Connect with us
ROG 5
Berita

Ramadan dan Idul Fitri 1442 H, Trafik Layanan Data Telkomsel Tumbuh Hingga 49%

Telkomsel mencatat adanya peningkatan trafik layanan broadband pada periode Ramadan dan Idul Fitri 1442 H (2021) sebesar 49% dibandingkan momen tahun sebelumnya atau 10% dibandingkan hari biasa.

Updated

Sama seperti tahun sebelumnya, momen Ramadan dan Idul Fitri 1442 H yang baru saja berlalu masih dilalui dengan tantangan di tengah wabah pandemi COVID-19. Telkomsel menjalankan fungsinya untuk tetap mendampingi masyarakat di momen hari raya umat muslim ini dengan berupaya memastikan kelancaran berkomunikasi.

Selama momen Ramadan dan Idul Fitri 2021, Telkomsel mencatat lonjakan trafik layanan data hingga 39,7 Petabyte (PB), atau tumbuh 49% dibanding momen yang sama tahun lalu. hal tersebut juga didorong semakin tingginya adopsi pemanfaatan layanan komunikasi berbasis digital sebagai sarana silaturahmi virtual.

“Keluarga besar Telkomsel mengucapkan selamat merayakan Hari Raya Idul Fitri 1442 H kepada seluruh umat muslim di Indonesia. Semoga kita semua senantiasa diberikan kesehatan dalam merayakan hari kemenangan ini di tengah situasi yang masih penuh dengan tantangan,” kata Nugroho, Direktur Network Telkomsel.

Ditambahkan oleh Nugroho bahwa Telkomsel memaknai perayaan Idul Fitri sebagai momentum untuk membuka kesempatan lebih luas bagi masyarakat untuk #BukaPintuKebaikan dengan terus menjalin silaturahmi dan tetap terhubung walau dilakukan secara digital.

Di sisi lain, untuk layanan SMS di momen Ramadan dan Idul Fitri 2021 mengalami peningkatan sebesar 33% dibandingkan periode tahun sebelumnya. Sedangkan untuk layanan panggilan suara, tercatat peningkatan trafik layanan suara sebesar 4% dibandingkan hari biasa.

Telkomsel juga mencatat sejumlah platform digital dan virtual yang berkontribusi terhadap penggunaan akses layanan data. Untuk layanan digital terdepan dari Telkomsel, tercatat terjadi lonjakan trafik penggunaan untuk layanan VoLTE Telkomsel sebesar 12%.

Selain itu, layanan marketplace video on demand MAXStream Telkomsel sebesar 410%, dan layanan video conference on demand CloudX Telkomsel sekitar 68% dibandingkan hari biasa. Pemanfaatan platform digital sebagai penunjang produktivitas untuk bekerja secara virtual dan belajar online juga ikut meningkat.

Tercatat, seperti melalui layanan video communication dan video streaming yang secara total mampu berkontribusi dalam penggunaan data lebih dari 53%, atau masing-masing tumbuh sekitar 14% dan 22%, dibandingkan dengan hari biasa.

Penggunaan layanan mobile gaming, browsing dan social media juga tercatat tumbuh masing-masing sekitar 81%, 36% dan 7% selama Ramadan dan Idulfitri 2021. Telkomsel juga mencatat 6 aplikasi yang paling banyak diakses pelanggan antara lain Youtube, Facebook, Whatsapp, Instagram, Tiktok dan Mobile Legends.

Sepanjang momen Ramadan dan Idulfitri tahun ini, secara berurut untuk lima wilayah operasional Telkomsel yang mengalami kenaikan penggunaan layanan data dibandingkan momen tahun sebelumnya didominasi oleh Sumatra baik Utara, Tengah maupun Selatan (13%), Jawa Timur (12%) dan Jawa Tengah (11%) dibandingkan dengan hari biasa.

Konsisten dalam mendampingi masyarakat agar dapat menjalani Ramadan dan Idul Fitri setiap tahun dengan nyaman, Telkomsel telah melakukan optimalisasi dan pengamanan operasional jaringan di 554 point of Interest (POI). Ragam produk dan layanan berbasis digital serta berbagai promo menarik turut dihadirkan.

