Connect with us
ROG
Berita

MediaTek Umumkan Kehadiran Dimensity 1000

Meramaikan pasar System-on-Chip dengan kemampuan 5G, MediaTek membuat kejutan dengan mengahdirkan Dimensity 1000. Ya! Digadang-gadang, inilah SoC 5G paling canggih di dunia.

Updated

MediaTek baru saja mengumumkan SoC terbarunya, Dimensity. Ya! Ini adalah keluarga SoC 5G yang diklaim canggih oleh MediaTek dan menawarkan kombinasi serangkaian inovasi konektivitas, multimedia, kecerdasan buatan alias AI dan pencitraan untuk smartphone flagship.

Keluarga chipset MediaTek Dimensity 5G menghadirkan kecerdasan dan kecepatan untuk memberdayai perangkat-perangkat 5G di seluruh dunia. Dimensity merupakan sebuah langkah maju di era baru mobilitas yang bertujuan untuk mendorong inovasi industri dan memungkinkan konsumen membuka berbagai kemungkinan konektivitas 5G.

Dimensity 1000 merupakan SoC mobile 5G MediaTek pertama dalam keluarga chipset 5G-nya. Solusi chip 5G tunggal, dengan modem 5G terintegrasi, merupakan gabungan luar biasa akan berbagai teknologi canggih di dalam sebuah chip 7nm dan disetel untuk kinerja 5G.

 

“Seri Dimensity kami merupakan ujung dari investasi MediaTek dalam 5G dan memposisikan kami sebagai pemimpin yang mendorong pengembangan dan inovasi 5G. Teknologi 5G kami berpacu dengan siapa saja di industri ini,” kata Joe Chen, President, MediaTek.

Lebih lanjut Joe Chen juga menegaskan bahwa SoC pertama dari keluarga Dimensity yang diumumkan oleh MediaTek adalah Dimensity 1000. Dijanjikan, Dimensity 1000 bakal memberikan banyak konsumen sebuah pengalaman mobile yang secara signifikan lebih cepat, lebih cerdas dan luar biasa.

Lantas, kapan SoC Dimensity 5G akan mulai diimplementasi ke dalam perangkat. Lewat rilis yang diterima oleh DroidLime, MediaTek menegaskan bahwa beberapa perangkat awal yang akan mengguanakan Dimensity akan mulai hadir di pasar pada kuartal pertama tahun depan.

Dijanjikan, seri Dimensity juga akan mengintegrasikan modem 5G MediaTek dalam sebuah desain yang sangat praktis, namun bisa menghasilkan penghematan daya yang signifikan dibandingkan beberapa solusi pesaing. Selain itu, SoC 5G Dimensity 1000 juga mendukung dua agregasi carrier 5G (2CC CA).

Penawaran lainnya adalah kecepatan throughput hingga 4,7 Gbps untuk downlink dan 2,5 Gbps untuk uplink di jaringan sub-6GHz. Chipset ini juga dirancang untuk mendukung jaringan sub-6GHz stand alone (SA/NSA), dan memiliki dukungan multi-mode untuk semua generasi konektivitas selular mulai dari 2G hingga 5G.

Daya tarik lainnya, chipset ini juga akan mengintegrasikan beberapa standar termutakhir, menckup Wi-Fi 6 dan Bluetooth 5.1+ untuk konektivitas nirkabel lokal tercepat dan paling efisien. Dimensity 1000 menggabungkan empat  core ARM Cortex-A77 dengan clock speed 2,6 GHz ditambah empat core ARM Cortex-A55 dengan clock speed 2 GHz.

Desain seperti itu diklaim oleh MediaTek mampu menghasilkan keseimbangan optimal antara kinerja tinggi dan irit daya. Chipset ini juga merupakan yang pertama di dunia yang menggunakan GPU ARM Mali-G77 untuk kebutuhan streaming dan permainan game bebas lag di kecepatan 5G.

MediaTek juga memperkaya Dimensity 1000 dengan AI Processing Unit terbaru dari MediaTek, yakni yang disebut sebagai APU 3.0. Diklaim oleh MediaTek, APU 3.0 ini memiliki kinerja lebih cepat dua kali dari APU generasi sebelumnya. Ya! APU 3.0 mampu menghasilkan dorongan kinerja signifikan sebesar 4,5 TOPS.

Comments

Harga HP Terbaru

Harga HP2 weeks ago
Harga dan Spesifikasi Redmi 9

Memanjakan penggemar gadget entry-level, Xiaomi secara resmi telah memperkenalkan Redmi 9. Smartphone ini pun sudah melenggang di pasar Indonesia sejak...

Harga HP2 weeks ago
Harga dan Spesifikasi Huawei nova 7 5G

Setelah memanjakan pengguna gadget kelas atas dengan menghadirkan Huawei P40 Series, Huawei satu pekan lalu membuat kejutan dengan meluncurkan Huawei...

Harga HP1 month ago
Harga dan Spesifikasi realme C11

realme kembali memperlihatkan komitmennya untuk memanjakan penggemar gadget di Indonesia. Terbaru, realme telah memperkenalkan ponsel pintar entry-level yang dipanggil dengan...

Harga HP1 month ago
Harga dan Spesifikasi Nokia 5.3

Tanpa gembar-gembor, HMD Global telah memboyong Nokia 5.3 ke pasar Indonesia. Smartphone yang ditenagai chipset Snapdragon 665 ini dibanderol dengan...

Harga HP2 months ago
Harga dan Spesifikasi realme Narzo

Tidak hanya meluncurkan realme X3 SuperZoom, realme di pasar Indonesia juga merilis realme Narzo. Ditawarkan seharga Rp2 jutaan, realme Narzo...

Harga HP2 months ago
Harga dan Spesifikasi realme X3 SuperZoom

realme X3 SuperZoom sudah mendarat di pasar Indonesia. Smartphone yang ditenagai Snapdragon 855+ ini datang dengan dukungan RAM 12 GB...

Harga HP2 months ago
Harga dan Spesifkasi Redmi Note 9 dan Redmi Note 9 Pro

Xiaomi resmi memboyong Redmi Note 9 dan Redmi Note 9 Pro ke pasar Indonesia. Kedua smartphone ini diklaim oleh Xiaomi...

Harga HP2 months ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy A21s

Samsung kembali membuat kejutan di pasar Indonesia dengan meluncurkan Galaxy A21s. Ditenagai Exynos 850, smartphone ini hadir untuk menjangkau konsumen...

Aplikasi DroidLime

Get it on Google Play

Populer