Connect with us
UM3406
Berita

Sony Xperia 1 V dengan Sensor Kamera Exmor T Terbaru Dijual Rp22,5 Juta

Datang sebagai smartphone terbaru, Sony menjanjikan bahwa Xperia 1 V punya peningkatan secara signifikan pada sektor fotografi, terutama dalam kondisi low-light.

Updated

Tak hanya Google yang mengumumkan kehadiran smartphone barunya, Sony juga secara resmi telah meluncurkan smartphone flagship terbarunya. Ya! Raksasa elektronik asal Jepang tersebut akhirnya mengumumkan kehadiran Sony Xperia 1 V di pasar global.

Datang dengan sensor Exmor T yang unik, Xperia 1 V menjanjikan peningkatan secara signifikan pada sektor fotografi, terutama dalam kondisi low-light. Bersama dengan itu, smartphone ini juga menawarkan spesifikasi tingkat atas, termasuk layar OLED 4K dan chipset Snapdragon yang canggih.

Untuk menentukan apakah smartphone ini sepadan dengan harganya yang dibanderol €1.399 (Rp22,5 juta), mari kita selidiki fitur-fiturnya secara mendetail, mulai dari desain, kamera, hingga jeroan di dalamnya. Karena itu, baca artikel ini hingga selesai!

Desain Mengotak dengan Tepi Datar

Dari sisi desain memang tidak banyak yang berubah pada tampilan fisik Xperia 1 V dibandingkan dengan pendahulunya. Namun, kali ini, smartphone tersebut jauh lebih kokoh dan mudah ditangani. Ya! Xperia 1 V punya bingkai kotak dengan tepi datar dan pulau kamera vertikal berbentuk pil.

Bagian belakang dan depan keduanya dilapisi dengan Gorilla Glass Victus 2, yang membawa ketangguhan Xperia 1 V ke tingkat berikutnya. Bersamaan dengan itu, bingkai belakang dan samping menampilkan tekstur grippy yang selalu diapresiasi pada perangkat mahal.

Smartphone ini hadir dengan layar OLED 4K 6,5 inci dan memiliki refresh rate 120Hz serta aspek rasio 21:9. Layar memiliki bezel sedang di bagian atas dan bawah, dan kamera depan terletak di bezel atas. Perangkat ini juga dilengkapi dengan peringkat tahan air dan debu IP68.

Ada juga dukungan port jack audio 3.5mm dan slot kartu microSD. Perangkat ini memiliki serangkaian speaker menghadap ke depan yang telah disempurnakan dan dilengkapi dengan amplifier baru untuk menghasilkan suara yang lebih dinamis serta lebih kaya.

Kinerja & Perangkat Lunak

Xperia 1 V menawarkan perangkat keras yang mengesankan, termasuk chipset Snapdragon 8 Gen 2, RAM 12 GB, dan penyimpanan internal 256 GB. Apa yang membedakannya? Sony rupanya juga membekali smartphone ini dengan slot untuk kartu microSD untuk memperluas penyimpanan data.

Tak perlu khawatir dengan rasa panas yang ditimbulkan. Sony telah meramu Xperia 1 V dengan volume lembar difusi panas 60% lebih besar dari pendahulunya. Nah! Untuk sektor catu daya, ada pasokan baterai 5000 yang sudah mendukung pengisian cepat 30W via kabel.

Sony menjanjikan bahwa pengisian hingga 50% hanya butuh waktu 30 menit. Tak kalah menarik, smartphone ini juga dilengkapi wireless charging dan reverse wireless charging . Menurut Sony, baterai akan mempertahankan minimal 80% dari kapasitasnya setelah digunakan selama tiga tahun.

Sony Xperia 1 V berjalan dengan sistem operasi Android 13 dan memiliki bloatware minimal. Sebagai gantinya, Sony telah memasukkan aplikasi pro-grade creator-centric seperti Photography Pro, Videography Pro, Cinema Pro, dan Music Pro.

Sony juga telah memperkenalkan perubahan yang nyaman pada aplikasi Photo Pro dan Video Pro, yang memungkinkan antarmuka pengguna mereka ditampilkan secara vertikal. Modifikasi ini akan meningkatkan pengalaman pengguna dalam mengambil gambar dan video dalam mode portrait.

