Connect with us
ZenBook-13-14
Berita

Instagram Luncurkan Pembaruan untuk Amankan Akun yang Diretas

Sebagai aplikasi yang banyak digunakan, Instagram terus berbenah. Ya! Baru-baru ini mereka mengumumkan telah meluncurkan dua pembaruan untuk membantu pengguna mengamankan akun yang diretas olah orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Updated

Instagram memahami bahwa kehilangan akses akun Instagram merupakan pengalaman yang tidak menyenangkan. Karena itu, Instagram terus berupaya mengembangkan serangkaian fitur untuk mencegah terjadinya peretasan (hacking), serta membantu pengguna memulihkan akun mereka yang diretas.

Terkait dengan hal itu, Instagram baru-baru ini telah mengumumkan beberapa pembaruan fitur untuk mengamankan akun yang diretas. Tidak hanya membantu pengguna untuk mengambil alih akunnya, Instagram juga meluncurkan cara untuk memastikan bahwa nama akun lama pengguna tetap aman.

Uji coba kemampuan untuk memgambil alih akun yang diretas, pengguna dapat mengakses fitur ini jika Instagram mendeteksi bahwa pengguna memiliki kesulitan untuk masuk ke dalam akun Instagram miliknya. Atau pengguna mengetuk “Masalah Login?” pada halaman “Lupa kata sandi?”.

Selanjutnya, Instagram akan meminta pengguna untuk memasukkan beberapa informasi personal, seperti alamat e-mail dan nomor telepon yang terasosiasi dengan akun Instagram miliknya. Atau, pengguna juga dapat memasukkan nomor telepon miliknya yang digunakan saat mendaftar Instagram.

Setelah itu, Instagram akan mengirimkan kode 6 angka ke kontak informasi yang pengguna pilih. Dengan begitu, pengguna dapat kembali mengambil alih akses akun yang dimilikinya. Jadi, pengguna tak lagi perlu khawatir ketika akun Instagram miliknya diretas olah orang yang tidak bertanggung jawab.

Tidak berhenti sampai disitu, ketika pengguna telah berhasil mengakses akun yang dimilikinya, Instagram akan mengambil beberapa upaya tambahan. Ya! Ini dilakukan untuk memastikan agar peretas tidak dapat menggunakan kode yang dikirim ke alamat e-mail maupun nomor telepon pengguna.

Melalui uji coba fitur ini, pengguna dapat memulihkan akun mereka meskipun informasi akunnya, seperti nama akun atau kontak informasi yang terasosiasi dengan akun pengguna telah diubah oleh peretas. Dijanjikan, Instagram akan terus berupaya untuk meningkatkan fitur ini.

Dengan hadirnya fitur ini, Instagram berharap dapat memberi kemudahan bagi pengguna untuk memulihkan akun secara langsung dalam aplikasi. Dengan begitu, pengguna tak lagi repot untuk meminta bantuan dari tim operasional komunitas Instagram.

fitur lainnya yang turut dihadirkan adalah untuk memastikan nama akun lama pengguna tetap aman dan tersedia beberapa saat setelah nama akun diganti. Ini juga menjadi fitur menarik yang bakal disediakan oleh Instagram bagi pengguna Android, dan secara bertahap akan tersedia untuk perangkat iOS.

Instagram telah mengamati saat seseorang kehilangan nama akun mereka karena diretas atau mereka mengganti nama akunnya secara sengaja, nama akun lama mereka dapat diambil oleh orang lain dalam waktu yang singkat.

Oleh karena itu, Instagram meluncurkan sebuah cara untuk memastikan bahwa nama akun pengguna akan tetap aman selama beberapa waktu setelah nama akun tersebut terganti. Artinya, nama akun lama pengguna tidak dapat diambil oleh orang lain, jika mereka kehilangan akses terhadap akunnya.

Dengan fitur ini, Instagram memberikan kepastian bagi pengguna bahwa nama akun mereka tidak akan dapat diambil alih oleh orang lain setelah terganti selama beberapa saat. Dalam beberapa kasus peretasan akun bisnis maupun figur publik, fitur ini dapat mencegah munculnya akun tidak otentik di Instagram.

Baca juga

Bagi kalian yang penasaran dengan dua fitur yang saat ini masih dalam tahap uji coba itu, bisa langsung mengakses Pusat Bantuan Instagram. Ya! Disana kalian bisa memperlajari lebih lanjut seputar uji coba kemampuan untuk mengambil alih akun yang diretas serta fitur untuk menjaga nama akun.

Comments

Harga HP Terbaru

Harga HP10 hours ago
Harga dan Spesifikasi POCO X3 NFC

Xiaomi di pasar Indonesia sudah secara resmi memperkenalkan POCO X3 NFC. Smartphone mid-range dengan dukungan NFC ini datang ditenagai chipset...

Harga HP6 days ago
Harga dan Spesifikasi realme 7 Pro

Di pasar Indonesia realme kembali memperkenalkan smartphone mid-range terbarunya, realme 7 Pro. Smartphone ini telah dibekali chipset Snapdragon 720G, RAM...

Harga HP1 week ago
Harga dan Spesifikasi OPPO Reno4 F

OPPO secara resmi sudah meluncurkan OPPO Reno4 F. Smartphone ini ditenagai oleh chipset Helio P95 dari MediaTek, RAM 8 GB...

Harga HP2 weeks ago
Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy M51

Samsung secara resmi telah meluncurkan Galaxy M51 di pasar Indonesia. Smartphone yang dibanderol seharga Rp5 jutaan ini datang dengan beberapa...

Harga HP2 weeks ago
Harga dan Spesifikasi vivo V20

vivo secara resmi telah memperkenalkan smartphone kelas menengah terbarunya, vivo V20 di pasar Indonesia. Smartphone yang punya keunggulan di sektor...

Harga HP1 month ago
Harga dan Spesifikasi realme 7

realme 7 secara resmi sudah hadir di pasar Indonesia. Smartphone yang dibanderol seharga Rp3 jutaan ini telah ditenagai chipset Helio...

Harga HP1 month ago
Harga dan Spesifikasi Redmi 9C

Kembali menggebrak pasar smartphone entry-level di Indonesia, Xiaomi telah meluncurkan Redmi 9C pada tanggal 9 September 2020 lalu. Smartphone yang...

Harga HP2 months ago
Harga dan Spesifikasi realme C12

Meramaikan pasar smartphone entry-level, realme pada pertengahan Agustus lalu telah meluncurkan realme C12. Smartphone yang ditenagai Helio G35 ini dibanderol...

Aplikasi DroidLime

Get it on Google Play

Populer