Connect with us
UM3406
Berita

Microsoft Luncurkan Windows 11 SE, Dirancang Khusus untuk Pelajar

Microsoft kembali membuat kejutan dengan mengumumkan versi baru dari sistem operasi Windows 11 yang dirancang untuk berjalan pada laptop murah. Ya! Sistem operasi tersebut adalah Windows 11 SE.

Updated

Microsoft belum lama ini secara resmi telah mengumumkan kehadiran sistem operasi Windows 11. Nah! Raksasa teknologi yang berbasis di Redmon, Amerika Serikat itu kembali membuat kejutan dengan mengumumkan versi baru dari sistem operasi Windows 11 yang dirancang untuk berjalan pada laptop murah.

Ya! Sistem operasi tersebut adalah Windows 11 SE, yang dirancang khusus untuk siswa dan sekolah. Windows 11 SE adalah versi sederhana dari sistem operasi Windows 11 biasa dan sistem operasi tersebut disebutkan oleh Microsoft untuk menargetkan siswa K-8.

Microsoft juga menginformasikan bahwa sudah ada beberapa pabrikan laptop yang bersedia memproduksi perangkatnya dan berjalan dengan Windows 11 SE. Beberapa pabrikan laptop tersebut antara lain adalah ASUS, HP, Acer, Dell dan lainnya.

Microsoft berusaha untuk fokus pada kesederhanaan dan dioptimalkan untuk berjalan pada perangkat keras entri level dan dijual dengan harga terjangkau. Tidak ada Microsoft Store untuk menginstal aplikasi tetapi aplikasi Win32 dan Universal dapat digunakan di perangkat.

Administrator memiliki kontrol eksklusif atas aplikasi apa yang diinstal dan dijalankan di laptop Windows 11 SE melalui Microsoft Intune for Education. Sistem operasi ini juga telah menghapus beberapa fitur dari Windows 11 standar untuk menciptakan pengalaman yang lebih ramping dan bebas gangguan.

Ini bukan pertama kalinya Microsoft meluncurkan versi sederhana dari sistem operasi Windows biasa. Sebelumnya, perusahaan juga telah meluncurkan Windows 10 S yang disederhanakan untuk keamanan dan kinerja, sambil memberikan pengalaman yang akrab.

Sebelumnya, Microsoft juga dikabarkan telah mengerjakan versi modern terbaru dari OS Windows, yang dijuluki sebagai Windows 10X. Sistem operasi ini fokus pada perangkat layar ganda, tetapi Microsoft akhirnya membatalkan sistem operasi tersebut untuk diluncurkan.

Aaron Woodman, General Manager Windows Microsoft, mengatakan bahwa Windows 11 SE terbaru ini lebih fokus pada pemecahan masalah tertentu. Ya! Juga dikatakan bahwa Windows 11 SE adalah cara Microsoft untuk dapat menciptakan pengalaman OS yang ideal bagi siswa dan guru.

Dengan sistem operasi versi baru ini, Microsoft secara langsung akan bersaing dengan Google yang menciptakan Chrome OS. Seperti yang kita tahu, Chrome OS hadir untuk mendukung Chromebook yang saat telah diadopsi di banyak sekolah dan ditawarkan kepada siswa.

Satu hal yang perlu dicatat, bahwa Windows 11 dalam S Mode masih ada dan memungkinkan pengguna untuk beralih ke sistem Windows 11 normal, sementara Windows 11 SE dimaksudkan untuk dijalankan secara ketat di sekolah pada perangkat keras yang dikelola oleh administrator sekolah.

Surface Laptop SE, seharga US$ 249 (Rp3,5 juta) adalah perangkat pertama yang menjalankan sistem operasi Windows 11 SE terbaru ini. Tetapi akan ada perangkat dari pabrikan lain yang dijual mulai dari US$ 219 (Rp3 juta) dan akan diluncurkan hingga sisa tahun ini dan hingga 2022. Kita tunggu saja!

Comments

Harga HP Terbaru

Berita3 weeks ago
Mengusung Banyak Fitur Keren, Berikut Spesifikasi Reno 12 Pro 5G

Oppo kembali menghadirkan smartphone dengan spek tinggi. Salah satunya adalah Oppo Reno 12 Pro 5G dengan performa yang bisa diandalkan....

Harga HP8 months ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy M34 5G

Gebrakan terbaru yang ditunjukkan oleh Samsung di pasar smartphone Indonesia adalah meluncurkan Galaxy M34 5G. Smartphone ini dipasarkan dengan harga...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi POCO F5

Datang sebagai smartphone flagship, POCO F5 hadir ditujukan untuk para gamer, penggiat fotografi, dan tech lovers.

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi vivo Y36

vivo kembali membuat kejutan di pasar smartphone Indonesia dengan meluncurkan vivo Y36. Smartphone yang membawa segudang daya tarik ini dibanderol...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy A54 5G

Galaxy A54 5G sudah hadir resmi di Indonesia. Bagi kalian yang tertarik meminang smartphone ini, Galaxy A54 5G datang dengan...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi Redmi Note 12 Pro 5G

Xiaomi kembali menggebrak pasar Indonesia pada akhir bulan Maret lalu dengan meluncurkan Redmi Note 12 Pro 5G. Smartphone kelas menengah...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi OPPO Reno8 T 5G

Pada bulan Maret 2023 lalu OPPO telah secara resmi meluncurkan OPPO Reno8 T 5G di pasar Indonesia. Smartphone mid-range ini...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi realme C55 NFC

realme secara resmi telah memasarkan realme C55 NFC di Indonesia sejak awal Maret 2023. Smartphone entry-level ini membawa banyak fitur...

Aplikasi DroidLime

Get it on Google Play

Populer