Connect with us
ROG Zephyrus Duo 15 SE
Berita

Nokia X10 dan Nokia X20 Diperkenalkan Sebagai Smartphone 5G Terjangkau

HMD Global beberapa waktu lalu telah membuat gebrakan dengan memperkenalkan smartphone 5G yang bakal dijual dengan harga terjangkau. Smartphone tersebut adalah Nokia X10 dan Nokia X20.

Updated

Bersama dengan Nokia G Series dan C Series terbaru, HMD Global secara resmi juga telah memeperkenalkan Nokia X Series terbaru. Ada dua yang diperkenalkan, yakni Nokia X10 dan Nokia X20. Menariknya, kedua smartphone tersebut datang sebagai perangkat 5G dengan harga terjangkau.

Baik Nokia X10 maupun Nokia X20, keduanya memiliki spesifikasi yang sama persis kecuali untuk kamera, penyimpanan internal, dan warna. Jadi, mari kita lihat bersama seluruh spesifikasi, fitur, harga, dan ketersediaan kedua smartphone tersebut.

Nokia X10 dan Nokia X20 yang baru diluncurkan datang dengan bodi polikarbonat. Keduanya memamerkan panel layar LCD berukuran 6,67 inci di bagian depan dan memiliki resolusi 2.400 x 1.080 piksel (FHD+), aspek rasio 20:9, tingkat kecerahan mencapai 450 nits, dan sebuah punch-hole di tengah.

Duo smartphone ini didukung oleh chipset yang sama, yakni Snapdragon 480 dari Qualcomm. Nokia X10 datang dengan RAM 4 GB/64 GB dan penyimpanan internal 64 GB/128 GB. Di sisi lain, Nokia X20 hadir dengan RAM 6 GB/8GB dan penyimpanan internal 128GB.

Pada panel belakang, HMD Global menyematkan pengaturan quad-camera ZEISS yang dilengkapi lensa yang terdiri dari unit ultra-wide 5 MP, makro 2 MP, dan sensor kedalaman 2 MP. Satu-satunya perbedaan adalah sensor utama yang disematkan. Nokia X10 punya kamera utama 48 MP, sedangkan Nokia X20 dengan kamera utama 64 MP.

Begitu pula dengan kamera depannya untuk kebutuhan foto selfie, keduanya juga berbeda. Nokia X10 memiliki sensor 8 MP, sedangkan Nokia X20 menggunakan kamera 32 MP. Di sisi konektivitas, kedua smartphone ini mendukung 5G, WiFi dual-band, Bluetooth 5.0, GPS, dan NFC.

Mereka juga menyertakan semua sensor yang diperlukan, seperti akselerometer, sensor cahaya sekitar, kompas, sensor jarak, dan giroskop. Fitur lainnya termasuk slot kartu microSD, jack headphone 3.5mm, port USB Type-C, kunci Google Assistant khusus, dan sensor sidik jari yang dipasang di samping.

Sedangkan untuk perangkat lunak, keduanya menjalankan Android 11 (Android One). HMD Global menjanjikan 3 tahun pembaruan Android dan 3 tahun patch keamanan bulanan untuk handset ini. Selanjutnya, ponsel ini didukung oleh baterai 4.470 mAh dengan dukungan pengisian cepat 18W.

Namun tidak seperti smartphone anggaran lainnya di segmen yang sama, dalam paket penjualannya tidak disediakan pengisi daya alias kepala charger. Berbicara tentang dimensi, keduanya berukuran 168,94 x 79,7 x 9,1 mm tetapi Nokia X10 sedikit lebih ringan di 210 gram dibandingkan dengan Nokia X20 yang memiliki bobot 220 gram.

Terakhir, keduanya masing-masing hadir dalam dua warna pilhan. Nokia X10 datang dengan pilihan warna Forest dan Snow. Sementara, Nokia X20 datang dengan pilihan warna Midnight Sun dan Nordic Blue. Kedua smartphone ini akan dijual dipasar global dengan harga € 309 (Rp5,4 juta – Nokia X10) dan € 349 (Rp6,1 juta – Nokia X20).

HMD Global akan lebih dulu meluncurkan Nokia X20, yakni akan diluncurkan kepasaran pada bulan Mei. Selanjutnya akan diikuti peluncuran Nokia X10 pada bulan Juni. Apakah smartphone ini akan masuk resmi ke Indonesia? Kita tunggu saja informasi selanjutnya dari HMD Global.

Comments

Harga HP Terbaru

Harga HP1 week ago
Harga dan Spesifikasi POCO X3 Pro

POCO X3 Pro secara resmi telah tiba di pasar Indonesia. Smartphone kelas menengah ini datang dengan chipset Snapdragon 860 dan...

Harga HP3 weeks ago
Harga dan Spesifikasi realme 8/realme 8 Pro

realme kembali membuat gebrakan di pasar Indonesia dengan memperkenalkan realme 8 dan realme 8 Pro. Datang sebagai smartphone realme "series...

Harga HP4 weeks ago
Harga dan Spesifikasi Xiaomi Redmi Note 10/Note 10 Pro

Xiaomi di akhir bulan Maret lalu kembali membuat kejutan di pasar smartphone Indonesia dengan meluncurkan Redmi Note 10 Series. Ada...

Harga HP1 month ago
Harga dan Spesifikasi OPPO Reno5 F

OPPO melengkapi lini OPPO Reno5 series dengan menghadirkan OPPO Reno5 F di pasar Indonesia. Smartphone yang ditujukan untuk kelas menengah...

Harga HP1 month ago
Harga dan Spesifikasi Xiaomi Mi 11

Pada pertengahan bulan Maret ini Xiaomi telah meluncurkan Mi 11 di pasar Indonesia. Ya! Smartphone pertama di Indonesia yang dibekali...

Harga HP2 months ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy A52 | Galaxy A72

Dua Galaxy A Series terbaru dari Samsung yang menyasar pengguna gadget kelas menengah ke atas sudah mendarat di Indonesia. Kedua...

Harga HP2 months ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy A32

Samsung sudah memperkenalkan Galaxy A32 di pasar Indonesia. Smartphone kelas menengah ini tiba dengan dukungan chipset Helio G80 dari MediaTek,...

Harga HP2 months ago
Harga dan Spesifikasi realme narzo 30A

realme narzo 30A secara resmi telah tersedia di pasar Indonesia sejak awal Maret 2021. Smartphone yang ditenagai chipset Helio G85,...

Aplikasi DroidLime

Get it on Google Play

Populer