Connect with us
UX8402
Berita

Si Raja Multitasking, Samsung Galaxy Z Fold5 Bisa Banget Diajak Kerja

Jika kalian sedang mencari smartphone layar lipat yang juga andal untuk produktivitas, Samsung Galaxy Z Fold5 adalah rajanya.

Updated

Mayoritas pengguna smartphone saat ini menggunakan perangkatnya tak hanya untuk berkomunikasi lewat media sosial, tetapi juga menikmati hiburan melalui berbagai layanan streaming video. Tapi jika mencari smartphone yang juga andal untuk produktivitas, Samsung Galaxy Z Fold5 adalah rajanya.

Pionir smartphone layar lipat ini memiliki dua layar. Di bagian luar berukuran 6,2 inci Dynamic AMOLED 2X 120Hz, sudah sangat cukup untuk sekadar chatting dengan orang tersayang. Sedangkan layar dalamnya berukuran 7,6 inci Dynamic AMOLED 2X 120Hz sangat nyaman untuk multitasking.

Dukungan Samsung DeX

Samsung Galaxy Z Fold5 datang membawa teknologi yang bernama Samsung DeX. Fitur ini bisa “menyulap” smartphone seolah berfungsi seperti sebuah komputer alias PC portable. Untuk mengaktifkannya bisa dengan mengakses lewat jendela notifikasi.

Begitu diaktifkan, kalian bisa “melempar” tampilan layar smartphone secara wireless ke layar eksternal yang lebih besar, misalnya ke layar TV melalui satu jaringan WiFi yang sama. Kita pun bisa turut menjadikan layar smartphone sebagai mouse untuk memudahkan navigasi.

Pada mode DeX ini cara pakai smartphone akan jadi jauh berbeda seperti halnya sedang menggunakan komputer atau PC. Mulai dari tampilannya, kalian juga bisa membuka banyak aplikasi sekaligus dalam waktu bersamaan tanpa nge-lag atau lemot berkat chipset Snapdragon 8 Gen 2 for Galaxy.

Dukungan Multiwindow

Nah! Apabila kalian ingin membuka lebih dari satu aplikasi secara langsung di layar Galaxy Z Fold5 alias bukan di layar eksternal, juga bisa dilakukan dengan mudah. Ini karena Galaxy Z Fold5 dirancang oleh Samsung untuk bisa lebih optimal dalam hal multitasking.

Caranya, gunakan layar bagian dalam untuk buka satu aplikasi apa saja yang ingin dibuka. Lalu, kalian dapat melihat pada bagian bawah layar ada deretan icon aplikasi atau disebut Taskbar. Selanjutnya, seret dan tarik icon aplikasi ke area tengah layar untuk membuka dua aplikasi secara bersamaan.

Menariknya, kalian bisa melakukan hal yang sama untuk membuka hingga empat aplikasi bersamaan untuk ditampilkan dalam satu layar pada Galaxy Z Fold5. Dengan begitu kalian akan mendapatkan pengalaman multitasking yang tidak bisa dirasakan pada kebanyakan smartphone lain.

Atau kalian juga bisa mengaktifkan fitur gesture dengan mengakses menu Advance Features, lalu
akses Multi Window. Dengan begitu, kalian bisa melakukan split screen untuk membuka lebih dari satu
aplikasi lebih praktis dengan menyapu layar menggunakan dua jari.

Dukungan Flex Mode

Satu lagi fitur luar biasa yang ada pada Galaxy Z Fold5, yakni Flex Mode. Fitur ini akan “menyulap” Galaxy Z Fold5 layaknya seperti sebuah laptop atau PC. Ya! Fitur ini sangat berguna apabila ingin menonton tayangan video tanpa harus repot terus memegang smartphone.

Caranya, kalian dapat membuka aplikasi streaming video favorit, putar video yang diinginkan, lalu posisikan layar Galaxy Z Fold5 seperti halnya sedang membuka layar laptop. Secara otomatis video akan tampil di layar atas dan kita bisa meletakkan smartphone di atas meja tanpa harus dipegang.

S-Pen Sebagai Pelengkap

Seluruh fitur-fitur yang sudah kita bahas barusan di atas masih bisa terasa semakin sempurna dengan satu fitur pelengkap khas flagship Samsung, apalagi kalau bukan S-Pen. Pada Galaxy Z Fold5 kini ukuran S-Pen dibuat jauh lebih ramping, tapi dengan kecanggihan yang tetap sama.

Ya! Meskipun dibuat lebih ramping, S-Pen ini juga tetap memberikan rasa nyaman saat digunakan, dan ketika disimpan pun jadi terasa jauh lebih praktis. Mulai dari membuat tulisan catatan singkat hingga menggambar bisa dilakukan dengan sangat nyaman.

Responsivitas dan feel-nya sama seperti sedang menggunakan pensil sungguhan. Bahkan turut dilengkapi efek suara menyerupai goresan pensil ke kertas. Tak hanya untuk menulis atau menggambar, S-Pen ternyata juga memiliki fungsi lain.

Caranya, dengan meng-install aplikasi Good Lock dari Samsung App Store. Salah satunya adalah mode
Pentastic, dimana kalian bisa membuka aplikasi favorit hanya dengan menyentuh layar dua kali menggunakan S-Pen. Sangat ajaib dan memudahkan penggunaan!

Dengan segala fitur dan kecanggihan yang dibawa pada Galaxy Z Fold5 tersebut membuat smartphone layar lipat ini bisa sangat bisa diandalkan untuk produktivitas dan multiasking. Nah, kira-kira fitur manakah yang menurut kalian paling menarik dan berguna?

Comments

Harga HP Terbaru

Harga HP4 months ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy M34 5G

Gebrakan terbaru yang ditunjukkan oleh Samsung di pasar smartphone Indonesia adalah meluncurkan Galaxy M34 5G. Smartphone ini dipasarkan dengan harga...

Harga HP8 months ago
Harga dan Spesifikasi POCO F5

Datang sebagai smartphone flagship, POCO F5 hadir ditujukan untuk para gamer, penggiat fotografi, dan tech lovers.

Harga HP9 months ago
Harga dan Spesifikasi vivo Y36

vivo kembali membuat kejutan di pasar smartphone Indonesia dengan meluncurkan vivo Y36. Smartphone yang membawa segudang daya tarik ini dibanderol...

Harga HP10 months ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy A54 5G

Galaxy A54 5G sudah hadir resmi di Indonesia. Bagi kalian yang tertarik meminang smartphone ini, Galaxy A54 5G datang dengan...

Harga HP10 months ago
Harga dan Spesifikasi Redmi Note 12 Pro 5G

Xiaomi kembali menggebrak pasar Indonesia pada akhir bulan Maret lalu dengan meluncurkan Redmi Note 12 Pro 5G. Smartphone kelas menengah...

Harga HP11 months ago
Harga dan Spesifikasi OPPO Reno8 T 5G

Pada bulan Maret 2023 lalu OPPO telah secara resmi meluncurkan OPPO Reno8 T 5G di pasar Indonesia. Smartphone mid-range ini...

Harga HP11 months ago
Harga dan Spesifikasi realme C55 NFC

realme secara resmi telah memasarkan realme C55 NFC di Indonesia sejak awal Maret 2023. Smartphone entry-level ini membawa banyak fitur...

Harga HP12 months ago
Harga dan Spesifikasi POCO X5 5G

Bulan Februari lalu POCO secara resmi telah meluncurkan POCO X5 5G di pasar Indonesia. Smartphone kelas menengah ini datang dengan...

Aplikasi DroidLime

Get it on Google Play

Populer