Connect with us
ZenBook-13-14
Berita

Lei Jun: Dari Mimpi Sederhana, Xiaomi Terus Tumbuh

Xiaomi, perusahaan teknologi dengan berbagai perangkat cerdas dan Internet of Things (IoT) untuk mendukung gaya hidup, di tahun ini telah berusia 10 tahun. Merayakan ulang tahunnya itu, Lei Jun bercerita banyak tentang perjalanan Xiaomi.

Updated

Tepat di bulan Agustus 2020, Xiaomi berulang tahun yang ke-10. Merayakan ulang tahunnya itu, dimulai dengan pidato CEO dan pendirinya Lei Jun pada tanggal 11 Agustus 2020 lalu. Tema dari pidatonya sangat menarik, yakni tentang “From 10 to Infinity”.

Dalam pidatonya, orang nomor satu di Xiaomi itu menceritakan kembali perjalanan 10 tahun Xiaomi yang memulai dari awal yang sederhana hingga tumbuh menjadi perusahaan yang masuk dalam daftar Fortune Global 500. Ya! Perjalanan Xiaomi dimulai dari mimpi sederhana untuk membuat smartphone terbaik di dunia.

Tidak hanya terbaik, smartphone tersebut juga harus punya harga yang bisa dijangkauoleh konsumen. Memulai kiprah dengan meluncurkan varian dari sistem operasi Android yang dinamakan MIUI pada 16 Agustus 2010, smartphone pertamanya yakni Mi 1 baru diperkenalkan pada tanggal 16 Agustus 2011.

“Jika kami dapat menggabungkan perangkat lunak, perangkat keras, dan layanan internet, kami akan merintis jalan kami sendiri menuju kesuksesan, dan memunculkan tantangan yang disruptif,” kata Lei Jun.

Xiaomi mengawali rencana untuk membangun industri ekosistem pada tahun 2014. Enam tahun berlalu, Xiaomi kini sudah menjadi inkubator bagi 100 perusahaan ekosistem dan memasarkan lebih dari 1.000 produk yang diminati konsumen.

Sebagai perusahaan muda yang tumbuh, Xiaomi pada tahun 2013 mencatatkan pendapatan pendapatan sebanyak 20 miliar renminbi (setara dengan Rp 42,4 triliun). Pada tahun finansial 2018 mencatatkan pendapatan mencapai 174,9 miliar renminbi (setara dengan Rp 371,2 triliun) atau naik 800 persen dalam kurun waktu lima tahun.

Lei Jun dalam pidatonya juga tidak ragu berbagi mengenai masa sulit yang dihadapi oleh Xiaomi seperti anjloknya volume penjualan, menghadapi persepsi bahwa produk murah itu berarti kualitasnya rendah, hingga isu penjualan di pasar global. Masalah-masalah tersebut menjadi pelajaran sekaligus kesempatan baru untuk masa mendatang.

Beberapa pencapaian Xiaomi yang dibagikan Lei Jun dalam pidato tersebut seperti penawaran umum perdana (IPO) pada tanggal 25 April 2018, peresmian Kampus Xiaomi pada Juli 2019, serta masuk ke daftar Fortune Global 500 untuk kedua kalinya.

Karyawan PT Sat Nusapersada Tbk bernama Ellyana disebut Lei Jun dalam pidatonya. Ibu yang mengasuh tiga anaknya sendiri itu bekerja di fasilitas produksi lokal Xiaomi dan bisa mencari nafkah demi menghidupi keluarganya. “90 persen pekerja dari lini perakitan di Indonesia adalah perempuan,” katanya.

Bagian akhir dari pidato Lei Jun berisi strategi Xiaomi di masa mendatang. Pertama adalah belajar dari semangat Xiaomi saat masih menjadi perusahaan rintisan dengan memprioritaskan karyawan dan memanfaatkan setiap peluang.

Berikutnya, Xiaomi juga memanfaatkan internet semaksimal mungkin untuk memberdayakan proses produksi dengan teknologi tinggi dan tentu saja dengan otomatisasi yang lebih modern. Poin terakhir adalah bijak dalam berstrategi dengan evaluasi rutin setiap 10 tahun.

Di Indonesia, Xiaomi juga mempersiapkan perayaan ulang tahun ke-10 melalui siaran langsung yang bisa ditonton di http://bit.ly/GengJagoan tanggal 13 Agustus pukul 13.00. Bakal ada peluncuran Redmi 9A serta kejutan lainnya yang  akan diumumkan langsung oleh Country Director Xiaomi Indonesia Alvin Tse.

Comments

Harga HP Terbaru

Harga HP2 hours ago
Harga dan Spesifikasi realme 7

realme 7 secara resmi sudah hadir di pasar Indonesia. Smartphone yang dibanderol seharga Rp3 jutaan ini telah ditenagai chipset Helio...

Harga HP5 days ago
Harga dan Spesifikasi Redmi 9C

Kembali menggebrak pasar smartphone entry-level di Indonesia, Xiaomi telah meluncurkan Redmi 9C pada tanggal 9 September 2020 lalu. Smartphone yang...

Harga HP4 weeks ago
Harga dan Spesifikasi realme C12

Meramaikan pasar smartphone entry-level, realme pada pertengahan Agustus lalu telah meluncurkan realme C12. Smartphone yang ditenagai Helio G35 ini dibanderol...

Harga HP1 month ago
Harga dan Spesifikasi Redmi 9A

Melengkapi Redmi 9 yang diluncurkan pertengahan Juli lalu, Xiaomi kembali membuat kejutan dengan meluncurkan Redmi 9A di pasar Indonesia pada...

Harga HP1 month ago
Harga dan Spesifikasi OPPO Reno4

OPPO kembali menggebrak pasar smartphone kelas menengah di Indonesia dengan meluncurkan OPPO Reno4. Smartphone yang ditenagai chipset Snapdragon 720G dibanderol...

Harga HP1 month ago
Harga dan Spesifikasi vivo X50 Series

vivo secara resmi sudah memboyong vivo X50 Series ke pasar Indonesia. Ada dua model yang diperkenalkan, yakni vivo X50 dan...

Harga HP1 month ago
Harga dan Spesifikasi realme C15

Menggoyang pasar entry-level, realme belum lama ini telah merilis realme C15. Smartphone yang ditenagai chipset Helio G35 dari MediaTek ini...

Harga HP2 months ago
Harga dan Spesifikasi Redmi 9

Memanjakan penggemar gadget entry-level, Xiaomi secara resmi telah memperkenalkan Redmi 9. Smartphone ini pun sudah melenggang di pasar Indonesia sejak...

Aplikasi DroidLime

Get it on Google Play

Populer