Connect with us
UX5401ZAS-Space-Edition
Berita

Lebih Bertenaga! iPhone 14 Pro & 14 Pro Max Dicekoki A16 Bionic

Jika iPhone 14 dan 14 Plus datang dengan chipset lawas, Apple mencekoki iPhone 14 Pro dan 14 Pro Max dengan chipset yang lebih bertenaga, A16 Bionic.

Updated

Apple, raksasa teknologi yang berbasis di Amerika Serikat memang begitu piawai dalam memperkenalkan seri iPhone 14 terbarunya. Ya! Ada empat model yang diperkenalkan, yakni iPhone 14, iPhone 14 Plus, iPhone 14 Pro dan iPhone Pro Max.

Nah! Sebelumnya kalian tentunya sudah tahu mengenai iPhone 14 dan iPhone 14 Plus. Kini, giliran iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max. Duo “Pro” benar-benar mendapat pembaruan dari Apple, datang dengan kamera baru, desain punch-hole baru dan juga dukungan chipset terbaru.

Ya! iPhone 14 Pro dan 14 Pro Max hadir dengan punch-hole berbentuk tablet/pil. Selain itu, Apple juga menyelipkan fitur Always-On Display ke dalam kedua smartphone ini. Sama seperti iPhone 14 dan 14 Plus, Apple pun membekali 14 Pro dan 14 Pro Max dengan fitur Satelit.

Perubahan visual utama yang akan ditemukan oleh pengguna adalah potongan berbentuk tablet/pil di bagian atas layar. Ini lebih kecil dari poni yang lebih lama, dan fakta yang diperlihatkan oleh Apple bahwa mereka mampu menyematkan kamera 30% lebih kecil.

Tak kalah menarik, Apple juga memuat sensor jarak di bawah layar. Apple tentu saja tak bisa tidak memberi nama pada punch-hole tersebut. Ya! Sebutannya adalah Dynamic Island. Apple bermain dengan piksel hitam di sekitar punch-hole yang sebenarnya untuk menciptakan beberapa efek dinamis.

Ruang di sekitar punch-hole bisa berubah untuk memungkinkan akses yang lebih mudah ke kontrol aktivitas latar belakang yang sedang berlangsung seperti Maps atau Music atau pengatur waktu. Menariknya, aplikasi pihak ketiga juga dapat memanfaatkan area ini.

iPhone 14 Pro datang dengan layar berukuran 6,1 inci dan 6,7 inci untuk model Pro Max. Kini, tingkat kecerahan layarnya bisa mencapai 2000 nits untuk konten HDR, dan memiliki pengontrol baru yang mendukung refresh rate 1Hz. Ini berarti Always-On Display akhirnya tersedia di produk Apple.

Kamera utama di bagian belakang memiliki sensor “quad-pixel”, ini yang pertama untuk Apple tetapi agak tua di dunia Android saat ini. Sensor memiliki resolusi 48 MP, dan secara default perangkat akan memotret dalam 12 MP. Kamera memiliki aperture f/1,78, dan ukuran piksel 1,22μm.

Pengguna juga akan dimanjakan oleh sensor stabilisasi pergeseran generasi kedua, serta piksel fokus penuh. Sensor utama beresolusi tinggi memungkinkan langkah zoom perantara baru 2x di aplikasi kamera, dengan memotong dari tengah, dan sempurna untuk pemotretan Potrait Mode.

Ada juga kamera ultra-wide 12 MP terbaru di bagian belakang, dengan piksel 1,4μm. Ini mampu menghasilkan gambar yang lebih tajam, lebih detail dan juga meningkatkan bidikan makro. Terakhir, kamera telefoto 3x masih ada dan memiliki dukungan OIS.

Jika iPhone 14 dan 14 Plus harus puas ditenagai A15, Apple justru membenamkan chipset A16 Bionic ke dalam iPhone 14 Pro dan 14 Pro Max. A16 Bionic dilengkapi dengan CPU enam inti alias Hexa-core, dimana dengan dua inti kinerja dan empat inti efisiensi.

CPU secara keseluruhan diklaim 40% lebih cepat daripada pesaingnya, sementara dua inti berkinerja tinggi membutuhkan daya 20% lebih sedikit daripada yang ada di A15. Neural Engine 16-core yang disertakan dalam A16 mampu melakukan 17 triliun operasi per detik.

Sementara itu, GPU 5-core hadir dengan bandwidth memori 50% lebih tinggi. Bagi kalian yang tertarik dengan iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max, kedua model ini datang dengan pilihan warna Hitam, Perak, Emas dan Ungu Tua. Internal penyimpanannya adalah 128 GB, 256 GB, 512 GB dan 1 TB.

Pre-order dimulai digelar oleh Apple pada tanggal 9 September 2022. Harga di pasar Amerika Serikat tetap sama seperti tahun lalu, yakni iPhone 14 Pro dibanderol mulai dari US$ 999 (Rp14,9 juta), sedangkan iPhone 14 Pro Max dipasarkan mulai dari US$ 1.099 (Rp16,4 juta).

Seperti juga model iPhone 14 non-Pro (iPhone 14 & iPhone 14 Plus) yang lebih murah, Apple juga menghapus baki SIM untuk pasar Amerika Serikat. Ya! Di Negeri Paman Sam tersebut Apple hanya memasarkan iPhone 14 Pro dan 14 Pro Max mengandalkan eSIM.

Comments

Harga HP Terbaru

Harga HP4 months ago
Harga dan Spesifikasi realme narzo 50

realme narzo 50, yang digadang-gadang mengambil gaming sebagai inti dari penciptaannya. Smartphone seharga Rp2 jutaan ini tiba dengan layar serta...

Harga HP8 months ago
Harga dan Spesifikasi vivo V23 5G

vivo di awal tahun 2022 langsung membuat kejutan dengan meluncurkan vivo V23 5G. Uniknya, smartphone ini punya bodi belakang yang...

Harga HP8 months ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy S21 FE 5G

Bagi kalian yang menginginkan smartphone unggulan dan nyaman digenggam atau disimpan di saku baju dan celana, Galaxy S21 FE 5G...

Harga HP9 months ago
Harga dan Spesifikasi HUAWEI nova 9

Menjelang akhir tahun 2021, Huawei memberi kejutan kepada pasar smartphone Indonesia dengan meluncurkan HUAWEI nova 9. Smartphone kelas menengah ini...

Harga HP10 months ago
Harga dan Spesifikasi realme 8i

realme punya senjata ampuh untuk menaklukkan mereka yang menginginkan layar 120Hz, namun ditawarkan dengan harga terjangkau. Ya! realme menghadirkan realme...

Harga HP10 months ago
Harga dan Spesifikasi OPPO A95

OPPO A95 secara resmi telah meluncur di Indonesia sejak tanggal 18 November 2021 lalu. Smartphone ini membawa banyak hal baru,...

Harga HP11 months ago
Harga dan Spesifikasi Xiaomi 11T dan Xiaomi 11T Pro

Xiaomi 11T dan Xiaomi 11T Pro jadi amunisi andalan Xiaomi yang baru diluncurkan di pasar Indonesia. Keduanya datang dengan dukungan...

Harga HP11 months ago
Harga dan Spesifikasi realme GT Neo2

realme terus melakukan gebrakan di pasar Indonesia. Gebrakan terbaru yang dilakukan oleh realme adalah dengan meluncurkan realme GT Neo2 yang...

Aplikasi DroidLime

Get it on Google Play

Populer