Connect with us
ROG-Zephyrus-G14
Berita

Huawei P40 dan P40 Pro Resmi Dirilis, ini Daya Tariknya!

Tidak hanya memperkenalkan Huawei P40 Pro+, Huawei juga merilis Huawei P40 dan P40 Pro. Kedua smartphone ini pun punya banyak daya tarik, sehingga Huawei begitu percaya diri untuk memasarkan kedua smartphone barunya itu mulai 7 April.

Updated

Kembali menggandeng Leica, Huawei tidak hanya memperkenalkan Huawei P40 Pro+. Ada dua model lainnya yang dikenalin secara resmi oleh Huawei, yang masuk ke dalam keluarga P40 Series, yakni Huawei P40 dan Huawei P40 Pro. Huawei pun melakukan banyak hal untuk meningkatkan kemampuan smartphone barunya itu.

Huawei P40 Pro

Huawei P40 Pro mengambil inspirasi dari P30 dan Mate 30, tetapi smartphone tersebut melampaui keduanya dalam hal fitur. Huawei pun kembali menyempurnakan sektor kamera, sehingga diklaim lebih kuat dari sebelumnya. Tidak hanya itu, Huawei juga tidak melupakan untuk meningkatkan sektor layar P40 Pro.

Huawei menyebutnya “Overflow Display” dengan empat tepi melengkung, semua sisi menyapu ke bingkai perangkat. Perubahan penting lainnya adalah tidak lagi memakai poni yang begitu lebar, tetapi Huawei menggantinya dengan punch-hole berbentuk pil yang begitu terlihat lebih kecil.

Punch-hole berbentuk pil itu jadi rumah kamera depan 32 MP yang punya kemampuan video recording 4K @60fps dan dukungan autofocus sehingga mampu untuk mengahsilkan foto selfie yang lebih berkualitas. Sementara itu, panel OLED berukuran 6,58 inci mendukung refresh rate 90 Hz.

Resolusi layarnya sendiri adalah 1.200 x 2.640 piksel dan smartphone ini juga menawarkan pembaca sidik jari di dalam layar yang diklaim 30% lebih besar dari sebelumnya. Ada juga dukungan inframerah pemindai wajah di bagian depan sebagai metode alternatif untuk membuka kunci perangkat.

Tentu saja, fitur terbaik yang ada pada Huawei P40 Pro adalah kameranya. Smartphone ini punya kamera utama dengan sensor 1/1,28″, lebih baik daripada Galaxy S20 Ultra yang hanya 1/1,33″. Resolusinya adalah 50 MP dengan dukungan filter warna RYYB.

Huawei pun mempromosikan bahwa kamera utamanya itu punya dukungan Octa Phase Detection AF. Selain itu, ada juga dukungan Optical Image Stabilization (OIS) dan aperture f/1.9. Huawei juga mempertahankan desain periskop untuk kamera zoom dari P30. Panjang fokusnya 125mm dan memiliki sensor 12 MP RYYB serta dukungan OIS.

Huawei juga memberi label “5x zoom” untuk kameranya tersebut. Ada juga kamera ultra-wide Cine Lens yang memiliki sensor 40 MP dan lensa 18mm f/1.8. Juga di bagian belakang ada sensor 3D Time of Light (ToF) bersama dengan sensor suhu warna.

Untuk kebutuhan videografi, P40 Pro punya kemampuan merekam video 4K @60fps. Ftur Super Steady Telephoto Video juga tersedia untuk menyempurnakan dukungan OIS. Kamera ultra-wide dapat merekam video HDR dan dapat meningkatkan ISO hingga 51.200 dalam kondisi minm cahaya.

Daya tarik lainnya, melalui Huawei P40 Pro, pengguna juga bisa merekam video slo-mo dengan resolusi 4K @7,680fps. Sementara, untuk catu daya, smartphone ini dibekali baterai 4.200 mAh. Punya dukungan pengisian daya nirkabel 27W dan pengisian via USB-C dengan daya 40W.

Sama seperti Huawei P40 Pro+, P40 Pro juga dibekali sertifikasi IP68, sehingga smartphone ini punya kemampuan tahan debu dan tahan air. Ada empat pilihan warna yang ditawarkan oleh Huawei untuk P40 Pro, yakni Hitam, Putih, Perak dan Emas.

Huawei P40 Pro akan tersedia mulai 7 April dan dijual mulai dari harga € 1.000 (Rp18 juta) dengan RAM 8 GB + ROM 256 GB. Kapasitas penyimpanan dapat diperluas, tetapi pengguna harus memakai kartu NanoMemory 2 terbaru dari Huawei. Hal menarik lainnya, di dalam smartphone ini juga terdapat eSIM.

