Connect with us
FA506_2024
Berita

Resmi Meluncur, Ini Keunggulan dan Harga OPPO Find X5 Pro

OPPO secara resmi telah mengumumkan kehadiran OPPO Find X5 Series. Tentu saja, yang menjadi pusat perhatian adalah model OPPO Find X5 Pro, yang ditenagai Snapdragon 8 Gen 1 dan baterai 5.000 mAh.

Updated

Setelah ditunggu-tunggu, akhirnya OPPO secara resmi meluncurkan smartphone flagship premium terbarunya, OPPO Find X5 Series. Smartphone ini hadir dengan peningkatan penting pada pemrosesan gambar, teknologi baterai, dan bahkan kualitas dari bodinya.

Seri terbaru memulai debutnya dengan dua perangkat yang punya desain serupa, OPPO Find X5 sebagai model vanilla dan OPPO Find X5 Pro, yang datang sebagai model tertinggi. Ya! Ada satu model lainnya yang datang dengan sebutan OPPO Find X5 Lite.

Mari kita fokus pada model tertinggi. Seperti model Find X3, OPPO Find X5 Pro memiliki dua kamera 50 MP (wide dan ultra-wide) berbasis pada sensor Sony IMX766 (1/1,56″, 1,0 m). Namun, OPPO meramu smartphone ini dengan perangkat keras pendukung terkait dan algoritma pemrosesan yang lebih canggih.

Sementara itu, chipset MariSilicon X 6nm menyumbang banyak peningkatan. Chipset ini diklaim mampu mengurangi noise yang dibantu AI dan tugas pemrosesan gambar lainnya. Ini memungkinkan mode Video Malam Ultra 4K jadi lebih sedikit noise dan warna yang dihasilkan lebih baik daripada video malam biasa.

Mode ini tersedia pada kamera wide dan ultra-wide. OPPO juga mengklaim bahwa chipset kustomnya itu memungkinkan perangkat untuk merekam video HDR pada 20-bit per saluran. Artinya, memiliki rentang dinamis hingga 120 dB (empat kali lebih besar dari Find X3 Pro).

OPPO juga masih membekali smartphone ini dengan Mode Pro dan di dalamnya pengguna bisa menemukan fitur Hasselblad Natural Color Calibration. Fitur ini mengandalkan sensor warna 13 saluran baru (menggantikan sensor 5 saluran pada generasi X3).

Selain itu, OPPO juga menggunakan elemen kaca depan pada kamera, yang meningkatkan akurasi warna dan mengurangi chromatic aberration. Pembuat kamera legendaris juga membantu mengembangkan filter Master sehingga pengguna dapat menambahkan beberapa gaya ke foto yang dibidik dengan beberapa ketukan.

Lensa wide menawarkan sistem stabilisasi gambar optik 5-sumbu terbaru yang menggabungkan teknologi pergeseran lensa dan sensor. Ini jadi yang pertama di dalam sebuah smartphone, kata OPPO. Ini dapat mengoreksi goyangan tangan hingga 3° dan bisa dimanfaatkan untuk foto dan video (stabilisasi elektronik juga digunakan).

Sedangkan untuk kamera ultrawide, hanya memiliki bidang pandang 110°, yang tidak terlalu lebar (tapi sebesar X3 Pro). Kamera telefoto tidak mendapatkan banyak sentuhan pada OPPO Find X5 Pro, tampaknya sama dengan sensor 13 MP dan pembesaran optik 2x (52mm) dan zoom hibrida 5x.

Lalu, bagaimana dengan kamera depannya? OPPO menggunakan sensor Sony IMX709 khusus dengan sub-piksel RGBW. Sub-piksel putih itu memungkinkan sensor menangkap 60% lebih banyak cahaya, tetapi memproses data RGBW yang rumit, sehingga tugas itu kembali diserahkan ke chipset MariSilicon.

Selain itu, kamera depannya ini bekerja secara default ke 80° FoV, tetapi akan beralih ke 90° secara otomatis saat mendeteksi selfie grup. OPPO juga memperbarui tampilan bagian depan dengan layar AMOLED 6,7 inci dan memiliki refresh rate variabel 1Hz hingga 120Hz.

Ini adalah panel LTPO dengan resolusi 3.216 x 1.440 piksel dan memiliki rendering warna 10-bit serta cakupan 100% dari ruang warna DCI-P3. Menariknya, pengambilan sampel sentuh dapat mencapai 1.000Hz sehingga perangkat ini dapat bereaksi secara instan.

Tak perlu khawatir ketika menggunakan smartphone ini di bawah paparan sinar matahari. Pasalnya, OPPO menemas layar OPPO Find X5 Pro dengan kecerahan hingga 1.300 nits. Selain itu, layarnya juga telah dikalibrasi warna pada berbagai tingkat kecerahan untuk memastikan gambar tetap sempurna.

X5 Pro memiliki peringkat IP68 untuk ketahanan terhadap debu dan air. Layarnya juga sudah diproteksi dengan Gorilla Glass Victus, dan bagian belakangnya terbuat dari keramik. OPPO mengklaim bahwa bodi belakangnya ini dua kali lebih kuat dari panel kaca.

