Connect with us
FA506_2024
Berita

ROG Phone 6 Series Rambah Pasar Global, Ini Harganya!

ASUS akhirnya percaya diri untuk memboyong smartphone gaming terbarunya, ASUS ROG Phone 6 Series ke pasar global. Lalu, bagaimana dengan harga yang ditawarkan?

Updated

Pada tahun 2018 lalu, ASUS memutuskan untuk terjun dengan membawa merek ROG ke ranah smartphone. Empat tahun kemudian, kita menyaksikan kehadiran ROG Phone 6 dan ROG Phone 6 Pro, yang akhirnya diluncurkan di pasar global.

Datang di bulan Juli 2022, kedua smartphone tersebut ditenagai chipset andalan, Snapdragon 8+ Gen 1, kepunyaan Qualcomm. Seperti generasi ROG Phone sebelumnya, perbedaan antara model Pro dan non-Pro terletak pada kapasitas RAM yang disematkan.

Seperti yang bisa kita lihat bersama, ASUS ROG Phone 6 Pro dibekali RAM hingga 18 GB. Selain itu, smartphone ini juga punya daya tarik lainnya, yakni dukungan layar AMOLED berwarna yang dapat diprogram oleh pengguna di bagian belakang.

Baik model Pro maupun non-Pro, keduanya sama-sama punya layar di bagian depan dengan panel dan ukuran yang sama. Panelnya AMOLED dengan ukuran 6,78 inci dan memiliki resolusi 1080 x 2448 piksel dengan refresh rate 165Hz serta tingkat pengambilan sampel sentuh sekarang menjadi 720Hz.

Sementara, tingkat kecerahan layarnya mencapai 1200 nits dalam mode otomatis. Terlepas dari mode 165Hz, tampilan dapat diatur ke 60Hz, 90Hz, 120Hz atau 144Hz tergantung pada preferensi pengguna. Corning Gorilla Glass Victus hadir untuk menangkis goresan.

Seperti yang telah disebutkan di atas bahwa kedua model smartphone gaming ini menggunakan chipset yang sama. ROG Phone 6 punya RAM LPDDR5 dengan opsi 12 GB atau 16 GB. Sementara, ROG Phone 6 Pro memiliki RAM yang lebih besar, yakni 18 GB.

Lagi dan lagi, pengguna ROG Phone 6 Series harus puas dengan kapasitas penyimpanan internal yang ada, alias tidak dapat diperluas. Pilihan penyimpanan internalnya adalah 256 GB atau 512 GB dengan teknologi UFS 3.1 yang disematkan oleh ASUS di dalamnya.

Karena datang dengan dukungan chipset buatan Qualcomm yang lebih bertenaga, sistem pendingin yang ada di dalam perangkat ini pun dirombak. ASUS mengklaim bahwa hasil perombakannya ini mampu menurunkan suhu CPU hingga 10°C.

ASUS juga kembali menghadirkan tombol ultrasonik AirTrigger yang dapat diprogram di sisi kanan dan belakang perangkat. Ini memungkinkan pengguna untuk memetakan kontrol yang diinginkan, tetapi tentunya juga harus disesuaikan dengan game yang mendukung.

Daya tarik lainnya dari ROG Phone 6 Series adalah dukungan dua speaker menghadap ke depan. Ada juga tiga mikrofon, audio spasial Dirac Virtuo, dan jack headphone. Smartphone gaming ini pun juga tahan percikan air berkat sertifikasi IPX4.

Sektor fotografi juga menerima pembaruan. Kini, kamera utamanya adalah 50 MP yang diperkuat dengan sensor Sony IMX766. Di samping itu, ada juga kamera ultra-wide 13 MP dan kamera makro 5 MP. Semuanya ada di bagian belakang. Di bagian depan ada kamera 12 MP dengan sensor IMX663.

ROG Phone 6 dan 6 Pro masih menggunakan baterai 6.000 mAh yang dibagi menjadi dua sel 3.000mAh dan pengguna mendapatkan port USB-C ganda – satu di bagian bawah dan satu lagi di samping. Pengisian daya dengan kabel masih dibatasi pada 65W, seperti seri ROG Phone 5.

Smartphone gaming terbaru dari ASUS ini berjalan dengan antarmuka ROG UI dan Zen UI berbasis Android 12. Untuk aksesoris, ASUS juga menghadirkan versi terbaru AeroActive dan gamepad ROG Kunai, serta earbud ROG Cetra True Wireless dan Cetra True Wireless Pro terbaru.

ROG Phone 6 12 GB/ 256 GB akan dijual seharga € 999 (Rp15,4 juta) di Eropa. Sementara, ROG Phone 6 Pro dengan spesifikasi teratas, yakni RAM 18 GB dan penyimpanan internal 512 GB akan dijual seharga € 1.299 (Rp20 juta). Bagaimana? Kalian tertarik untuk menunggu kedatangannya?

Comments

Harga HP Terbaru

Harga HP5 months ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy M34 5G

Gebrakan terbaru yang ditunjukkan oleh Samsung di pasar smartphone Indonesia adalah meluncurkan Galaxy M34 5G. Smartphone ini dipasarkan dengan harga...

Harga HP9 months ago
Harga dan Spesifikasi POCO F5

Datang sebagai smartphone flagship, POCO F5 hadir ditujukan untuk para gamer, penggiat fotografi, dan tech lovers.

Harga HP11 months ago
Harga dan Spesifikasi vivo Y36

vivo kembali membuat kejutan di pasar smartphone Indonesia dengan meluncurkan vivo Y36. Smartphone yang membawa segudang daya tarik ini dibanderol...

Harga HP11 months ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy A54 5G

Galaxy A54 5G sudah hadir resmi di Indonesia. Bagi kalian yang tertarik meminang smartphone ini, Galaxy A54 5G datang dengan...

Harga HP12 months ago
Harga dan Spesifikasi Redmi Note 12 Pro 5G

Xiaomi kembali menggebrak pasar Indonesia pada akhir bulan Maret lalu dengan meluncurkan Redmi Note 12 Pro 5G. Smartphone kelas menengah...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi OPPO Reno8 T 5G

Pada bulan Maret 2023 lalu OPPO telah secara resmi meluncurkan OPPO Reno8 T 5G di pasar Indonesia. Smartphone mid-range ini...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi realme C55 NFC

realme secara resmi telah memasarkan realme C55 NFC di Indonesia sejak awal Maret 2023. Smartphone entry-level ini membawa banyak fitur...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi POCO X5 5G

Bulan Februari lalu POCO secara resmi telah meluncurkan POCO X5 5G di pasar Indonesia. Smartphone kelas menengah ini datang dengan...

Aplikasi DroidLime

Get it on Google Play

Populer