Huawei P40

Huawei membuat pilihan terkait ukuran dan bentuk layar pada model Pro dan tidak semua orang akan menyukainya. Nah! Huawei P40 berfungsi sebagai alternatif yang lebih murah untuk mereka yang ingin merasakan teknologi yang dikembangkan oleh Huawei ke dalam P40 Series.

Huawei P40 datang dengan bodi yang lebih kompak berkat layar berukuran 6,1 inci. Smartphone ini menggunakan panel layar OLED yang rata dan resolusinya adalah FullHD+. Refresh rate layar smartphone ini pun berbeda dengan model Pro, yakni hanya menawarkan 60 Hz.

Kamera utama dibagian belakang ada modul 50 MP “Ultra Vision” yang punya sensor 1/1,28″. Kamera depannya memiliki sensor 32 MP, tetapi tidak punya autofocus dan masih mampu merekam video 4K @60fps. Tidak ada pemindai wajah IR di bagian depan, tetapi smartphone ini masih memiliki pemindai sidik jari di dalam layar.

Kamera zoom memiliki lensa 80mm dengan dukungan OIS dan sensor 8 MP. Sementara, kamera ultra-wide yang juga ada di bagian belakang menggunakan sensor 16 MP dan lensa 17mm. Pada dasarnya ini adalah spesifikasi yang sama dengan kamera telefoto dan ultra-wide P30 atau Mate 30.

Seperti juga model Pro, Huawei P40 ditenagai oleh chipset Kirin 990 5G. Selain modem 5G terintegrasi, chipset ini juga memiliki keunggulan proses fabrikasi 7nm+ EUV. Namun, model Pro memliki sistem SuperCool 4 lapisan (film graphene + ruang uap), yang tidak dimiliki oleh P40.

Huawei P40 hanya dibekali sertifikasi IP53, yang artinya perangkat ini punya perlindungan dasar masuknya debu dan cipratan air. Sementara, catu dayanya terbilang kecil, yakni hanya dibekali baterai 3.800 mAh. Tidak ada pengisian nirkabel, hanya mengandalkan pengisian kabel dengan daya 22,5W.

Huawei menjual Huawei P40 dengan harga € 800 (Rp14 juta) saat mulai dipasarkan pada tanggal 7 April. Hanya ada satu konfigurasi memori yang ditawarkan, yakni RAM 8 GB + ROM 128 GB. Sekali lagi, pengguna dapat memperluas kapasitas penyimpanan melalui slot NanoMemory 2.

Comments

Harga HP Terbaru

Harga HP3 days ago
Harga dan Spesifikasi realme C11

realme kembali memperlihatkan komitmennya untuk memanjakan penggemar gadget di Indonesia. Terbaru, realme telah memperkenalkan ponsel pintar entry-level yang dipanggil dengan...

Harga HP2 weeks ago
Harga dan Spesifikasi Nokia 5.3

Tanpa gembar-gembor, HMD Global telah memboyong Nokia 5.3 ke pasar Indonesia. Smartphone yang ditenagai chipset Snapdragon 665 ini dibanderol dengan...

Harga HP2 weeks ago
Harga dan Spesifikasi realme Narzo

Tidak hanya meluncurkan realme X3 SuperZoom, realme di pasar Indonesia juga merilis realme Narzo. Ditawarkan seharga Rp2 jutaan, realme Narzo...

Harga HP3 weeks ago
Harga dan Spesifikasi realme X3 SuperZoom

realme X3 SuperZoom sudah mendarat di pasar Indonesia. Smartphone yang ditenagai Snapdragon 855+ ini datang dengan dukungan RAM 12 GB...

Harga HP3 weeks ago
Harga dan Spesifkasi Redmi Note 9 dan Redmi Note 9 Pro

Xiaomi resmi memboyong Redmi Note 9 dan Redmi Note 9 Pro ke pasar Indonesia. Kedua smartphone ini diklaim oleh Xiaomi...

Harga HP4 weeks ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy A21s

Samsung kembali membuat kejutan di pasar Indonesia dengan meluncurkan Galaxy A21s. Ditenagai Exynos 850, smartphone ini hadir untuk menjangkau konsumen...

Harga HP1 month ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy M11

Tidak hanya meluncurkan Galaxy M21, Samsung juga memboyong Galaxy M Series lainnya, yakni Galaxy M11 ke pasar Indonesia. Datang sebagai...

Harga HP1 month ago
Harga dan Spesifikasi POCO F2 Pro

POCO sudah memperkenalkan penerus dari POCO F1 yang datang dengan sebutan POCO F2 Pro. Datang sebagai smartphone unggulan, POCO membekali...

Aplikasi DroidLime

Get it on Google Play

Populer