Connect with us
FX516
Berita

LINE Creators Market Jadi “Tambang Emas” Para Kreator Stiker Indonesia

Melalui LINE Creators Market kini hasil karya anak bangsa dapat dinikmati di luar negeri. Selain itu, para pekerja seni digital juga bisa mendapatkan penghasilan hingga ratusan juta rupiah.

Updated

Perubahan pola hidup ke arah digital yang terjadi di masa pandemik secara tidak langsung memberikan ruang terhadap proses kreatifitas untuk memanfaatkan waktu dan mengasah talenta. LINE menjadi salah satu platform yang menghargai bentuk kreativitas dan memberikan ruang para kreator muda untuk berkarya.

LINE hadir di Indonesia pada tahun 2013, bersamaan itu diluncurkan pula salah satu fitur yang menjadi ciri khas pertukaran pesan, yaitu LINE Stickers, yang memungkinkan pengguna berekspresi dengan berbagai macam karakter yang ditawarkan.

Dalam perkembangannya, LINE Stickers merupakan gambar statis di awal kehadirannya, kemudian berkembang dengan efek animasi, memiliki suara, pop up, hadir dalam berbagai ukuran dan custom/text sticker. LINE Stickers kini sudah bekerjasama dengan beberapa pemegang lisensi internasional seperti Disney, Nickelodeon, dan lain-lain.

Selain itu, ekosistem LINE Stickers juga memungkinkan kreator untuk dapat memperkenalkan karyanya ke masyarakat dan mendapatkan penghasilan. Keberadaan profesi kreator seperti saat ini tentu saja menjadi sebuah profesi yang menjanjikan.

LINE Creators Market diluncurkan tahun 2014 dan pada 2016 bekerjasama dengan Bekraf/Kemenparekraf, LINE Indonesia menyelenggarakan LINE CREATIVATE. Ini merupakan sebuah ajang untuk memberikan edukasi mengenai proses monetisasi dan profesi sebagai konten kreator.

LINE Creators Market memungkinkan sebuah karya dapat dijual ke pasar Indonesia dan luar negeri. Tahilalats dan Milk & Mocha adalah contoh dari dua kreator yang sukses memasarkan stiker karya mereka di beberapa negara seperti Thailand dan Taiwan dan diadaptasi sesuai dengan bahasa lokal negara tersebut.

Tidak hanya dua nama tersebut, banyak hasil karya Indonesia yang juga diminati di kancah Internasional, beberapa bahkan masuk dalam top rank. Kegiatan monetisasi tersebut sangat mungkin dilakukan melalui LINE Creators Market karena para kreator tersebut dapat memilih sendiri negara mana yang dituju untuk memasarkan karya mereka.

​Ekosistem yang diciptakan oleh LINE, memungkinkan para pekerja seni digital untuk dapat menjual dan mendapatkan keuntungan. Hingga saat ini Tahilalats dan Milk & Mocha tercatat telah mendapatkan penghasilan di angka ratusan juta rupiah, jumlah yang sama juga didapatkan oleh beberapa konten kreator lainnya.

LINE Creators Market telah memiliki 200 ribu kreator yang terdaftar dengan total jumlah lebih dari 2 juta stiker, 80 ribu di antara nya adalah hasil karya anak bangsa. Kesempatan untuk mendapatkan eksposure, pendapatan, dan bekerjasama dengan berbagai merek pun dapat dilakukan.

Melihat perkembangan pasar digital yang semakin cepat, melakukan kegiatan seni dengan menggunakan platform ini menjadi sebuah pekerjaan yang menjanjikan, dan LINE memiliki komitmen untuk terus dapat membantu proses tersebut.

LINE Creators Market bekerjasama dengan KATAPEL dan Bekraf/Kemenparekraf sejak tahun 2018 hingga saat ini terus melakukan pelatihan mengenai IP untuk memberikan edukasi. Beberapa kreator yang memiliki prestasi kemudian akan mendapatkan pelatihan lanjutan.

Pencarian kreator berbakat secara mandiri pun dilakukan untuk mencari karya-karya terbaru. Beberapa kompetisi LINE Stickers juga pernah diadakan bekerjasama dengan LINE CREATIVATE. Hasil karya para kreator ini pun mendapatkan eksposur di dalam aplikasi LINE sendiri.

Comments

Harga HP Terbaru

Harga HP3 days ago
Harga dan Spesifikasi Xiaomi Redmi Note 10/Note 10 Pro

Xiaomi di akhir bulan Maret lalu kembali membuat kejutan di pasar smartphone Indonesia dengan meluncurkan Redmi Note 10 Series. Ada...

Harga HP2 weeks ago
Harga dan Spesifikasi OPPO Reno5 F

OPPO melengkapi lini OPPO Reno5 series dengan menghadirkan OPPO Reno5 F di pasar Indonesia. Smartphone yang ditujukan untuk kelas menengah...

Harga HP2 weeks ago
Harga dan Spesifikasi Xiaomi Mi 11

Pada pertengahan bulan Maret ini Xiaomi telah meluncurkan Mi 11 di pasar Indonesia. Ya! Smartphone pertama di Indonesia yang dibekali...

Harga HP3 weeks ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy A52 | Galaxy A72

Dua Galaxy A Series terbaru dari Samsung yang menyasar pengguna gadget kelas menengah ke atas sudah mendarat di Indonesia. Kedua...

Harga HP3 weeks ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy A32

Samsung sudah memperkenalkan Galaxy A32 di pasar Indonesia. Smartphone kelas menengah ini tiba dengan dukungan chipset Helio G80 dari MediaTek,...

Harga HP1 month ago
Harga dan Spesifikasi realme narzo 30A

realme narzo 30A secara resmi telah tersedia di pasar Indonesia sejak awal Maret 2021. Smartphone yang ditenagai chipset Helio G85,...

Harga HP1 month ago
Harga dan Spesifikasi Redmi 9T

Xiaomi kembali memperkenalkan smartphone "enrtri level" terbaru, Redmi 9T. Membawa tagline "Jawaranya Batre Gede", Redmi 9T diperkenalkan oleh Xiami pada...

Harga HP3 months ago
Harga dan Spesifikasi POCO M3

POCO, yang sekarang telah menjadi brand independen dari Xiaomi baru saja meluncurkan POCO M3 di pasar Indonesia. Datang sebagai smartphone...

Aplikasi DroidLime

Get it on Google Play

Populer