Connect with us
UX5401ZAS-Space-Edition
Berita

Samsung Hadirkan Maintenance Mode, Ini Kegunaannya!

Maintenance Mode yang pertama kali diuji coba di Korea Selatan dan diluncurkan pertama kali di Cina, kini oleh Samsung dihadirkan secara global. Lalu, apa kegunaan dari fitur tersebut?

Updated

Samsung telah memulai peluncuran global Maintenance Mode. Ini adalah sebuah fitur privasi baru yang hadir untuk perangkat Samsung Galaxy tertentu, mengikuti pilot program yang sukses di Korea Selatan dan peluncuran awal yang digelar di Cina.

Maintenance Mode dapat mengurangi kekhawatiran pengguna yang timbul ketika memberikan perangkat pribadi kepada orang lain untuk diperbaiki. Fitur tersebut memungkinkan pengguna untuk memblokir akses ke informasi pribadi, seperti foto, pesan, atau daftar kontak.

“Seluruh hidup kita ada di smartphone, mulai dari informasi kartu kredit hingga foto keluarga. Karena itu, Samsung mengahdirkan fitur baru Maintenance Mode,” ujar Seungwon Shin, VP and Head of Security Team Mobile eXperience Business, Samsung Electronics.

Ditambahkan oleh Shin bahwa fitur tersebut dihadirkan oleh Samsung untuk memberikan jaminan ekstra bahwa pengguna Galaxy dapat menjaga pripasi mereka, bahkan jika pengguna harus menyerahkan ponsel pintarnya kepada orang lain.

“Ini hanyalah contoh terbaru dari upaya terus-menerus kami untuk memperkenalkan cara baru yang membuat pengguna merasa aman dan memegang kendali, sehingga mereka dapat menjelajahi pengalaman seluler baru dengan tenang, mengetahui bahwa kami menjaga mereka,” tambah Shin.

Maintenance Mode adalah sebuah cara untuk membuat sebuah akun pengguna yang terpisah saat
pengguna menyerahkan perangkat untuk diperbaiki. Dengan begitu teknisi dapat mengoperasikan fungsi inti tanpa dapat mengakses informasi pribadi dari pemilik smartphone.

Yang perlu dilakukan pengguna hanyalah memilih Maintenance Mode di menu ‘Battery and device care’ di dalam ‘Settings’, dan me-reboot smartphone mereka. Segera setelah proses reboot, semua informasi pribadi mereka termasuk foto, dokumen, dan pesan mereka akan dibatasi.

Setelah fitur ini diaktifkan, orang yang dipercaya untuk memperbaiki perangkat juga tidak akan dapat mengambil aplikasi yang diinstal pengguna. Data atau akun yang dihasilkan saat menggunakan Maintenance Mode akan dihapus secara otomatis setelah pemilik keluar dari Maintenance Mode.

Mereka akan dapat mendownload semua aplikasi yang tersedia di Galaxy Store, tetapi aplikasi tersebut akan dihapus secara otomatis bersama dengan data atau akun apa pun yang dibuat segera setelah pemilik keluar dari fitur Maintenance Mode.

Maintenance Mode berhasil diuji coba pada Galaxy S21 series di Korea Selatan pada bulan Juli, dan kemudian diluncurkan di Cina pada bulan September 2022. Fitur ini diluncurkan global secara bertahap selama beberapa bulan ke depan pada model tertentu yang menjalankan One UI 5.

Comments

Harga HP Terbaru

Harga HP7 hours ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy A14 5G

Samsung membuat kejutan dengan memboyong Galaxy A14 5G ke Indonesia. Ini adalah smartphone 5G yang ditawarkan dengan harga sangat terjangkau.

Harga HP2 weeks ago
Harga dan Spesifikasi realme 10 Pro 5G

Secara resmi realme telah memasarkan realme 10 Pro 5G di pasar Indonesia. Smartphone kelas menengah ini datang dengan segudang daya...

Harga HP9 months ago
Harga dan Spesifikasi realme narzo 50

realme narzo 50, yang digadang-gadang mengambil gaming sebagai inti dari penciptaannya. Smartphone seharga Rp2 jutaan ini tiba dengan layar serta...

Harga HP12 months ago
Harga dan Spesifikasi vivo V23 5G

vivo di awal tahun 2022 langsung membuat kejutan dengan meluncurkan vivo V23 5G. Uniknya, smartphone ini punya bodi belakang yang...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy S21 FE 5G

Bagi kalian yang menginginkan smartphone unggulan dan nyaman digenggam atau disimpan di saku baju dan celana, Galaxy S21 FE 5G...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi HUAWEI nova 9

Menjelang akhir tahun 2021, Huawei memberi kejutan kepada pasar smartphone Indonesia dengan meluncurkan HUAWEI nova 9. Smartphone kelas menengah ini...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi realme 8i

realme punya senjata ampuh untuk menaklukkan mereka yang menginginkan layar 120Hz, namun ditawarkan dengan harga terjangkau. Ya! realme menghadirkan realme...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi OPPO A95

OPPO A95 secara resmi telah meluncur di Indonesia sejak tanggal 18 November 2021 lalu. Smartphone ini membawa banyak hal baru,...

Aplikasi DroidLime

Get it on Google Play

Populer