Connect with us
UX425OPI
Berita

Kembali Hadir di Katapel MAYA 2021, LINE Beri Pelatihan IP Kreatif

Katapel Maya 2021 merupakan sebuah program workshop singkat yang diperuntukkan para kreator IP kreatif dengan tujuan meningkatkan wawasan dan pengetahuan dalam industri IP.

Updated

LINE Indonesia melalui salah satu layanan miliknya, LINE Stickers, berpartisipasi dalam ajang Katapel MAYA 2021. Dalam ajang Katapel MAYA 2021 yang digelar Danumayadipa dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI , LINE Indonesia memberikan pelatihan IP kreatif bagi para kreator di Indonesia.

Katapel Maya 2021 merupakan sebuah program workshop singkat yang diperuntukkan para kreator IP kreatif dengan tujuan meningkatkan wawasan dan pengetahuan dalam industri IP. LINE Indonesia diwakili oleh Trisnia Anchali, Chief Commercial Officer (CCO).

Dalam ajang tersebut Anchali menjelaskan manfaat LINE Creators Market yang bisa digunakan oleh para kreator di Tanah Air untuk mengembangkan IP bisnis mereka. Pun program ini juga merupakan salah satu program unggulan Kemeparekraf dalam mendorong percepatan industri ekonomi kreatif.

“Ekosistem LINE Stickers memungkinkan kreator untuk dapat memperkenalkan karyanya ke masyarakat luas baik di Indonesia maupun luar negeri. Tak hanya itu, kreator yang tergabung ke dalam ekosistem ini juga memungkinkan mereka untuk mendapatkan penghasilan,” tutur Anchali.

Dijelaskan lebih lanjut oleh Anchali bahwa keberadaan profesi kreator kini menjadi sebuah profesi yang menjanjikan. LINE Creators Market memungkinkan sebuah karya dapat dijual ke pasar Indonesia dan luar negeri. Tahilalats dan Milk & Mocha adalah contoh dari dua kreator yang sukses memasarkan stiker karya mereka di beberapa negara.

Pada Katapel MAYA 2021 ini, Anchali juga berbagi tips dan trik bagaimana sebuah karya kreator bisa memiliki kesempatan yang lebih luas untuk dikenal masyarakat. Selain itu, pemanfaatan LINE Creators Market sebagai wadah kreatif para kreator bisa dilakukan dengan mudah dan cepat.

Sejak tahun 2018 lalu, LINE Stickers bekerjasama dengan Katapel dan Kemenparekraf untuk melakukan pelatihan mengenai IP guna memberikan edukasi kepada para kreator. Beberapa kreator yang memiliki prestasi kemudian akan mendapatkan pelatihan lanjutan.

Pencarian kreator berbakat secara mandiri pun dilakukan untuk mencari karya-karya terbaru. Beberapa kompetisi LINE Stickers juga pernah diadakan bekerjasama dengan LINE CREATIVATE. Hasil karya para kreator ini pun mendapatkan eksposur di dalam aplikasi LINE sendiri.

LINE Creators Market telah memiliki 200 ribu kreator yang terdaftar dengan total jumlah lebih dari 2 juta stiker, 80 ribu di antara nya adalah hasil karya anak bangsa. Kesempatan untuk mendapatkan perhatian, pendapatan, dan kerjasama dengan berbagai merek pun dapat dilakukan.

Beberapa kreator handal di Indonesia telah bekerjasama dengan berbagai brand terkenal seperti Alfamart, Dominos Pizza, Microsoft, H&M, dan lain sebagainya. LINE Creators Market menjadi oase bagi para kreator stickers yang berkeinginan untuk mengembangkan IP mereka ke bidang-bidang lain yang lebih luas.

Pada perkembangannya, LINE Stickers merupakan gambar statis di awal kehadirannya, lalu berkembang dengan efek animasi, memiliki suara, pop up, hadir dalam berbagai ukuran dan custom/text sticker. LINE Stickers bekerjasama dengan beberapa pemegang lisensi internasional seperti Disney, Nickelodeon, Cartoon Network, dan lain-lain.

Di LINE Creators Market, banyak hasil karya Indonesia yang juga diminati di kancah Internasional, beberapa bahkan masuk dalam top rank. Kegiatan monetisasi tersebut sangat mungkin dilakukan melalui LINE Creators Market karena para kreator tersebut dapat memilih sendiri negara mana yang dituju untuk memasarkan karya mereka.

“Melihat perkembangan pasar digital yang semakin cepat, melakukan kegiatan seni dengan menggunakan platform ini menjadi sebuah pekerjaan yang menjanjikan, dan LINE memiliki komitmen untuk terus dapat membantu proses tersebut,” tutup Anchali.

Comments

Harga HP Terbaru

Harga HP1 month ago
Harga dan Spesifikasi realme narzo 50

realme narzo 50, yang digadang-gadang mengambil gaming sebagai inti dari penciptaannya. Smartphone seharga Rp2 jutaan ini tiba dengan layar serta...

Harga HP5 months ago
Harga dan Spesifikasi vivo V23 5G

vivo di awal tahun 2022 langsung membuat kejutan dengan meluncurkan vivo V23 5G. Uniknya, smartphone ini punya bodi belakang yang...

Harga HP5 months ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy S21 FE 5G

Bagi kalian yang menginginkan smartphone unggulan dan nyaman digenggam atau disimpan di saku baju dan celana, Galaxy S21 FE 5G...

Harga HP6 months ago
Harga dan Spesifikasi HUAWEI nova 9

Menjelang akhir tahun 2021, Huawei memberi kejutan kepada pasar smartphone Indonesia dengan meluncurkan HUAWEI nova 9. Smartphone kelas menengah ini...

Harga HP7 months ago
Harga dan Spesifikasi realme 8i

realme punya senjata ampuh untuk menaklukkan mereka yang menginginkan layar 120Hz, namun ditawarkan dengan harga terjangkau. Ya! realme menghadirkan realme...

Harga HP7 months ago
Harga dan Spesifikasi OPPO A95

OPPO A95 secara resmi telah meluncur di Indonesia sejak tanggal 18 November 2021 lalu. Smartphone ini membawa banyak hal baru,...

Harga HP8 months ago
Harga dan Spesifikasi Xiaomi 11T dan Xiaomi 11T Pro

Xiaomi 11T dan Xiaomi 11T Pro jadi amunisi andalan Xiaomi yang baru diluncurkan di pasar Indonesia. Keduanya datang dengan dukungan...

Harga HP8 months ago
Harga dan Spesifikasi realme GT Neo2

realme terus melakukan gebrakan di pasar Indonesia. Gebrakan terbaru yang dilakukan oleh realme adalah dengan meluncurkan realme GT Neo2 yang...

Aplikasi DroidLime

Get it on Google Play

Populer