Connect with us
ZenBook-13-14
Berita

Nokia 9.3 PureView Dikabarkan Batal Meluncur di Akhir Tahun 2020

Informasi yang datangnya dari Nokia anew (@nokia_anew) menyebutkan bahwa Nokia 9.3 PureView tidak akan diluncurkan pada tahun ini. Diperkirakan smartphone flagship ini akan meluncur paruh pertama tahun depan.

Updated

Lebih dari satu tahun, HMD Global tidak menelurkan smarphone Nokia Series andalan. Sementara, pabrikan smartphone lainnya meluncurkan setidaknya dua smartphone unggulan setiap tahunnya. Smartphone andalan terakhir yang diluncurkan oleh HMD Global adalah Nokia 9 PureView.

Ada sejumlah laporan yang menyebutkan bahwa HMD Global sedang mengerjakan flagship terbaru yang disebut Nokia 9.3 PureView. Tidak hanya menawarkan dukungan chipset yang jauh lebih kuat, smartphone ini juga diharapkan datang dengan kemampuan kamera yang sudah ditingkatkan.

Rumor terakhir menyebutkan bahwa Nokia 9.3 PureVew akan diumumkan pada bulan Desember setelah beberapa kali mengalami penundaan. Namun, laporan terbaru yang tidak kalah mengejutkan bahwa smartphone flagship tersebut tidak akan diluncurkan di akhir tahun ini.

Informasi tersebut datang dari Nokia anew (@nokia_anew). Lewat akun Twitter miliknya, Nokia anew berbagi informasi yang menyebutkan bahwa Nokia 9.3 PureView tidak akan diluncurkan tahun ini karena pengumumannya telah ditunda hingga paruh pertama tahun depan.

Postingan itu pun langsung disambut banyak balasan dan salah satu balasan yang ada mengaakan bahwa informasi ini bukan lelucon karena mereka telah menerima konfirmasi. Dinyatakan juga bahwa tanggal (bulan) terbaru mengenai peluncuran smarphone tersebut belum bisa diketahui.

Meskipun informasi di atas adalah laporan yang belum dikonfirmasi dan harus dipahami dengan hati-hati, tidak mengherankan jika itu ternyata benar. Smartphone yang diharapkan akan ditenagai oleh Snapdragon 865 telah ditunda lebih dari satu kali, jadi penundaan ini bukanlah hal yang aneh.

Sebelumnya tidak sedikit pembocor ternama yang menyebutkan bahwa Nokia 9.3 PureView akan memulai debutnya pada bulan Desember 2020, bersama dengan Nokia 7.3 dan Nokia 6.3. Namun, kehadiran smartphone tersebut kembali tertunda sehingga meluncur pada tahun depan.

Penundaan ini tentunya bukan tanpa alasan dan diperkirakan bahwa HMD Global mungkin akan membuat perubahan besar pada Nokia 9.3 PureView, terutama pada spesifikasinya. Jika memang pabrikan smartphone asal Findlandia ini sedang melakukan perubahan besar, kita berharap Nokia 9.3 PureView akan datang dengan chipset Snapdragon 875.

Jika spekulasi tersebut tepat, Nokia 9.3 PureView kemungkinan besar akan tiba di paruh pertama tahun depan. Tentu saja, hal ini juga mengingat ketersediaan chipset andalan Qualcomm  yang akan jadi mesin penggeraknya serta beberapa komponen pendukung lainnya.

Namun, jika keputusan untuk memindahkan tanggal didasarkan pada Desember bukan waktu yang tepat, maka smartphone tersebut akan tiba awal tahun depan dengan Snapdragon 865. Itu bukan hal yang aneh mengingat Nokia 9 PureView diluncurkan pada 2019 dengan chipset andalan tahun 2018.

Jika HMD Global tidak mau kehilangan muka dari pasar smartphone flagship, mereka harus segera bergerak cepat. Kecuali jika rencana jangka panjang yang dimilikinya adalah terus membuat fitur phone, smarphone untuk entry-level dan kelas menengah.

Comments

Harga HP Terbaru

Harga HP3 hours ago
Harga dan Spesifikasi POCO M3

POCO, yang sekarang telah menjadi brand independen dari Xiaomi baru saja meluncurkan POCO M3 di pasar Indonesia. Datang sebagai smartphone...

Harga HP1 day ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy S21 Ultra

Galaxy S21 Ultra adalah seri Galaxy S21 tertinggi yang diperkenalkan oleh Samsung bersama Galaxy S21 dan S21+. Smartphone ini juga...

Harga HP6 days ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy S21 & S21+

Samsung Galaxy S21 dan S21+ secara resmi sudah hadir di pasar Indonesia. Smartphone ini datang dengan RAM 8 GB, ROM...

Harga HP2 weeks ago
Harga dan Spesifikasi OPPO Reno5

Dipasar Indonesia OPPO kembali membuat kejutan dengan meluncurkan OPPO Reno5. Smartphone yang masih ditenagai Snapdragon 720G ini menitikberatkan pada sektor...

Harga HP4 weeks ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy A12

Samsung kembali membuat kejutan di pasar Indonesia dengan meluncurkan Galaxy A12. Smartphone yang ditenagai Helio P35 ini dibanderol seharga Rp2...

Harga HP3 months ago
Harga dan Spesifikasi realme narzo 20 Pro

Amunisi terbaru dari realme untuk memanjakan para realme Fans yang gemar bermain game mobile, realme telah meluncurkan realme narzo 20...

Harga HP3 months ago
Harga dan Spesifikasi POCO X3 NFC

Xiaomi di pasar Indonesia sudah secara resmi memperkenalkan POCO X3 NFC. Smartphone mid-range dengan dukungan NFC ini datang ditenagai chipset...

Harga HP3 months ago
Harga dan Spesifikasi realme 7 Pro

Di pasar Indonesia realme kembali memperkenalkan smartphone mid-range terbarunya, realme 7 Pro. Smartphone ini telah dibekali chipset Snapdragon 720G, RAM...

Aplikasi DroidLime

Get it on Google Play

Populer