanjutan. Transsion pun telah berinvestasi dalam R&D untuk terus meningkatkan penawaran produknya.

Selain itu, peningkatan manfaat adopsi smartphone di pasar Afrika juga membawa dampak yang cukup signifikan bagi Transsion. Pasalnya, semakin banyak orang di wilayah ini yang beralih dari fitur phone ke smartphone, dan profitabilitas Transsion pun meningkat secara signifikan.

Pasar Afrika tetap penting untuk Transsion karena populasi benua ini didominasi oleh kaum muda dan urbanisasi yang cepat. Kecenderungan melewatkan tahap komputer pribadi dan merangkul internet seluler secara langsung merupakan anugerah bagi Transsion, yang bukan merupakan raksasa Barat.

Afrika saat ini merupakan 40 persen pangsa pasar Transsion, porsi yang cukup besar meskipun turun dari puncaknya sebesar 57 persen. Untuk memastikan pertumbuhan yang berkelanjutan, Transsion pun telah mendiversifikasi portofolio produknya di luar ponsel pintar sejak 2019.

Sekarang ini Transsion juga menawarkan gadget elektronik, peralatan rumah tangga, dan bahkan menjalankan bisnis perbaikan (reparasi) yang diberi nama Carlcare, bersamaan dengan pengembangan beberapa sistem operasi. Namun, smartphone terus menghasilkan 90 persen dari total pendapatannya.

Sementara Afrika tetap menjadi pasar yang menjanjikan, Transsion juga berhati-hati untuk memperluas ke wilayah di mana ponsel pintar telah tersedia di mana-mana. Karena lebih dari 80 persen fitur phone yang dikembangkan oleh Transsion sudah menjadi smartphone.

Karena itu, Transsion perlu menjajaki jalan baru untuk mempertahankan profitabilitasnya. Salah satu strategi melibatkan pembuatan produk kelas menengah dan kelas atas, baik dalam kategori gadget rumah tangga, seperti smartphone maupun IoT (Internet of Things).

Terlepas dari tantangan di pasar smartphone global yang lebih luas, kinerja Transsion yang kuat di Afrika dan ekspansi ke Asia Selatan dan Tenggara telah menghidupkan kembali prospek pertumbuhannya yang terus begitu kuat.

Fokus Transsion pada produk-produk inovatif dan posisi pasar yang strategis diharapkan dapat mempertahankan pertumbuhan laba di masa mendatang. Saat dunia menyaksikan kemajuan teknologi yang berkelanjutan, Transsion berkomitmen untuk tetap berada di garis depan industri yang digeluti.

Comments

Harga HP Terbaru

Harga HP6 months ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy M34 5G

Gebrakan terbaru yang ditunjukkan oleh Samsung di pasar smartphone Indonesia adalah meluncurkan Galaxy M34 5G. Smartphone ini dipasarkan dengan harga...

Harga HP10 months ago
Harga dan Spesifikasi POCO F5

Datang sebagai smartphone flagship, POCO F5 hadir ditujukan untuk para gamer, penggiat fotografi, dan tech lovers.

Harga HP12 months ago
Harga dan Spesifikasi vivo Y36

vivo kembali membuat kejutan di pasar smartphone Indonesia dengan meluncurkan vivo Y36. Smartphone yang membawa segudang daya tarik ini dibanderol...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy A54 5G

Galaxy A54 5G sudah hadir resmi di Indonesia. Bagi kalian yang tertarik meminang smartphone ini, Galaxy A54 5G datang dengan...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi Redmi Note 12 Pro 5G

Xiaomi kembali menggebrak pasar Indonesia pada akhir bulan Maret lalu dengan meluncurkan Redmi Note 12 Pro 5G. Smartphone kelas menengah...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi OPPO Reno8 T 5G

Pada bulan Maret 2023 lalu OPPO telah secara resmi meluncurkan OPPO Reno8 T 5G di pasar Indonesia. Smartphone mid-range ini...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi realme C55 NFC

realme secara resmi telah memasarkan realme C55 NFC di Indonesia sejak awal Maret 2023. Smartphone entry-level ini membawa banyak fitur...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi POCO X5 5G

Bulan Februari lalu POCO secara resmi telah meluncurkan POCO X5 5G di pasar Indonesia. Smartphone kelas menengah ini datang dengan...

Aplikasi DroidLime

Get it on Google Play

Populer