Smartphone ini pada dasarnya berukuran sama dengan X3 Pro, namun karena bodinya terbuat dari keramik, bukan kaca, perangkat ini ketika ditimbang memiliki berat 218 gram (naik dari 193g). Sisi positifnya, keramik memiliki konduktivitas panas yang lebih baik daripada kaca, yang meningkatkan pendinginan.

Jelas, ini bagus untuk chipset Snapdragon 8 Gen 1, yang memiliki banyak daya, tetapi membutuhkan pendinginan yang baik untuk mempertahankannya. Smartphone ini hadir dengan ColorOS 12.1 berdasarkan Android 12. Pembaruan 0.1 menghadirkan estetika yang disempurnakan, fitur privasi dan keamanan yang lebih baik.

Yang juga baru adalah fitur Multi-Screen Connect, yang memungkinkan pengguna beralih dengan mulus ketika menginterasikan smartphone ini dengan PC berbasiskan Windows. Ya! Ini menjadikan OPPO Find X5 Pro bisa lebih optimal untuk mendongkrak produktivitas penggunanya.

Lalu, bagaimana dengan sektor catu dayanya? Ini menjadi sebuah hal penting yang juga harus diketahui oleh kalan yang tertarik membeli OPPO Find X5 Pro. OPPO berhasil memasukkan baterai yang lebih besar di dalam perangkat ini, 5.000 mAh (naik dari 4.500 mAh).

OPPO Find X5 Pro juga mendukung SuperVOOC 80W, yang bisa melakukan sprint pengisian 0 – 50% dalam 12 menit. Pengisian daya nirkabel juga menjadi lebih cepat berkat dukungan AirVOOC 50W, yang dapat mengisi daya hingga penuh hanya dalam waktu 47 menit.

Di sinilah Battery Health Engine berperan penting. OPPO mengklaim bahwa dukungan tersebut bisa memperpanjang umur baterai sehingga akan bertahan dari 1.600 siklus pengisian daya sebelum menurun ke kapasitas 80% (yang secara signifikan lebih lama daripada baterai smartphone biasa yang turun menjadi 80% setelah 800 siklus).

Fitur lain yang meningkatkan daya tahan baterai adalah film graphene 3D yang menutupi koil pengisi daya dan motherboard. Saat menggunakan pengisi daya nirkabel 50W, smartphone tetap 3° lebih dingin dibandingkan dengan “beberapa pesaing”.

OPPO menegaskan bahwa film graphene 3D dapat membantu menjaga chipset driver layar dan layarnya itu sendiri tetap dingin. Dan untuk chipset Snapdragon 8 Gen 1 yang disematkan, OPPO menyisipkan ruang uap yang 75% lebih besar dari pada generasi sebelumnya.

Smartphone ini memiliki speaker stereo dengan dukungan Dolby Atmos. Hanya ada satu port berkabel, USB-C, konektivitas nirkabel termasuk “antena pintar 360°” dan dua power amp yang selalu aktif. Sistem ini memiliki empat antena dan perangkat secara otomatis akan beralih ke sinyal yang terkuat.

Saat ini OPPO sudah membuka penawaran pre-order untuk OPPO Find X5 Pro di beberapa negara di Eropa. Sementara, penjualan terbuka alias open sale akan digelar mulai 14 Maret. Ini akan tersedia dalam satu konfigurasi, 12 GB/256 GB seharga € 1.300 (Rp21 juta). Ada dua warna yang ditawarkan, Ceramic White dan Glaze Black.

Comments

Harga HP Terbaru

Harga HP5 months ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy M34 5G

Gebrakan terbaru yang ditunjukkan oleh Samsung di pasar smartphone Indonesia adalah meluncurkan Galaxy M34 5G. Smartphone ini dipasarkan dengan harga...

Harga HP9 months ago
Harga dan Spesifikasi POCO F5

Datang sebagai smartphone flagship, POCO F5 hadir ditujukan untuk para gamer, penggiat fotografi, dan tech lovers.

Harga HP11 months ago
Harga dan Spesifikasi vivo Y36

vivo kembali membuat kejutan di pasar smartphone Indonesia dengan meluncurkan vivo Y36. Smartphone yang membawa segudang daya tarik ini dibanderol...

Harga HP11 months ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy A54 5G

Galaxy A54 5G sudah hadir resmi di Indonesia. Bagi kalian yang tertarik meminang smartphone ini, Galaxy A54 5G datang dengan...

Harga HP12 months ago
Harga dan Spesifikasi Redmi Note 12 Pro 5G

Xiaomi kembali menggebrak pasar Indonesia pada akhir bulan Maret lalu dengan meluncurkan Redmi Note 12 Pro 5G. Smartphone kelas menengah...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi OPPO Reno8 T 5G

Pada bulan Maret 2023 lalu OPPO telah secara resmi meluncurkan OPPO Reno8 T 5G di pasar Indonesia. Smartphone mid-range ini...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi realme C55 NFC

realme secara resmi telah memasarkan realme C55 NFC di Indonesia sejak awal Maret 2023. Smartphone entry-level ini membawa banyak fitur...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi POCO X5 5G

Bulan Februari lalu POCO secara resmi telah meluncurkan POCO X5 5G di pasar Indonesia. Smartphone kelas menengah ini datang dengan...

Aplikasi DroidLime

Get it on Google Play

Populer