Connect with us
ASUS Oled
Berita

iPad Pro 12.9 & 11 Terbaru Datang dengan Chipset M1

Apple pada bulan April 2021 ini kembali membuat kejutan dengan meluncurkan iPad Pro 12.9 & 11 terbaru. Tablet yang punya dukungan 5G (opsional) ini ditenagai oleh chipset M1.

Updated

Tak sedikit yang mengakatakan bahwa Apple akan memperkenalkan iPad Pro terbaru dengan dukungan chipset yang mirip M1. Ya! chipset yang dibenamkan oleh Apple ke dalam iPad Pro terbaru memang M1. Dibandingkan dengan A12Z, kinerja CPU naik 50% dan GPU 40% lebih cepat.

Pengguna yang tertarik membeli tablet terbaru buatan Apple ini dapat memilih RAM hingga 16 GB dengan penyimpanan internal hingga 2 TB. Apple juga mengklaim bahwa teknologi penyimpanan internalnya dua kali lebih cepat dari generasi sebelumnya.

Apple juga terbilang cerdik untuk membuat iPad Pro terbaru semakin mirip dengan komputer. Ya! Pengguna akan mendapatkan port Thunderbolt. Port ini memiliki kecepatan transfer hingga 40 Gbps dan memungkinkan pengguna untuk menghubungkan monitor eksternal hingga resolusi 6K serta penyimpanan eksternal super cepat.

Meskipun pengguna dapat menyambungkan dengan layar eksternal, mungkin akan kesulitan untuk mengalihkan pandangannya dari layar tablet tersebut. Pasalnya, Apple telah melengkapi iPad Pro 12.9 dengan panel mini-LED (model 11 inci masih menggunakan LCD biasa) .

Apple menyebutnya sebagai layar Liquid Retina XDR, mirip dengan monitor desktop Pro Display XDR. Sangat cerah, mencapai puncak 1.600 nit dan mencapai kecerahan layar penuh 1.000 nit. Menariknya lagi, mendukung semua format pencitraan berkualitas tinggi (HDR10, Dolby Vision, dan HLG).

Inti dari layar mini-LED adalah lampu latarbelakang terbaru, yang terdiri dari 10.000 LED kecil yang dikelompokkan ke dalam 2.500 zona peredupan lokal. Sebagai perbandingan, iPad Pro 12.9 sebelumnya hanya memiliki 72 LED. Baik 11 inci maupun 12.9 inci memiliki ProMotion, alias refresh rate adaptif 120Hz.

Berbeda dengan 12.9 inci, panel layar yang ada pada varian 11 inci adalah Liquid Retina lawas, yang berarti kecerahan puncaknya hanya mencapai 600 nits. Selain itu, panel layar tersebut juga masih mendukung True Tone dan menggunakan color gamut DCI-P3.

Meskipun memiliki kemampuan untuk dapat menyaingi desktop dalam hal kinerjanya, iPad Pro terbaru tetap  merupakan produk seluler dan kedunya (12.9 inci dan 11 inci) sekarang memiliki konektivitas 5G (opsional), yang pertama untuk seri ini.

Di Amerika Serikat, ini termasuk dukungan mmWave, yang dapat mencapai 4 Gbps dalam kondisi ideal. iPad Pro terbaru dengan dukungan 5G juga memiliki eSIM, sehingga pengguna dapat dengan cepat mendaftar untuk paket terbaru.

iPad Pro terbaru memiliki kamera TrueDepth yang diperbarui dengan lensa ultra-wide 12 MP. Bidang pandang 122º memungkinkan Apple untuk membenamkan fitur yang disebut Center Stage. Fitur ini bekerja saat video call, di mana layar pada tablet dapat memperbesar dan menggeser agar pengguna tetap di tengah frame.

Sementara, kamera ganda di bagian belakang juga mendapat penyempurnaan. Modulnya terdiri dari lensa utama ultra-wide 12 MP dan 10 MP, ditambah pemindai LiDAR. Sebagian besar peningkatan sebenarnya berasal dari ISP dan NPU yang lebih cepat, yang ditemukan di dalam chipset M1.

Cara kerjanya adalah dengan mengaktifkan Smart HDR 3 dan dalam cahaya redup LiDAR membantu fokus otomatis. Tablet ini juga dapat memasukkan citra digital dan menyimpannya sebagai latar belakang untuk menciptakan lingkungan virtual yang mengesankan.

Bagi konsumen yang tertarik membeli iPad Pro 12.9 terbaru, tablet ini dijual mulai US$ 1.100 atau sekitar Rp16 juta. Untuk varian dengan konektivitas 5G, konsumen perlu menambah US$ 200 (Rp3 juta). Sementara, iPad Pro 11 terbaru dibanderol mulai dari US$ 800 atau sekitar Rp11,7 juta.

Comments

Harga HP Terbaru

Harga HP5 days ago
Harga dan Spesifikasi vivo X70 Pro 5G

Dipasar Indonesia, vivo baru saja memperbarui lini X Series yang dimilikinya dengan meluncurkan vivo X70 Pro 5G. Smartphone ini datang...

Harga HP1 week ago
Harga dan Spesifikasi Infinix ZERO X Pro

Dipasar Indonesia, Infinix baru saja memperkenalkan smartphone barunya yang masuk ke dalam lini ZERO. Ya! Smartphone tersebut adalah Infinix ZERO...

Harga HP3 weeks ago
Harga dan Spesifikasi Redmi 10

Xiaomi secara resmi telah memboyong smartphone entry-level terbarunya ke pasar Indonesia. Smartphone tersebut adalah Redmi 10 yang datang sebagai "Jagoannya...

Harga HP4 weeks ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy A52s 5G

Meramaikan pasar smartphone 5G, Samsung membuat kejutan dengan meluncurkan Galaxy A52s 5G. Smartphone ini ditenagai Snapdragon 778G dan dijual seharga...

Harga HP2 months ago
Harga dan Spesifikasi POCO X3 GT

POCO kembali membuat gebrakan dengan meluncurkan POCO X3 GT di pasar Indonesia. Smartphone ini dijual mulai dari harga Rp4.399.000 dan...

Harga HP2 months ago
Harga dan Spesifikasi realme GT Master Edition

Di pasar smartphone 5G, realme punya amunisi baru, yakni realme GT Master Editition. Smartphone ini sudah melenggang resmi di Indonesia...

Harga HP3 months ago
Harga dan Spesifikasi POCO M3 Pro 5G

POCO secara resmi telah meluncurkan smartphone terbarunya di pasar Indonesia. Smartphone tersebut adalah POCO M3 Pro 5G yang ditenagai SoC...

Harga HP3 months ago
Harga dan Spesifikasi realme 8 5G

realme membuat kejutan di pasar smartphone 5G di Indonesia dengan meluncurkan realme 8 5G. Smartphone yang ditenagai Dimensity 700 ini...

Aplikasi DroidLime

Get it on Google Play

Populer