Connect with us
FX507Z
Berita

Teknologi Pendingin Ini Bikin OPPO Find X5 Pro 5G Jadi Anti Overheat

Dengan teknologi pendinginan Vapor Chamber berkualitas setara PC yang dimiliki oleh OPPO Find X5 Pro 5G masalah panas atau overheat tentunya tidak akan dirasakan.

Updated

Bermain game, membaca berita, menonton video hingga upload konten sosial media kerap membuat smartphone terasa panas saat digunakan. Saat kondisi tersebut terjadi, tidak jarang kinerja smartphone pun menjadi tidak lagi maksimal, terkadang suka nge-lag.

Dengan teknologi pendinginan Vapor Chamber berkualitas setara PC yang dimiliki oleh OPPO Find X5 Pro 5G masalah tersebut tentunya tidak akan dirasakan. Pengguna dapat melakukan beragam aktivitas dengan nyaman tanpa perlu khawatir smartphone mengalami overheat.

“Tujuan utama sistem pendingin adalah melindungi smartphone dari panas berlebih tanpa harus menjadi perhatian utama. Kami meyakini inilah saat yang tepat untuk membanggakan kinerja sistem pendingin dalam OPPO Find X5 Pro 5G,” ujar Patrick Owen, Chief Creative Officer OPPO Indonesia.

Ditambahkan oleh Patrick bahwa OPPO Find X5 Pro 5G tentu tidak mungkin dipasangkan kipas pendingin seperti personal computer pada umumnya. Oleh karena itu, OPPO mengembangkan full passive cooling solution untuk meredam panas tanpa menghasilkan kebisingan.

Lebih lanjut, Patrick menjelaskan bahwa bagian pendingin yang ada pada OPPO Find X5 Pro 5G ini harus ditempatkan berdekatan dengan komponen utama dan disematkan dalam sebuat slot yang dirancang secara khusus dengan ketebalan kurang dari 9mm

“Pemasangan sistem pendingin dalam OPPO Find X5 Pro 5G tak hanya sekadar bongkar pasang untuk menyematkan benda kecil ke dalam sebuah handset. Saat pemasangan sistem pendingin, setiap prosesnya didasari oleh persepsi suhu tubuh manusia,” tambah Patrick.

OPPO Find X5 Pro 5G memiliki vapor chamber atau ruang uap di dalamnya. Ini merupakan bagian utama dari sistem pendingin ponsel. Dari luar, bagian ini mungkin terlihat seperti lembaran logam tipis tetapi memiliki rancangan yang begitu kompleks.

Vapor chamber merupakan bagian yang berbentuk lubang ultra-tipis yang terbuat dari tembaga dan memiliki cairan kimia khusus. Saat panas dari komponen di bawahnya bergerak melalui bagian bawah ruang, cairan kimia ini menguap dan menyebar ke seluruh ruang.

Selanjutnya,  itu akan mengembun di dinding luar dan menyebarkan panas ke permukaan yang jauh lebih besar sehingga dapat menghilangkan panas sepenuhnya. Semakin besar vapor chamber-nya, proses pengurangan panas akan semakin baik dan efektif.

OPPO juga telah meningkatkan ukuran vapor chamber ini 75% lebih besar dibandingkan dengan smartphone generasi sebelumnya. Selain itu, sistem pendingin dari OPPO Find X5 Pro 5G ini mampu menurunkan tingkat panas sehingga tidak mengganggu pengguna saat bermain game.

Namun, vapor chamber ini hanyalah satu bagian dari keseluruhan sistem pendingin yang disematkan dalam ponsel ini. Pada OPPO Find X5 Pro 5G ini juga diterapkan advanced materials engineering untuk benar-benar menghilangkan panas dari semua komponen utama.

“Pengguna smartphone sebenarnya tidak perlu memahami bagaimana cara kerja sistem pendingin saat meredamkan panas dari perangkat. Namun, kami merasa pengguna perlu memahami hal ini karena sistem pendingin dalam sebuah smartphone memiliki tugas yang sangat penting,” pungkas Patrick.

Comments

Harga HP Terbaru

Harga HP7 months ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy M34 5G

Gebrakan terbaru yang ditunjukkan oleh Samsung di pasar smartphone Indonesia adalah meluncurkan Galaxy M34 5G. Smartphone ini dipasarkan dengan harga...

Harga HP12 months ago
Harga dan Spesifikasi POCO F5

Datang sebagai smartphone flagship, POCO F5 hadir ditujukan untuk para gamer, penggiat fotografi, dan tech lovers.

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi vivo Y36

vivo kembali membuat kejutan di pasar smartphone Indonesia dengan meluncurkan vivo Y36. Smartphone yang membawa segudang daya tarik ini dibanderol...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy A54 5G

Galaxy A54 5G sudah hadir resmi di Indonesia. Bagi kalian yang tertarik meminang smartphone ini, Galaxy A54 5G datang dengan...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi Redmi Note 12 Pro 5G

Xiaomi kembali menggebrak pasar Indonesia pada akhir bulan Maret lalu dengan meluncurkan Redmi Note 12 Pro 5G. Smartphone kelas menengah...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi OPPO Reno8 T 5G

Pada bulan Maret 2023 lalu OPPO telah secara resmi meluncurkan OPPO Reno8 T 5G di pasar Indonesia. Smartphone mid-range ini...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi realme C55 NFC

realme secara resmi telah memasarkan realme C55 NFC di Indonesia sejak awal Maret 2023. Smartphone entry-level ini membawa banyak fitur...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi POCO X5 5G

Bulan Februari lalu POCO secara resmi telah meluncurkan POCO X5 5G di pasar Indonesia. Smartphone kelas menengah ini datang dengan...

Aplikasi DroidLime

Get it on Google Play

Populer