Connect with us
FA506_2024
Berita

Redmi A1 Hadir Resmi di Indonesia, TKDN >40%

Xiaomi secara resmi telah meluncurkan smartphone entry-level terbarunya, Redmi A1. Menariknya, smartphone ini memiliki nilai TKDN lebih dari 40% dan diapresiasi positif oleh Kemenpperin RI.

Updated

Xiaomi secara resmi telah memperkenalkan Redmi A1. Ini adalah smartphone entry-level yang ditujukan bagi seluruh kalangan masyarakat Indonesia. Ya! Xiaomi juga menegaskan bahwa ini adalah smartphone yang dapat diandalkan untuk menunjang kegiatan sehari-hari.

Dengan dukungan sistem operasi Android 12 yang smooth dan cepat di kelasnya, Redmi A1 digadang-gadang akan mampu menjawab kebutuhan sehari-hari penggunanya, seperti untuk menjalankan aplikasi chat, media sosial, internet, serta berfoto.

Untuk melengkapi komitmen Xiaomi dalam menghadirkan teknologi yang menyeluruh bagi masyarakat Indonesia, Redmi A1 juga tercatat sebagai smartphone 4G yang memiliki tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) tertinggi saat diluncurkan, yaitu sebesar 40,3%.

Kehadiran Redmi A1 yang punya TKDN lebih dari 40% ini pun diapresiasi oleh Menteri Perindustrian Republik Indonesia Agus Gumiwang Kartasasmita. Dikatakan bahwa pencapaian TKDN yang tertinggi ini merupakan perwujudan komitmen yang sejalan dengan kebijakan Kemenperin.

“TKDN tertinggi dari Redmi A1 ini sesuai dengan roadmap pendalaman struktur yang telah ditetapkan Kemenperin bagi para pelaku industri seluler. Ke depannya kami berharap agar para pelaku industri juga mulai menerapkan aspek riset dan pengembangan yang dilakukan di Indonesia,” ujar Agus.

Sebelumnya dalam industri telepon seluler, Kemenperin telah menargetkan bahwa SMT Process, Industrial Mechanical Design, industri casing, industri baterai, casis molding design, dan industri antena supaya dapat dilakukan di dalam negeri.

Berkat aspek manufaktur, pengembangan produk untuk software secara lokal, dan pengembangan aplikasi yang bekerja sama dengan mitra lokal, Redmi A1 mampu melebihi standar TKDN yang ditetapkan pemerintah lewat Peraturan Menteri Kominfo No 13 Tahun 2021.

“Xiaomi meyakini bahwa semua masyarakat di dunia berhak menikmati inovasi teknologi. Karena itu, Redmi A1 hadir di Indonesia guna memberikan akses bagi seluruh lapisan masyarakat dalam mengakses teknologi terkini,” kata Direktur Xiaomi Technology Indonesia Manish Dang.

Redmi A1 hadir dengan baterai berkapasitas besar 5000mAh yang memungkinkan penggunanya untuk dapat tetap aktif seharian tanpa kehabisan daya. Selain itu, smartphone ini juga telah mendukung 10W fast charging dan 10W in-box charger dalam paket penjualan.

Dari segi dapur pacu yang menunjang performa dan kapasitas perangkat, Redmi A1 telah dibekali oleh CPU Octa-core yang bekerja dalam jaringan 4G dengan clock speed 2,0GHz, teknologi memori LPDDR4X + eMMC 5.1, dengan teknologi ekspansi RAM.

Untuk fleksibilitas koneksi dan Redmi A1 mampu mengaktifkan dua SIM Card secara bersamaan. Ada juga dukungan slot microSD dengan kapasitas hingga 1 TB. Untuk kamera, Redmi A1 memiliki dual camera (8 MP main camera + 5 MP front camera) dengan teknologi AI.

Dengan dukungan kamera yang dimiliki, Redmi A1 dapat menghasilkan foto yang berkualitas, ditambah beberapa pilihan mode kamera yang tersedia, seperti Portrait, Video, Short Video, dan Time-Lapse. Sementara, dukungan layarnya adalah 6.52” Dot Drop Display, kualitas HD+ dan aspek rasio 20:9.

Guna memperluas cakupan penyediaan akses terhadap teknologi, Xiaomi Indonesia juga bekerja sama dengan perusahaan telekomunikasi digital terdepan di tanah air, Telkomsel yang memberikan dukungan berupa bundling simcard Telkomsel PraBayar beserta paket data terjangkau BundlingMax.

Diluncurkan bertepatan dengan Sumpah Pemuda, 28 Oktober 2022, Redmi A1 hadir dengan desain boks spesial bertema Indonesia karya Sigit Setyo Nugroho yang merupakan seorang Xiaomi fans. Redmi A1 memiliki desain flat frame yang stylish dengan unibody curved berbalut desain leather texture.

Smartphone ini hadir dalam dua varian memori, yaitu RAM 2 GB dan RAM 3 GB yang masing-masing akan dapat diekspansi hingga 2 GB, dukungan storage sebesar 32 GB yang didukung eksternal slot microSD, serta hadir dalam dua pilihan warna, yaitu Black dan Light Blue.

Dalam rangka penjualan perdana, Xiaomi Indonesia menawarkan harga promosi khusus secara terbatas dengan harga Rp999.000 untuk pengguna smartphone Redmi seri A (Redmi 6A, Redmi 7A, Redmi 8A, Redmi 8A Pro, Redmi 9A, Redmi 10A) yang melakukan transaksi lewat Mi.com.

Comments

Harga HP Terbaru

Harga HP5 months ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy M34 5G

Gebrakan terbaru yang ditunjukkan oleh Samsung di pasar smartphone Indonesia adalah meluncurkan Galaxy M34 5G. Smartphone ini dipasarkan dengan harga...

Harga HP10 months ago
Harga dan Spesifikasi POCO F5

Datang sebagai smartphone flagship, POCO F5 hadir ditujukan untuk para gamer, penggiat fotografi, dan tech lovers.

Harga HP11 months ago
Harga dan Spesifikasi vivo Y36

vivo kembali membuat kejutan di pasar smartphone Indonesia dengan meluncurkan vivo Y36. Smartphone yang membawa segudang daya tarik ini dibanderol...

Harga HP12 months ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy A54 5G

Galaxy A54 5G sudah hadir resmi di Indonesia. Bagi kalian yang tertarik meminang smartphone ini, Galaxy A54 5G datang dengan...

Harga HP12 months ago
Harga dan Spesifikasi Redmi Note 12 Pro 5G

Xiaomi kembali menggebrak pasar Indonesia pada akhir bulan Maret lalu dengan meluncurkan Redmi Note 12 Pro 5G. Smartphone kelas menengah...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi OPPO Reno8 T 5G

Pada bulan Maret 2023 lalu OPPO telah secara resmi meluncurkan OPPO Reno8 T 5G di pasar Indonesia. Smartphone mid-range ini...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi realme C55 NFC

realme secara resmi telah memasarkan realme C55 NFC di Indonesia sejak awal Maret 2023. Smartphone entry-level ini membawa banyak fitur...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi POCO X5 5G

Bulan Februari lalu POCO secara resmi telah meluncurkan POCO X5 5G di pasar Indonesia. Smartphone kelas menengah ini datang dengan...

Aplikasi DroidLime

Get it on Google Play

Populer