Connect with us
FX507Z
Berita

Smartfren Berhasil Antisipasi Traffic Ramadan dan Idul Fitri 1444H

Selama Ramadan, Idul Fitri 1444H serta momen mudik dan arus balik, terlihat bahwa akses layanan data Smartfren semakin meningkat secara year-on-year.

Updated

Smarfren telah berhasil mengantisipasi lonjakan trafik selama Ramadan dan Idul Fitri 1444H, serta momen mudik dan arus balik. Selama momen hari besar tersebut, terlihat bahwa akses layanan data semakin meningkat secara year-on-year.

Pada momen yang sama di tahun 2022 lalu, peningkatan akses layanan data Smartfren mencapai 10% lebih tinggi dari hari-hari biasa. Sedangkan pada tahun 2023 ini, peningkatan akses tersebut mencapai 14% lebih tinggi dari hari-hari biasa.

Adapun secara year-on-year, peningkatan trafik tersebut sebesar 27% dibandingkan Lebaran tahun lalu. Kenaikan trafik paling tinggi terjadi di Jawa tengah sebesar 23% diikuti Jawa Timur dan Jawa Barat, yakni masing-masing sebesar 13% dan 10%.

Smartfren juga mencatat bahwa peningkatan trafik ini sejalan dengan kebutuhan digital masyarakat yang antara lain mencakup kebutuhan layanan transportasi online, e-commerce, sistem pembayaran, sampai komunikasi real-time menggunakan aplikasi.

“Momen Ramadan, Idul Fitri dan mudik tahun ini, Smartfren melihat peningkatakan akses internet yang lebih tinggi. Pemicunya selain sudah tidak adanya aturan PPKM, juga karena perubahan perilaku dan pola penggunaan internet di masyarakat,” ujar Agus Rohmat, VP Network Operations Smartfren.

Lebih lanjut, Agus juga mengatakan bahwa saat ini semakin banyak kebutuhan dan kegiatan sehari-hari yang mengandalkan koneksi internet. Karena itu, Smartfren terus melakukan peningkatan kapasitas dan optimisasi jaringan sehingga pelanggan dapat menikmati kualitas yang diinginkan.

Selama momen Ramadan, Idul Fitri dan mudik, Smartfren juga mencatat adanya peningkatan akses yang cukup signifikan pada sejumlah aplikasi digital dibandingkan pada hari biasa. Adapun aplikasi yang dimaksud antara lain TikTok, yakni sebesar 28% dan YouTube sebesar 9%.

Terlihat juga penggunaan aplikasi pesan instan WhatsApp yang meningkat hingga hingga 6%, sedangkan untuk media sosial seperti Facebook dan Instagram, kemudian game e-sports seperti Mobile Legends, Free Fire dan sejenisnya terjadi juga kenaikan trafik di kisaran 2% hingga 5%.

Smartfren juga telah menerapkan teknologi-teknologi terbaru yang menigkatkan pengalaman pengguna. Salah satunya adalah implementasi content delivery network di sejumlah titik, sehingga dapat mengoptimalkan pengalaman akses internet pelanggan dan memperkecil latensi,” tambah Agus.

Smartfren pun telah melakukan sejumlah inisiatif lain guna meningkatkan kualitas layanan telekomunikasi yang dikembangkannya. Salah satunya adalah dengan memacu proses fiberisasi atau pemasangan serat optik untuk menyambut era 5G.

Fiberisasi ini merupakan teknologi yang harus diimplementasikan guna meningkatkan kapasitas layanan telekomunikasi, terutama di wilayah-wilayah yang trafik datanya tinggi. Kemudian Smartfren terus meningkatkan coverage, antara lain dengan penambahan 4.000 BTS di seluruh wilayah operasionalnya.

Comments

Harga HP Terbaru

Harga HP6 months ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy M34 5G

Gebrakan terbaru yang ditunjukkan oleh Samsung di pasar smartphone Indonesia adalah meluncurkan Galaxy M34 5G. Smartphone ini dipasarkan dengan harga...

Harga HP11 months ago
Harga dan Spesifikasi POCO F5

Datang sebagai smartphone flagship, POCO F5 hadir ditujukan untuk para gamer, penggiat fotografi, dan tech lovers.

Harga HP12 months ago
Harga dan Spesifikasi vivo Y36

vivo kembali membuat kejutan di pasar smartphone Indonesia dengan meluncurkan vivo Y36. Smartphone yang membawa segudang daya tarik ini dibanderol...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy A54 5G

Galaxy A54 5G sudah hadir resmi di Indonesia. Bagi kalian yang tertarik meminang smartphone ini, Galaxy A54 5G datang dengan...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi Redmi Note 12 Pro 5G

Xiaomi kembali menggebrak pasar Indonesia pada akhir bulan Maret lalu dengan meluncurkan Redmi Note 12 Pro 5G. Smartphone kelas menengah...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi OPPO Reno8 T 5G

Pada bulan Maret 2023 lalu OPPO telah secara resmi meluncurkan OPPO Reno8 T 5G di pasar Indonesia. Smartphone mid-range ini...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi realme C55 NFC

realme secara resmi telah memasarkan realme C55 NFC di Indonesia sejak awal Maret 2023. Smartphone entry-level ini membawa banyak fitur...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi POCO X5 5G

Bulan Februari lalu POCO secara resmi telah meluncurkan POCO X5 5G di pasar Indonesia. Smartphone kelas menengah ini datang dengan...

Aplikasi DroidLime

Get it on Google Play

Populer