Connect with us
UM3406
Berita

Telkomsel Secara Bertahap Upgrade Seluruh Layanan 3G ke 4G di 2022

Telkomsel mulai tahun 2022 ini akan secara bertahap melakukan peningkatan/pengalihan (upgrade) layanan jaringan 3G ke 4G/LTE di seluruh wilayah Indonesia.

Updated

Telkomsel mulai tahun 2022 ini akan secara bertahap melakukan peningkatan/pengalihan (upgrade) layanan jaringan 3G ke 4G/LTE di seluruh wilayah Indonesia. Ya! Melalui rilis yang diterima oleh Droidlime hal ini sejalan dengan arahan pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) RI.

Memang disebut-sebut Kemkominfo mulai mendorong para operator telekomunikasi di Tanah Air untuk mengkaji penghapusan layanan 3G dengan tetap mempertimbangkan kesiapan layanan 4G/LTE yang merata serta memperhatikan kepentingan masyarakat secara umum.

Seperti disebutkan oleh Hendri Mulya Syam, Direktur Utama Telkomsel bahwa tahun ini Telkomsel akan melakukan percepatan upgrade layanan jaringan 3G ke 4G/LTE sebagai kelanjutan komitmennya untuk terus membuka peluang lebih luas bagi seluruh lapisan masyarakat dalam menikmati akses jaringan berteknologi terdepan yang merata.

“Kami harap, langkah upgrade jaringan dari 3G ke 4G/LTE mampu mengoptimalkan lebih banyak potensi di berbagai wilayah melalui transformasi digital lintas sektor yang lebih terakselerasi, sehingga dapat memperkuat ekonomi digital nasional ke depan,” ucap Hendri.

Telkomsel juga memastikan bahwa proses upgrade ini telah melalui tahap pengkajian, perencanaan serta persiapan yang matang. Hal tersebut mencakup kesiapan infrastruktur dan teknologi, jaminan kenyamanan pelanggan, hingga kesesuaian dengan perundangan di sektor telekomunikasi dan perlindungan konsumen, yang berlaku di Indonesia.

Untuk itu, Telkomsel secara berkala telah berkomunikasi dan berkoordinasi dengan seluruh pemangku kepentingan terkait, mulai dari Kemkominfo RI, hingga lembaga/institusi konsumen seperti Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) hingga Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI).

Sementara, Nugroho selaku Direktur Network Telkomsel menyebutkan bahwa Telkomsel telah mempersiapkan seluruh action plan mulai dari persiapan teknis, sosialisasi kepada pelanggan, hingga tahapan mitigasi dengan optimal, guna memastikan proses upgrade layanan 3G ke 4G/LTE dapat berjalan baik.

“Dalam pelaksanaannya, standar QoS (quality of service) juga terus akan diupayakan terjaga guna memenuhi standar aturan yang berlaku agar kenyamanan pelanggan tetap terjaga. Berbagai persiapan tersebut kami lakukan sebagai bentuk komitmen Telkomsel,” jelas Nugroho.

Nugroho lebih lanjut menjelaskan, dengan menggunakan layanan 4G/LTE, untuk pelanggan ritel (B2C) dapat menikmati pengalaman aktivitas digital yang lebih baik dibandingkan layanan 3G, seperti streaming video dan music digital, video conference, bermain game online, hingga layanan VoLTE.

Seiring dengan dilakukannya upgrade layanan tersebut, Telkomsel mengajak para pelanggan yang saat ini masih menggunakan layanan 3G untuk segera beralih ke layanan 4G/LTE. Untuk itu, Telkomsel siap membantu kemudahan pelanggan untuk percepatan migrasi layanan.

“Kami juga berharap dukungan seluruh pihak dan pemangku kepentingan terkait dalam membantu proses upgrade layanan 3G ke 4G/LTE ini. Kolaborasi dengan pemerintah, para mitra pendukung seperti mitra infrastruktur, mitra teknologi hingga mitra penyedia device juga akan semakin membantu percepatan upgrade ini,” pungkas Hendri.

Comments

Harga HP Terbaru

Berita4 weeks ago
Mengusung Banyak Fitur Keren, Berikut Spesifikasi Reno 12 Pro 5G

Oppo kembali menghadirkan smartphone dengan spek tinggi. Salah satunya adalah Oppo Reno 12 Pro 5G dengan performa yang bisa diandalkan....

Harga HP8 months ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy M34 5G

Gebrakan terbaru yang ditunjukkan oleh Samsung di pasar smartphone Indonesia adalah meluncurkan Galaxy M34 5G. Smartphone ini dipasarkan dengan harga...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi POCO F5

Datang sebagai smartphone flagship, POCO F5 hadir ditujukan untuk para gamer, penggiat fotografi, dan tech lovers.

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi vivo Y36

vivo kembali membuat kejutan di pasar smartphone Indonesia dengan meluncurkan vivo Y36. Smartphone yang membawa segudang daya tarik ini dibanderol...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy A54 5G

Galaxy A54 5G sudah hadir resmi di Indonesia. Bagi kalian yang tertarik meminang smartphone ini, Galaxy A54 5G datang dengan...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi Redmi Note 12 Pro 5G

Xiaomi kembali menggebrak pasar Indonesia pada akhir bulan Maret lalu dengan meluncurkan Redmi Note 12 Pro 5G. Smartphone kelas menengah...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi OPPO Reno8 T 5G

Pada bulan Maret 2023 lalu OPPO telah secara resmi meluncurkan OPPO Reno8 T 5G di pasar Indonesia. Smartphone mid-range ini...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi realme C55 NFC

realme secara resmi telah memasarkan realme C55 NFC di Indonesia sejak awal Maret 2023. Smartphone entry-level ini membawa banyak fitur...

Aplikasi DroidLime

Get it on Google Play

Populer