Connect with us
ZenBook-13-14
Berita

Inilah Pengujian 3 Indonesia dengan 4 Aplikasi Telekonferensi

3 Indonesia telah menguji penggunaan empat aplikasi telekonferensi yang populer digunakan selama periode #DiRumahAja. Keempat aplikasi tersebut adalah Zoom, Skype, Google Hangouts dan Webex.

Updated

Dua minggu setelah imbauan untuk bekerja dan belajar dari rumah, banyak aktivitas belajar kelompok atau rapat kini dilakukan via online melalui berbagai aplikasi telekonferensi. Memang banyak aplikasi telekonferensi yang bisa digunakan seperti Google Hangouts, Zoom, atau Skype.

Agar kegiatan virtual ini dapat berlangsung lancar tanpa lag yang mengganggu, penting untuk memilih aplikasi telekonferensi dengan kebutuhan bandwidth yang rendah. Selain itu, kita juga harus pintar untuk memiliki koneksi internet yang stabil.

Setiap layanan telekonferensi memiliki kebutuhan bandwidth yang berbeda-beda, sesuai dengan fitur dan kapabilitas yang ditawarkan. Untuk membantu memilih aplikasi yang bisa kalian gunakan dalam melakukan telekonferensi dari rumah, 3 Indonesia telah melaksanakan pengujian internal terbatas pada empat layanan telekonferensi populer.

Keempat aplikasi telekonferensi yang diuji oleh 3 Indonesia adalah Zoom, Skype, Google Hangouts dan Webex. Dalam pengujan ntenal terbatas, 3 Indonesia menggunakan perangkat yang sama dalam telekonferensi selama 30 menit dengan lima partisipan.

Hasilnya dapat kalian lihat seperti grafik di atas. Bandwidth yang kecil biasanya membutuhkan data yang kecil juga, sehingga pengguna bisa menghemat konsumsi data yang digunakan untuk telekonferensi. Sementara aplikasi dengan kebutuhan bandwidth yang besar umumnya menawarkan kualitas video yang lebih baik.

Kebutuhan bandwidth setiap aplikasi dapat bervariasi pula tergantung dari perangkat elektronik yang digunakan. Dibandingkan dua minggu sebelumnya, akses terhadap keempat layanan aplikasi telekonferensi video ini juga meningkat hingga 693%, khususnya pada jam kerja.

Untuk melengkapi kebutuhan internet pelanggan, 3 Indonesia juga memiliki rangkaian produk AlwaysOn Unlimited yang memberikan kuota unlimited di jam 01.00-17.00, yang bisa digunakan untuk mengakses semua aplikasi untuk menunjang aktivitas work from home maupun school from home tanpa khawatir kehabisan kuota.

Dengan AlwaysOn Unlimited, pelanggan juga bisa bebas mengakses semua aplikasi seperti Skype, Zoom, WebEx, dan Google Hangout. Sementara, untuk kebutuhan belajar dari rumah, aplikasi yang bisa dipakai adalah Edmodo, Ruangguru, Quipper, Zenius dan Google Classroom.

“Pasca imbauan dari pemerintah untuk beraktivitas dari rumah, kebutuhan internet di jam kerja meningkat pesat. Di periode yang sulit ini, tim teknis 3 Indonesia terus memonitor jaringan selama 24/7 untuk memastikan koneksi yang stabil,” ungkap Desmond Cheung, Chief Technical Officer 3 Indonesia.

Selain itu, 3 Indonesia juga terus memperluas jangkauan jaringan untuk melayani kebutuhan pelanggan, baik yang bekerja maupun belajar dari rumah. Didukung dengan jaringan 4.5 G Pro, 3 Indonesia juga berupaya untuk memastikan penggunanya dapat mengadakan diskusi online maupun rapat tatap muka secara virtual dengan nyaman.

Selama periode #DiRumahAja, 3 Indonesia tetap beroperasi penuh untuk memberikan jaringan kuat dan produk-produk yang relevan sehingga dapat menunjang kebutuhan pengguna dalam aktivitas berinternet dan menjalankan kegiatan sehari-hari dari rumah.

Comments

Harga HP Terbaru

Harga HP2 days ago
Harga dan Spesifikasi POCO X3 NFC

Xiaomi di pasar Indonesia sudah secara resmi memperkenalkan POCO X3 NFC. Smartphone mid-range dengan dukungan NFC ini datang ditenagai chipset...

Harga HP1 week ago
Harga dan Spesifikasi realme 7 Pro

Di pasar Indonesia realme kembali memperkenalkan smartphone mid-range terbarunya, realme 7 Pro. Smartphone ini telah dibekali chipset Snapdragon 720G, RAM...

Harga HP2 weeks ago
Harga dan Spesifikasi OPPO Reno4 F

OPPO secara resmi sudah meluncurkan OPPO Reno4 F. Smartphone ini ditenagai oleh chipset Helio P95 dari MediaTek, RAM 8 GB...

Harga HP2 weeks ago
Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy M51

Samsung secara resmi telah meluncurkan Galaxy M51 di pasar Indonesia. Smartphone yang dibanderol seharga Rp5 jutaan ini datang dengan beberapa...

Harga HP3 weeks ago
Harga dan Spesifikasi vivo V20

vivo secara resmi telah memperkenalkan smartphone kelas menengah terbarunya, vivo V20 di pasar Indonesia. Smartphone yang punya keunggulan di sektor...

Harga HP1 month ago
Harga dan Spesifikasi realme 7

realme 7 secara resmi sudah hadir di pasar Indonesia. Smartphone yang dibanderol seharga Rp3 jutaan ini telah ditenagai chipset Helio...

Harga HP1 month ago
Harga dan Spesifikasi Redmi 9C

Kembali menggebrak pasar smartphone entry-level di Indonesia, Xiaomi telah meluncurkan Redmi 9C pada tanggal 9 September 2020 lalu. Smartphone yang...

Harga HP2 months ago
Harga dan Spesifikasi realme C12

Meramaikan pasar smartphone entry-level, realme pada pertengahan Agustus lalu telah meluncurkan realme C12. Smartphone yang ditenagai Helio G35 ini dibanderol...

Aplikasi DroidLime

Get it on Google Play

Populer