Connect with us
ROG Zephyrus Duo 15 SE
Berita

Samsung Ngenalin Exynos 9611, Punya Clock Speed Lebih Ngacir

Samsung di industri chipset baru saja memperkenalkan Exynos 9611. Ya! Meskipun dikembangkan dengan proses fabrikasi 10 nm, chipset ini punya clock speed yang lebih ngacir dari pendahulunya.

Updated

Tak hanya fokus untuk mengembangkan smartphone dan perangkat elektronik lainnya, Samsung juga mahir dalam membuat chipset. Ya! Chipset terbaru yang mereka perkenalkan adalah Exynos 9611. Chipset baru ini tampaknya peningkatan dari Exynos 9610 yang diumumkan kehadirannya pada tahun lalu.

Samsung mengembangkan Exynos 9611 menggunakan proses fabrikasi 10 nm yang sama dengan pendahulunya. Di dalamnya terpasang empat core Cortex-A73 dengan clock speed 2,3 GHz serta empat core Cortex-A53 dengan clock speed maksimum 1,7 Ghz, dalam pengaturan Octa-core 64 bit.

Bisa dibilang, ini adalah konfigurasi yang sama yang dimiliki oleh Exynos 9610, tetapi ada peningkatan dalam clock speed-nya. Selain itu, di dalam Exynos 9611 juga ada GPU Mali-G72 MP3. Ini merupakan GPU yang sama yang ada pada Exynos 9610, tetapi memiliki clock speed lebih cepat dari pendahulunya.

Dengan pengaturan hardware seperti itu, SoC buatan Samsung ini memungkinkan pengguna melakukan lebih banyak aktivitas yang disukainya, seperti bermain game. Ya! Ini berkat kinerja yang kuat dan tentunya dapat dipasang ke dalam perangkat seluler yang dikembangkan oleh sejumlah pabrikan smartphone.

Exynos 9611 juga menghadirkan kinerja yang lebih pintar untuk menyajikan pengalaman generasi selanjutnya, mulai dari aplikasi berbasis AI hingga kamera pro-grade. Chipset ini juga sudah memiliki AI engine yang terdiri dari unit pemrosesan visi. Ini memungkinkan smartphone untuk menghadirkan dukungan kamera pro-grade yang lebih cerdas.

Tak ketinggalan, Samsung juga sudah menyelipkan kemampuan kecerdasan buatan alias AI melalui teknologi deep-learning. Selain itu, Exynos 9611 juga sudah membawa beberapa perbaikan dalam pemrosesan gambar. Hal itu dibangun lewat digital signal processor dan neural network engine.

Disebutkan, unit pemrosesan gambar dari Exynos 9611 dapat menganalisis sinyal analog foto dan video serta mengidentifikasi objek dan lingkungan dalam sebuah scene. Samsung juga menjanjikan bahwa teknologi ini memungkinkan pengguna untuk menikmati pengalaman fotografi yang lebih kaya.

Dukungan sensor kedalaman yang lebih cerdas juga memungkinkan smartphone dengan Exynos 9611 untuk mengambil foto portrait yang lebih indah ditambah efek bokeh. Exynos 9611 juga mendukung beragam solusi multi-kamera, seperti kamera lebar, ultra lebar, dan tele.

Untuk konektivitas, Exynos 9611 hadir dengan modem LTE dan beragam solusi konektivitas lainnya. Modem yang terintegrasi mendukung hingga 600 Mbps untuk downlink dengan 3CA dan 150 Mbps untuk uplink dengan 2CA agar menjadikan siaran langsung dan streaming berjalan lancar.

Exynos 9611 juga mengemas beberapa fitur konektivitas, seperti Wi-Fi, Bluetooth 5.0, dan radio FM. Selain itu, untuk pengalaman seluler berbasis lokasi, Exynos 9611 juga memiliki fitur 4-mode GNSS (Global Navigation Satellite System), yang mencakup GPS (Global Positioning System), GLONASS, BeiDou dan Galileo.

Lalu, seri Galaxy apa yang nantinya akan ditunjuk oleh Samsung untuk memakai chipset ini? Jika melihat peluncuran Samsung M30s di India, Samsung sudah mempercyakan chipset Exynos untuk menjadi otak dari smartphone tersebut. Ya! Samsung sendiri bakal menjual smartphone ini di India mulai tanggal 29 September 2019.

Comments

Harga HP Terbaru

Harga HP2 weeks ago
Harga dan Spesifikasi POCO X3 Pro

POCO X3 Pro secara resmi telah tiba di pasar Indonesia. Smartphone kelas menengah ini datang dengan chipset Snapdragon 860 dan...

Harga HP3 weeks ago
Harga dan Spesifikasi realme 8/realme 8 Pro

realme kembali membuat gebrakan di pasar Indonesia dengan memperkenalkan realme 8 dan realme 8 Pro. Datang sebagai smartphone realme "series...

Harga HP4 weeks ago
Harga dan Spesifikasi Xiaomi Redmi Note 10/Note 10 Pro

Xiaomi di akhir bulan Maret lalu kembali membuat kejutan di pasar smartphone Indonesia dengan meluncurkan Redmi Note 10 Series. Ada...

Harga HP1 month ago
Harga dan Spesifikasi OPPO Reno5 F

OPPO melengkapi lini OPPO Reno5 series dengan menghadirkan OPPO Reno5 F di pasar Indonesia. Smartphone yang ditujukan untuk kelas menengah...

Harga HP1 month ago
Harga dan Spesifikasi Xiaomi Mi 11

Pada pertengahan bulan Maret ini Xiaomi telah meluncurkan Mi 11 di pasar Indonesia. Ya! Smartphone pertama di Indonesia yang dibekali...

Harga HP2 months ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy A52 | Galaxy A72

Dua Galaxy A Series terbaru dari Samsung yang menyasar pengguna gadget kelas menengah ke atas sudah mendarat di Indonesia. Kedua...

Harga HP2 months ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy A32

Samsung sudah memperkenalkan Galaxy A32 di pasar Indonesia. Smartphone kelas menengah ini tiba dengan dukungan chipset Helio G80 dari MediaTek,...

Harga HP2 months ago
Harga dan Spesifikasi realme narzo 30A

realme narzo 30A secara resmi telah tersedia di pasar Indonesia sejak awal Maret 2021. Smartphone yang ditenagai chipset Helio G85,...

Aplikasi DroidLime

Get it on Google Play

Populer