Connect with us
ZenBook-13-14
Berita

iPhone 12 dan 12 mini Resmi Meluncur, Layar OLED dan Dukungan 5G

Setelah ditunggu-tunggu cukup lama, Apple akhirnya secara resmi meluncurkan iPhone 12 dan iPhone 12 mini. Keduanya datang dengan layar OLED dan punya dukungan konektivitas 5G.

Updated

Apple membuka pengumuman iPhone untuk tahun 2020 dengan mengumumkan kehadiran iPhone 12 dan iPhone 12 mini. Ini adalah dua iPhone terbaru dengan harga yang lebih terjangkau dan juga memiliki beberapa fitur “premium” yang biasanya hanya disediakan untuk model Pro.

Apple iPhone 12

Berbeda dengan pendahulnya, iPhone 12 kini datang dengan layar Super XDR OLED yang memiliki diagonal berukuran 6,1 inci dan resolusi 2.532 x 1.170 piksel. Dalam presentasinya, Apple menegaskan bahwa layar smartphone ini memiliki kecerahan puncak 1.200 nits, setara dengan model Pro.

Hanya saja, Apple masih mempertahankan refresh rate standar 60Hz dan notch lama yang sama. Apa yang ditingkatkan pada sektor ini adalah kaca yang menutupi layarnya. Apple menyebutnya Ceramic Shield, yang dikembangkan bersama dengan Corning, sebagai pembuat Gorilla Glass.

Apple bahkan menegaskan bahwa kaca Ceramic Shield ini memiliki “kinerja ketika dijatuhkan 4 kali lebih baik” dan “lebih tangguh dari kaca smartphone manapun”. Namun, satu hal yang menarik yang disuuhkan oleh Apple dalam presentasinya adalah dukungan konektivitas 5G.

iPhone 12 telah mendukung mmWave di Amerika Serikat serta 5G sub-6GHz yang sudah tersebar lebih luas. Bahkan Apple mengklaim bahwa mereka telah menguji kecepatan di 100 operator dan mengatakan dapat mencapai 3,5 Gbps dalam lingkungan terkontrol dan hingga 4 Gbps dalam kondisi ideal.

Lalu, bagaimana denga sektor desain yang dimiliki? Apple menggunakan desain yang lebih halus dan lebih tipis untuk iPhone 12. Handset ini 11% lebih tipis, 16% lebih ringan, dan 15% lebih kecil volumenya daripada iPhone 11. Sebagian besar pengurangan ukuran itu disebabkan oleh sisi datar iPhone 12.

Seperti pendahulunya, iPhone 12 juga hadir dalam berbagai pilihan warna yang ditawarkan. Selain Black dan White, iPhone 12 juga tersedia dalam pilihan warna Green, Product Red, dan Blue. Sisi perangkat mendapat sentuhan matte, sedangkan bagian belakangnya dibuat mengkilap, kebalikan dari model iPhone 12 Pro.

Seperti yang diharapkan oleh banyak orang, Apple A14 Bionic jadi “motor penggerak” iPhone 12. Chipset ini memiliki CPU 6-inti (2 inti bertenaga dan 4 inti efesien). Sementara, GPU 4-inti dan membawa total┬átransistor menjadi 11,8 miliar, atau sekitar 40% lebih banyak daripada A13 Bionic.

Apple mengklaim bahwa A14 Bionic 50% lebih cepat di CPU dan GPU daripada chipset smartphone lainnya. Selain itu, A14 Bionic juga dapat menghadirkan kemampuan machine learning 80% lebih cepat daripada A13 Bionic dengan dukungan yang dilaporkan untuk 11 triliun operasi per detik.

Untuk sektor kamera, iPhone telah dibekali kamera wide 12 MP terbaru dengan aperture f/1.6. Ini menjanjikan penangkapan cahaya hingga 27% lebih baik. Ada juga lensa ultra-wide 12 MP dengan aperture f/2.4. Keduanya mewarisi Smart HDR 3 terbaru dari Apple dengan white balance, tekstur, dan saturasi yang ditingkatkan.

Kamera utama memiliki dukungan OIS, sedangkan ultra-wide tidak. Baik kamera belakang maupun kamera depan kini mampu memotret gambar Mode Malam. Ya! iPhone 12 telah dilengkapi kamera depan 12 MP dengan lensa wide dan memiliki aperture f/2.2.

Seperti yang telah banyak diberitakan sebelumnya, Apple akhirnya tidak menyertakan Earpods dan pengisi daya dalam paket ritel penjalannya. Ini memungkinkan kotak ritel penjalannya menjadi lebih kecil dan tentunya akan lebih “ramah lingkungan”.

Yang terbaru di tahun ini adalah kembalinya MagSafe (nama konektor pengisian daya MacBook lama), yang memungkinkan pengisi daya nirkabel baru khusus Apple dipasang di bagian belakang iPhone 12 dan mengirimkan pengisian daya nirkabel hingga 15W.

Lantas, kapan iPhone 12 akan mulai dipasarkan? Tidak perlu menunggu lama, Apple akan membuka penawaran pre-order iPhone 12 pada tanggal 16 Oktober 2020, dengan pengiriman ke tangan konsumen mulai 23 Oktober 2020. iPhone 12 ditawarkan mulai dari harga US$ 799 (Rp11,7 juta).

Halaman ke: 1 2

Comments

Harga HP Terbaru

Harga HP6 days ago
Harga dan Spesifikasi POCO X3 NFC

Xiaomi di pasar Indonesia sudah secara resmi memperkenalkan POCO X3 NFC. Smartphone mid-range dengan dukungan NFC ini datang ditenagai chipset...

Harga HP2 weeks ago
Harga dan Spesifikasi realme 7 Pro

Di pasar Indonesia realme kembali memperkenalkan smartphone mid-range terbarunya, realme 7 Pro. Smartphone ini telah dibekali chipset Snapdragon 720G, RAM...

Harga HP2 weeks ago
Harga dan Spesifikasi OPPO Reno4 F

OPPO secara resmi sudah meluncurkan OPPO Reno4 F. Smartphone ini ditenagai oleh chipset Helio P95 dari MediaTek, RAM 8 GB...

Harga HP3 weeks ago
Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy M51

Samsung secara resmi telah meluncurkan Galaxy M51 di pasar Indonesia. Smartphone yang dibanderol seharga Rp5 jutaan ini datang dengan beberapa...

Harga HP3 weeks ago
Harga dan Spesifikasi vivo V20

vivo secara resmi telah memperkenalkan smartphone kelas menengah terbarunya, vivo V20 di pasar Indonesia. Smartphone yang punya keunggulan di sektor...

Harga HP1 month ago
Harga dan Spesifikasi realme 7

realme 7 secara resmi sudah hadir di pasar Indonesia. Smartphone yang dibanderol seharga Rp3 jutaan ini telah ditenagai chipset Helio...

Harga HP1 month ago
Harga dan Spesifikasi Redmi 9C

Kembali menggebrak pasar smartphone entry-level di Indonesia, Xiaomi telah meluncurkan Redmi 9C pada tanggal 9 September 2020 lalu. Smartphone yang...

Harga HP2 months ago
Harga dan Spesifikasi realme C12

Meramaikan pasar smartphone entry-level, realme pada pertengahan Agustus lalu telah meluncurkan realme C12. Smartphone yang ditenagai Helio G35 ini dibanderol...

Aplikasi DroidLime

Get it on Google Play

Populer