Kamera Utama 52 MP f/1.9

Seperti biasa, nilai jual utama unggulan Xperia adalah sistem kamera yang disematkan. Kali ini cukup istimewa, karena Sony membekali Xperia 1 V dengan kamera utama 52 MP f/1.9 serta sensor 1/1.35”. Sony menyebutnya sensor bertumpuk Exmor T dan 70% lebih besar dari pendahulunya.

Namun, foto diambil dalam resolusi 48 MP karena rasio aspek 4,3:3, yang kemudian di-binned menjadi gambar 12 MP. Selain itu, Sony telah memisahkan fotodioda dan transistor, menempatkannya pada lapisan berbeda yang ditumpuk satu sama lain.

Hal ini memungkinkan Sony untuk secara mandiri menyesuaikan ukuran setiap komponen, menghasilkan peningkatan yang signifikan dalam jumlah cahaya yang ditangkap dan mampu mereduksi noise yang dihasilkan. Menurut Sony, sensor kamera baru ini dapat bekerja dua kali lebih baik dalam cahaya redup dibandingkan pendahulunya.

Selain kamera utama, Xperia 1 V juga mempertahankan kamera telefoto 12 MP 85-125mm f/2.3-f/2.8, yang sama dengan continuous zoom seperti pendahulunya. Bersamaan dengan itu, ada juga sensor 12 MP yang mendukung kamera ultra-wide 16mm, yang memiliki fitur autofokus.

Sensor Time-of-Flight (TOF) telah dihapus dan sebagai gantinya Sony memuat algoritma AI untuk tujuan pemfokusan. Algoritma AI ini juga dikatakan meningkatkan kinerja dalam beberapa mode yang ada seperti Night Portrait, Daylight Portrait, dan Night View.

Sony telah memperkenalkan S-Cinetone untuk mode seluler, yang memungkinkan pengguna merekam video menggunakan mode sinematik pra-setel yang menghasilkan warna profesional dan autentik tanpa memerlukan penilaian warna setelah perekaman.

Sedangkan untuk topik video, smartphone ini mampu merekam video hingga 4K dalam 120 frame per detik. Fitur kamera Alpha Sony juga telah disertakan pada Xperia 1 V seperti AF real-time performa tinggi, Eye-AF real-time, pemotretan burst, dan sebagainya. Sementara, kamera depannya adalah 12 MP dengan sensor 1/2,9”.

Harga & Ketersediaan

Smartphone flagship terbaru Sony, Xperia 1 V, akan dirilis dalam pilihan warna Black, Platinum Silver, dan Khaki Green pada akhir Juni. Rincian ketersediaan pasar tertentu belum diumumkan. Di benua Eropa, smartphone dibanderol seharga €1.399 atau setara Rp22,5 juta.

Comments

Harga HP Terbaru

Berita3 weeks ago
Mengusung Banyak Fitur Keren, Berikut Spesifikasi Reno 12 Pro 5G

Oppo kembali menghadirkan smartphone dengan spek tinggi. Salah satunya adalah Oppo Reno 12 Pro 5G dengan performa yang bisa diandalkan....

Harga HP8 months ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy M34 5G

Gebrakan terbaru yang ditunjukkan oleh Samsung di pasar smartphone Indonesia adalah meluncurkan Galaxy M34 5G. Smartphone ini dipasarkan dengan harga...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi POCO F5

Datang sebagai smartphone flagship, POCO F5 hadir ditujukan untuk para gamer, penggiat fotografi, dan tech lovers.

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi vivo Y36

vivo kembali membuat kejutan di pasar smartphone Indonesia dengan meluncurkan vivo Y36. Smartphone yang membawa segudang daya tarik ini dibanderol...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy A54 5G

Galaxy A54 5G sudah hadir resmi di Indonesia. Bagi kalian yang tertarik meminang smartphone ini, Galaxy A54 5G datang dengan...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi Redmi Note 12 Pro 5G

Xiaomi kembali menggebrak pasar Indonesia pada akhir bulan Maret lalu dengan meluncurkan Redmi Note 12 Pro 5G. Smartphone kelas menengah...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi OPPO Reno8 T 5G

Pada bulan Maret 2023 lalu OPPO telah secara resmi meluncurkan OPPO Reno8 T 5G di pasar Indonesia. Smartphone mid-range ini...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi realme C55 NFC

realme secara resmi telah memasarkan realme C55 NFC di Indonesia sejak awal Maret 2023. Smartphone entry-level ini membawa banyak fitur...

Aplikasi DroidLime

Get it on Google Play

Populer