Connect with us
UM3406
Berita

Tercatat ada Tujuh Model iPhone Paling Laris di Tahun 2021

Tak main-main, tercatat ada tujuh model iPhone di antara 10 besar smartphone terlaris di tahun 2021. Paling puncak ditempati oleh iPhone 12.

Updated

Pasar smartphone global kembali direbut oleh Apple. Hal ini dibuktikan dengan dominasi beberapa model iPhone yang begitu laris terjual di pasar global. Tak main-main, tercatat ada tujuh model iPhone di antara 10 besar smartphone terlaris di tahun 2021. Paling puncak ditempati oleh iPhone 12.

Menurut laporan terbaru Counterpoint Research, iPhone 12 yang diluncurkan oleh Apple pada tahun 2020 adalah smartphone terlaris tahun 2021. Orang-orang lebih menyukai produk kelas atas non-Pro. Diakui, smartphone ini dibanderol dengan harga terjangkau dan punya ukuran layar normal dibandingkan dengan model unggulan lainnya.

Counterpoint mencatat bahwa iPhone 12 punya total penjualan di dunia sebesar 2,9%. Di tempat kedua adalah iPhone 12 Pro Max yang menyumbang 2,2% dari penjualan smartphone global pada tahun 2021. Di posisi ketiga adalah vanilla iPhone 13 dengan pangsa 2,1% dalam penjualan global.

Di susul di posisi keempat adalah iPhone 12 Pro dengan total penjualan di pasar global sebesar 2,1%. Menutup posisi lima besar, adalah iPhone 11 dengan total penjualan di dunia sebesar 2,0%. Hal ini juga mengisyaratkan bahwa konsumen masih mencari iPhone 11, meski sekarang sudah berusia dua generasi.

Menurut perkiraan penjualan smartphone Apple baru-baru ini sebesar 1,39 miliar. Raksasa teknologi yang berbasis di Cupertino, Amerika Serikat itu diperkirakan telah menjual sekitar 40 juta unit model iPhone 12, dan 30 juta iPhone 12 Pro Max. Model lainnya, seperti iPhone 13, 12 Pro, dan 11 mungkin berada dikisaran 27 hingga 29 juta unit.

Mirip dengan laporan tahun lalu, daftar yang dirilis oleh Counterpoint tidak menampilkan perangkat kelas atas buatan Samsung. Ya! Kita bisa melihat bahwa hanya ada Galaxy A12. Seperti yang sudah kita tahu bersama, itu smartphone ramah anggaran yang dirilis oleh Samsung, dan tercatat ada di posisi keenam dengan total 2,0%.

Pabrikan smartphone lainnya yang juga tercatat adalah Xiaomi. Pabrikan smartphone asal Cina ini memang memanfaatkan model kelas bawah hingga menengah, sehingga sukses besar di beberapa negara, termasuk di Cina, India dan Asia Pasifik.

Tercatat, Redmi 9A dan Redmi 9 tampil di posisi ketujuh dan kesepuluh, masing-masing tercatat memiliki total penjualan sebesar 1,9% dan 1,1%. iPhone SE (2020) juga tetap menjadi pilihan populer bagi penggemar gadget, menikmati pangsa 1,6% dari total penjualan smartphone pada tahun 2021.

Dan Apple baru saja meluncurkan iPhone SE (2022). Tentu saja, Apple juga akan berharap bahwa iPhone SE (2022) yang kini punya RAM 4 GB dan dipasok chipset Apple A15 Bionic (5 nm) bisa berbicara banyak di tahun ini. Dengan begitu, Apple masih bisa tersenyum untuk memenuhi pasar smartphone “ramah anggaran”.

iPhone 13 Pro Max masuk di posisi kesembilan dalam daftar sepuluh besar, mengungguli 13 Pro yang tidak masuk 10 besar. Ini mungkin karena pelanggan lebih menyukai layar model Pro Max yang lebih besar. Jika ini memang benar, maka 10 besar tahun ini mungkin akan terlihat jauh berbeda.

Pasalnya, Apple dikabarkan akan meluncurkan iPhone 14 Max, yang dikatakan memiliki layar yang sama dimensinya dengan iPhone 14 Pro Max tetapi akan dijual sedikit lebih murah ketimbang iPhone 14 Pro. Namun, kita tetap harus menunggu informasi ini dari mulut Apple. Bukan begitu?

Comments

Harga HP Terbaru

Berita4 weeks ago
Mengusung Banyak Fitur Keren, Berikut Spesifikasi Reno 12 Pro 5G

Oppo kembali menghadirkan smartphone dengan spek tinggi. Salah satunya adalah Oppo Reno 12 Pro 5G dengan performa yang bisa diandalkan....

Harga HP8 months ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy M34 5G

Gebrakan terbaru yang ditunjukkan oleh Samsung di pasar smartphone Indonesia adalah meluncurkan Galaxy M34 5G. Smartphone ini dipasarkan dengan harga...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi POCO F5

Datang sebagai smartphone flagship, POCO F5 hadir ditujukan untuk para gamer, penggiat fotografi, dan tech lovers.

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi vivo Y36

vivo kembali membuat kejutan di pasar smartphone Indonesia dengan meluncurkan vivo Y36. Smartphone yang membawa segudang daya tarik ini dibanderol...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy A54 5G

Galaxy A54 5G sudah hadir resmi di Indonesia. Bagi kalian yang tertarik meminang smartphone ini, Galaxy A54 5G datang dengan...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi Redmi Note 12 Pro 5G

Xiaomi kembali menggebrak pasar Indonesia pada akhir bulan Maret lalu dengan meluncurkan Redmi Note 12 Pro 5G. Smartphone kelas menengah...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi OPPO Reno8 T 5G

Pada bulan Maret 2023 lalu OPPO telah secara resmi meluncurkan OPPO Reno8 T 5G di pasar Indonesia. Smartphone mid-range ini...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi realme C55 NFC

realme secara resmi telah memasarkan realme C55 NFC di Indonesia sejak awal Maret 2023. Smartphone entry-level ini membawa banyak fitur...

Aplikasi DroidLime

Get it on Google Play

Populer