Connect with us
ROG 5
Berita

Inilah Daya Tarik Snapdragon 778G 5G yang Baru Diperkenalkan Qualcomm

Qualcomm Technologies, Inc. mengumumkan kehadiran Snapdragon 778G 5G Mobile Platform terbaru pada acara tahunan Qualcomm 5G Summit. Lantas, apa saja daya tarik dari SoC yang diproduksi dengan teknologi proses 6nm ini?

Updated

Pada acara tahunan Qualcomm 5G Summit, Qualcomm kembali membuat kejutan dengan mengumumkan kehadiran mobile platform terbarunya, Snapdragon 778G 5G. Qualcomm sesumbar bahwa chipset terbarunya ini dirancang untuk menghadirkan mobile gaming canggih dan artificial intelligence (AI) yang ditingkatkan.

“Snapdragon 778G dikembangkan untuk memenuhi permintaan yang terus meningkat dari OEM global untuk memberikan lebih banyak pilihan platform pada tier-tinggi, ungkap Kedar Kondap, Vice President of Product Management, Qualcomm Technologies, Inc.

Ditambahkan oleh Kondap melalui rilis yang diterima oleh Droidlime bahwa chipset terbarunya ini menghadirkan banyak teknologi premium terbaru dan fitur tier-tinggi untuk mendukung generasi berikutnya mendapatkan pengalaman dan akses yang lebih luas lagi.

Terkait fotografi dan videografi, Snapdragon 778G memiliki fitur Triple ISP untuk mengambil tiga foto atau video secara bersamaan, termasuk wide, ultra-wide, dan zoom. Pengguna dapat merekam dari tiga lensa sekaligus dan memungkinkan mereka menangkap segi terbaik dari masing-masing lensa dan secara otomatis menggabungkannya.

Pengguna juga dapat memotret dengan video 4K HDR10+ yang menangkap lebih dari satu miliar warna. Snapdragon 778G juga mendukung sensor gambar Staggered HDR sehingga pengguna dapat merekam video komputasi High Dynamic Range (HDR) yang memberikan peningkatan dramatis pada warna, kontras, dan detail saat merekam video.

Sementara disektor AI, Snapdragon 778G menghadirkan Qualcomm AI Engine generasi ke-6 terbaru dengan prosesor Qualcomm Hexagon 770 yang menghadirkan hingga 12 TOP dan 2X performa dengan peningkatan performa per Watt dibandingkan pendahulunya.

Sekarang, hampir setiap koneksi, panggilan video, dan panggilan telepon ditingkatkan oleh AI untuk memungkinkan penggunaan seperti peredam kebisingan berbasis AI dan pengalaman kamera berbasis AI yang lebih baik. Platform ini semakin ditingkatkan oleh Qualcomm Sensing Hub generasi ke-2.

Snapdragon 778G juga menghadirkan beberapa fitur dari Qualcomm Snapdragon Elite Gaming, termasuk Variable Rate Shading (VRS) dan Qualcomm Game Quick Touch. Ya! Ini adalah dua fitur baru menarik yang sekarang tersedia di dalam seri-7.

Dengan adanya GPU Adreno 642L, VRS memungkinkan pengembang untuk menentukan dan mengelompokkan piksel yang diberi warna dalam adegan permainan berbeda untuk membantu mengurangi beban kerja GPU dalam memberikan penghematan daya yang lebih besar sambil tetap mempertahankan ketelitian visual tertinggi.

Qualcomm Game Quick Touch menawarkan respons input hingga 20% lebih cepat untuk latensi sentuh guna memberikan pengalaman level gamer profesional. Ada pula Modem-RF Snapdragon X53 5 terintegrasi pada chipset ini untuk membantu menghadirkan kemampuan mmWave dan sub-6 5G ke lebih banyak pengguna di seluruh dunia.

Dengan adanya Qualcomm FastConnect 6700 Connectivity System yang turut disematkan, Snapdragon 778G juga mendukung kecepatan WiFi 6 multi-gigabit (hingga 2,9 Gbps) dengan 4k QAM dan akses ke saluran 160MHz di pita 5GHz dan 6GHz.

Selain itu, rangkaian teknologi Qualcomm Snapdragon Sound juga menawarkan verifikasi sertifikasi audio yang dihadirkan Qualcomm Technologies serta pengoptimalan tingkat sistem yang diterapkan untuk memungkinkan pengalaman mendengarkan yang lebih optimal secara end-to-end.

Dengan dukungan Bluetooth 5.2, Wi-Fi 6/6E dan 5G yang sangat cepat, Snapdragon 778G juga mampu menghadirkan permainan berlatensi rendah, berbagi konten, panggilan video, dan lebih banyak lagi. Diproduksi menggunakan teknologi proses 6nm yang canggih, Snapdragon 778G memungkinkan performa dan efisiensi daya yang luar biasa.

Sementara itu, Qualcomm Kryo 670 menghasilkan peningkatan hingga 40% dalam performa CPU secara keseluruhan dan GPU Adreno 642L dirancang untuk memberikan proses rendering grafis hingga 40% lebih cepat dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

Comments

Harga HP Terbaru

Harga HP3 days ago
Harga dan Spesifikasi ASUS ROG Phone 5 Series

ASUS secara resmi telah memasarkan ASUS ROG Phone 5 di pasar Indonesia. Smartphone yang ditenagai Snapdragon 888 ini dijual mulai...

Harga HP1 week ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy M62

Samsung baru saja meluncurkan Galaxy M Series di pasar Indonesia. Smartphone tersebut datang dengan nama Samsung Galaxy M62 yang punya...

Harga HP4 weeks ago
Harga dan Spesifikasi Xiaomi Redmi Note 10S

Secara resmi Xiaomi telah memboyong Redmi Note 10S ke pasar Indonesia pada tanggal 18 Mei lalu. Penjualan smartphone tersebut baru...

Harga HP2 months ago
Harga dan Spesifikasi POCO X3 Pro

POCO X3 Pro secara resmi telah tiba di pasar Indonesia. Smartphone kelas menengah ini datang dengan chipset Snapdragon 860 dan...

Harga HP2 months ago
Harga dan Spesifikasi realme 8/realme 8 Pro

realme kembali membuat gebrakan di pasar Indonesia dengan memperkenalkan realme 8 dan realme 8 Pro. Datang sebagai smartphone realme "series...

Harga HP2 months ago
Harga dan Spesifikasi Xiaomi Redmi Note 10/Note 10 Pro

Xiaomi di akhir bulan Maret lalu kembali membuat kejutan di pasar smartphone Indonesia dengan meluncurkan Redmi Note 10 Series. Ada...

Harga HP3 months ago
Harga dan Spesifikasi OPPO Reno5 F

OPPO melengkapi lini OPPO Reno5 series dengan menghadirkan OPPO Reno5 F di pasar Indonesia. Smartphone yang ditujukan untuk kelas menengah...

Harga HP3 months ago
Harga dan Spesifikasi Xiaomi Mi 11

Pada pertengahan bulan Maret ini Xiaomi telah meluncurkan Mi 11 di pasar Indonesia. Ya! Smartphone pertama di Indonesia yang dibekali...

Aplikasi DroidLime

Get it on Google Play

Populer