Connect with us
ASUS Oled
Berita

Nokia XR20 Dirilis, Smartphone Rigid 5G dengan SoC Snapdragon 480

HMD Global membuat kejutan dengan merilis Nokia XR20. Ini adalah smartphone rigid dengan kemampuan 5G yang disokong chipset Snapdragon 480.

Updated

HMD Global kembali merilis smartphone baru dan menariknya, perangkat ini berbeda dari model-model sebelumnya. Ya! Smartphone ini datang sebagai Nokia XR20, dan jadi perangkat Android pertama dari HMD Global yang dibuat dengan durabilitas pada bodinya yang begitu tangguh.

Datang sebagai smartphone yang rigid, desain Nokia XR20 cukup bersih. Ya! Kasing yang mengelilingi bodinya diklaim telah melewati uji MIL-STD-810H sehingga tahan benturan. Jika smartphone tersebut terasa kotor, penggunanya juga dapat membersihkan dengan sabun dan air.

Bagi konsumen yang suka dengan Nokia XR20, HMD Global mengatakan bahwa perangkat tersebut tersedia dalam dua warna pilihan, yakni Graphite dan Ultra Blue. Layarnya memiliki resolusi FullHD+ dengan ukuran 6,67 inci dan memiliki aspek rasio 20:9.

Ada punch-hole di bagian tengah atas layar, dan tingkat kecerahannya mencapai 550 nits. Agar layarnya tidak mudah tergores, HMD Global telah melapisinya dengan  selembar Gorilla Glass Victus. Lembar spesifikasi mengatakan bahwa pengguna dapat mengoperasikan layar smartphone ini dengan tangan basah atau sarung tangan.

Lalu, bagaimana dengan dapur pacunya? HMD Global mengatakan bahwa Noka XR20 telah dibekali chipset Snapdragon 480 dengan kemampuan 5G. Ada dua varian memori yang ditawarkan, yakni RAM 4 GB + ROM 64 GB dan RAM 6 GB + ROM 128 GB. Ada dukungan slot untuk kartu microSD hingga 512 GB.

Nokia XR20 memiliki dua kamera belakang, yakni sensor utama 48 MP yang berpasangan dengan lensa ultra-wide 12 MP. Uniknya, kedua sensor kamera tersebut ditempatkan seperti mata tupai yang berpasangan dengan dua LED flash. Sementara, bagian depan adalah kamera dengan sensor 8 MP.

HMD Global mengemas smartphone barunya ini dengan beberapa fitur kamera termasuk yang baru yang disebut mode SpeedWarp. Ini menawarkan super stabilisasi dan memungkinkan pengguna membidik dengan cepat semua momen penting yang ada di depan matanya.

Perekaman audio OZO spasial juga tersedia dan kemampuan meredam suara angin saat merekam. HMD Global juga menyematkan pemindai sidik jari yang dibenamkan pada tombol daya. Pengguna juga bisa menemukan tombol Google Assistant dan tombol berwarna merah yang dapat diprogram untuk akses lebih cepat ke beberapa fungsi penting.

Nokia XR20 memiliki speaker stereo, NFC, jack audio, dan USB-C (port USB 3.0). Sementara, untuk catu daya, Nokia XR20 telah dibekali baterai berkapasitas 4.630 mAh dan memiliki dukungan untuk pengisian cepat 18W, pengisian cepat nirkabel 15W, dan Quick Charge 4.0.

Sayangnya, HMD Global mengatakan bahwa pengisi daya tidak akan disertakan dalam kemasannya. Ya! Hal ini  sebagai bagian dari upaya mereka untuk ikut mengurangi limbah elektronik. Smartphone ini akan tersedia dalam varian SIM tunggal dan ganda.

Nokia menjanjikan tiga tahun peningkatan OS yang berarti smartphone yang dikirimkan dengan Android 11 akan diperbarui ke Android 12, Android 13, dan Android 14. Smartphone ini juga dijanjikan akan menerima empat tahun pembaruan keamanan.

Melihat beberapa hal yang dijanjikan, tentunya pabrikan smartphone asal Findlandi ini dengan tegas menyatakan bahwa mereka ingin penggunanya dapat memakai Nokia XR20 hingga 2025. Lalu, berapa harganya? Smartphone ini dijual mulai dari harga €499 atau Rp8,5 juta (4 GB/64 GB). Apakah jadi smartphone yang menarik untuk kalian?

Comments

Harga HP Terbaru

Harga HP2 days ago
Harga dan Spesifikasi Redmi 10

Xiaomi secara resmi telah memboyong smartphone entry-level terbarunya ke pasar Indonesia. Smartphone tersebut adalah Redmi 10 yang datang sebagai "Jagoannya...

Harga HP6 days ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy A52s 5G

Meramaikan pasar smartphone 5G, Samsung membuat kejutan dengan meluncurkan Galaxy A52s 5G. Smartphone ini ditenagai Snapdragon 778G dan dijual seharga...

Harga HP1 month ago
Harga dan Spesifikasi POCO X3 GT

POCO kembali membuat gebrakan dengan meluncurkan POCO X3 GT di pasar Indonesia. Smartphone ini dijual mulai dari harga Rp4.399.000 dan...

Harga HP1 month ago
Harga dan Spesifikasi realme GT Master Edition

Di pasar smartphone 5G, realme punya amunisi baru, yakni realme GT Master Editition. Smartphone ini sudah melenggang resmi di Indonesia...

Harga HP2 months ago
Harga dan Spesifikasi POCO M3 Pro 5G

POCO secara resmi telah meluncurkan smartphone terbarunya di pasar Indonesia. Smartphone tersebut adalah POCO M3 Pro 5G yang ditenagai SoC...

Harga HP3 months ago
Harga dan Spesifikasi realme 8 5G

realme membuat kejutan di pasar smartphone 5G di Indonesia dengan meluncurkan realme 8 5G. Smartphone yang ditenagai Dimensity 700 ini...

Harga HP3 months ago
Harga dan Spesifikasi Xiaomi Mi 11 Lite

Mi 11 Lite adalah seri Mi 11 terbaru yang telah diluncurkan oleh Xiaomi di pasar Indonesia. Punya desain yang begitu...

Harga HP3 months ago
Harga dan Spesifikasi ASUS ROG Phone 5 Series

ASUS secara resmi telah memasarkan ASUS ROG Phone 5 di pasar Indonesia. Smartphone yang ditenagai Snapdragon 888 ini dijual mulai...

Aplikasi DroidLime

Get it on Google Play

Populer