Connect with us
FX507Z
Berita

MediaTek dan TSMC Berhasil Meramu Chipset dengan Fabrikasi 3nm

Chipset 3nm hasil kolaborasi MediaTek dan TSMC tersebut direncanakan sebagai System-on-Chip (SoC) yang bakal ditempatkan ke dalam keluarga Dimensity.

Updated

MediaTek dan TSMC kembali membuat kejutan dengan mengumumkan keberhasilannya dalam menciptakan chipset pertamanya yang menggunakan teknologi fabrikasi 3nm. Chipset tersebut direncanakan sebagai System-on-Chip (SoC) yang bakal ditempatkan ke dalam keluarga Dimensity.

Namun, bagi kalian yang bertanya, kapan chipset tersebut bisa dirasakan performanya secara langsung oleh konsumen? MediaTek melalui rilis yang diterima oleh Droidlime hanya menyebutkan bahwa chipset tersebut akan diproduksi masal di tahun 2024.

Ya! Capaian ini menandai tonggak penting kemitraan strategis jangka panjang antara MediaTek dan TSMC. Keduanya mengerahkan kekuatan dan keahlian masing-masing dalam mendesain dan memproduksi chipset, di mana sama-sama menghasilkan SoC andalan.

MediaTek juga sesumbar bahwa chipset rancangannya ini bersama TSMC diklaim memiliki fitur-fitur berkinerja tinggi dan hemat energi serta mendukung ragam perangkat terkini. Teknologi 3nm TSMC mampu memberikan peningkatan kinerja, daya, dan hasil akhirnya yang sangat optimal.

“Kami berkomitmen terhadap visi kami dalam menggunakan teknologi tercanggih di dunia guna menghasilkan produk-produk mutakhir. Harapannya, kehadiran chipset ini dapat menjadikan kehidupan kita semakin lebih bermakna,” kata Joe Chen, President of MediaTek.

Lebih jauh, Chen menegaskan bahwa dengan kemampuan produksi TSMC yang konsisten dan berkualitas tinggi, ini memungkinkan MediaTek menampilkan desain superiornya dalam sebuah chipset andalan, yang menawarkan kinerja tertinggi, dan solusi berkualitas kepada pelanggan.

Sementara itu, Dr. Cliff Hou, Senior Vice President of Europe and Asia Sales di TMSC menyebutkan bahwa kolaborasi antara MediaTek dan TSMC pada SoC Dimensity 3nm menegaskan kekuatan teknologi proses semikonduktor tercanggih di industri yang dapat diakses hanya dengan ponsel pintar.

“Selama bertahun-tahun, kami telah bekerja sama dengan MediaTek untuk menghadirkan banyak inovasi signifikan ke pasar teknologi. Karena itu, kami merasa terhormat untuk melanjutkan kemitraan kami hingga generasi 3nm dan seterusnya,” ucap Cliff Hou.

Dibandingkan dengan proses N5 TSMC, teknologi 3nm hasil kolaborasi MediaTek dan TSMC ini menawarkan kecepatan yang lebih meningkat, yakni sebesar 18% daya yang sama, atau pengurangan daya sebesar 32% pada kecepatan yang sama, dan penambahan 60% logic density.

SoC Dimensity MediaTek, yang dibangun dengan teknologi terdepan di industri, dirancang untuk memenuhi kebutuhan pengalaman pengguna yang terus meningkat untuk komputasi seluler, konektivitas berkecepatan tinggi, kecerdasan buatan, dan multimedia.

Chipset andalan pertama MediaTek yang menggunakan 3nm TSMC diharapkan dapat tertanam di sejumlah perangkat ponsel pintar, tablet, mobil pintar, dan berbagai perangkat lainnya mulai paruh kedua 2024. Jadi, kita tunggu saja kehadiran secara resmi chipset 3nm tersebut!

Comments

Harga HP Terbaru

Harga HP7 months ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy M34 5G

Gebrakan terbaru yang ditunjukkan oleh Samsung di pasar smartphone Indonesia adalah meluncurkan Galaxy M34 5G. Smartphone ini dipasarkan dengan harga...

Harga HP11 months ago
Harga dan Spesifikasi POCO F5

Datang sebagai smartphone flagship, POCO F5 hadir ditujukan untuk para gamer, penggiat fotografi, dan tech lovers.

Harga HP12 months ago
Harga dan Spesifikasi vivo Y36

vivo kembali membuat kejutan di pasar smartphone Indonesia dengan meluncurkan vivo Y36. Smartphone yang membawa segudang daya tarik ini dibanderol...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy A54 5G

Galaxy A54 5G sudah hadir resmi di Indonesia. Bagi kalian yang tertarik meminang smartphone ini, Galaxy A54 5G datang dengan...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi Redmi Note 12 Pro 5G

Xiaomi kembali menggebrak pasar Indonesia pada akhir bulan Maret lalu dengan meluncurkan Redmi Note 12 Pro 5G. Smartphone kelas menengah...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi OPPO Reno8 T 5G

Pada bulan Maret 2023 lalu OPPO telah secara resmi meluncurkan OPPO Reno8 T 5G di pasar Indonesia. Smartphone mid-range ini...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi realme C55 NFC

realme secara resmi telah memasarkan realme C55 NFC di Indonesia sejak awal Maret 2023. Smartphone entry-level ini membawa banyak fitur...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi POCO X5 5G

Bulan Februari lalu POCO secara resmi telah meluncurkan POCO X5 5G di pasar Indonesia. Smartphone kelas menengah ini datang dengan...

Aplikasi DroidLime

Get it on Google Play

Populer