“Kami merasa sangat senang dan bersyukur dapat selalu mendampingi pelanggan di momen Ramadan dan Idul Fitri. Semoga semua upaya yang kami lakukan dapat memberikan kemudahan dan nilai tambah kepada pelanggan dalam menjalani aktivitas ibadah Ramadan dan merayakan Hari Raya Idulfitri 1442 H,” pungkas Nugroho.

Berikut data performansi layanan Telkomsel pada Periode Ramadan dan Idulfitri 2021:

LayananTrafik Selama Momen Ramadan dan Idulfitri 2021Perbandingan dengan Hari Biasa 2021Perbandingan dengan Periode yang Sama di Ramadan dan Idulfitri 2020
Data39,7 Peta ByteNaik 10%Naik 49%
SMS669 Juta SMSNaik 23%Naik 33%
Suara915 Juta MenitNaik 4%Turun 14%

 Top 5 wilayah operasional Telkomsel dengan Kenaikan Trafik Data Tertinggi:

Wilayah OperasionalPerbandingan dengan Hari Biasa 2021
Sumatera bagian TengahNaik 13%
Sumatera bagian UtaraNaik 13%
Sumatera bagian SelatanNaik 13%
Jawa TimurNaik 12%
Jawa TengahNaik 11%

Berikut platform layanan data dan aplikasi yang paling banyak di akses pelanggan Telkomsel selama momen Ramadan dan Idulfitri 1442 H:

Top 6 Data Service Platforms

PlatformProporsi dari Akses Keseluruhan Layanan DataPerbandingan dengan Hari Biasa 2021
Video Streaming37%Naik 22%
Communication16%Naik 14%
Social Media29%Naik 7%
Mobile Gaming4%Naik 81%
Browsing1%Naik 36%
Aplikasi / Situs Media1%Naik 11%

Top 6 Applications

AplikasiProporsi dari Akses Keseluruhan ApikasiPerbandingan dengan Hari Biasa 2021
Youtube23%Naik 24%
Facebook16%Naik 11%
Whatsapp14%Naik 25%
Instagram12%Naik 3%
Tiktok11%Naik 26%
Mobile Legends3%Naik 167%

Comments

Harga HP Terbaru

Harga HP3 days ago
Harga dan Spesifikasi ASUS ROG Phone 5 Series

ASUS secara resmi telah memasarkan ASUS ROG Phone 5 di pasar Indonesia. Smartphone yang ditenagai Snapdragon 888 ini dijual mulai...

Harga HP1 week ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy M62

Samsung baru saja meluncurkan Galaxy M Series di pasar Indonesia. Smartphone tersebut datang dengan nama Samsung Galaxy M62 yang punya...

Harga HP4 weeks ago
Harga dan Spesifikasi Xiaomi Redmi Note 10S

Secara resmi Xiaomi telah memboyong Redmi Note 10S ke pasar Indonesia pada tanggal 18 Mei lalu. Penjualan smartphone tersebut baru...

Harga HP2 months ago
Harga dan Spesifikasi POCO X3 Pro

POCO X3 Pro secara resmi telah tiba di pasar Indonesia. Smartphone kelas menengah ini datang dengan chipset Snapdragon 860 dan...

Harga HP2 months ago
Harga dan Spesifikasi realme 8/realme 8 Pro

realme kembali membuat gebrakan di pasar Indonesia dengan memperkenalkan realme 8 dan realme 8 Pro. Datang sebagai smartphone realme "series...

Harga HP2 months ago
Harga dan Spesifikasi Xiaomi Redmi Note 10/Note 10 Pro

Xiaomi di akhir bulan Maret lalu kembali membuat kejutan di pasar smartphone Indonesia dengan meluncurkan Redmi Note 10 Series. Ada...

Harga HP3 months ago
Harga dan Spesifikasi OPPO Reno5 F

OPPO melengkapi lini OPPO Reno5 series dengan menghadirkan OPPO Reno5 F di pasar Indonesia. Smartphone yang ditujukan untuk kelas menengah...

Harga HP3 months ago
Harga dan Spesifikasi Xiaomi Mi 11

Pada pertengahan bulan Maret ini Xiaomi telah meluncurkan Mi 11 di pasar Indonesia. Ya! Smartphone pertama di Indonesia yang dibekali...

Aplikasi DroidLime

Get it on Google Play

Populer