Connect with us
K5504-BAPE
Berita

Huawei Mate X2 Tiba dengan Desain Lipatan Terbaru

Huawei sudah mengumumkan kehadiran smartphone lipat terbarunya, Huawei Mate X2. Menariknya, smartphone lipat yang dijual dengan harga tidak murah ini punya desain lipatan terbaru.

Updated

Hampir setahun sejak mengumumkan Mate XS, Huawei kembali dengan perangkat lipat terbaru yang disebut Mate X2. Smartphone yang dapat dilipat ini hadir dengan desain lipatan terbaru dan berbeda dari saudara-saudaranya. Perangkat ini juga memiliki chipset Huawei yang paling kuat.

Tidak hanya itu, Mate X2 juga punya dua tampilan refresh rate yang tinggi serta pengaturan kamera dengan embel-embel Leica yang melampaui kemampuan dari pasangan 40 Pro. Berkat dukungan fitur seperti itu, Mate X2 pun dibanderol dengan harga tinggi.

Bisa dibilang Huawei begitu percaya diri untuk membuang desain lipatan luar pada Mate X dan Mate Xs untuk desain lipat kedalam. Terkait dengan desain, Mate X2 memiliki dua tampilan, di mana ada layar luar yang terlihat sepert versi yang lebih kecil dan datar serta tampilan yang tidak memiliki punch-hole.

Ini juga berarti bahwa perangkat memiliki desain engsel terbaru. Huawei mengatakan bahwa mereka membuat sistem engsel terbarunya itu menggunakan logam cair berbasis zirkonium. Memiliki desain unik, Huawei pun mengklaim bahwa X2 punya lipatan yang begitu mulus.

Setengah bagian kanan dari perangkat miring ke dalam, sementara bagian kiri lereng ke arah yang berlawanan. Huawei mengatakan keuntungan yang ditawarkannya ini adalah smartphone tersebut secara sempurna menyeimbangkan apakah dibuka atau dilipat meskipun titik keseimbangan tidak lagi di tengah.

Keuntungan lain yang dibawa oleh desain ini adalah bahwa tidak ada celah ketika perangkat dilipat. Huawei pun mengakhiri desainnya dengan menyediakan Mate X2 dalam empat warna yang berbeda. Ada Glaze White, Black, Crystal Blue, dan Crystal Pink.

Huawei Mate X2 memiliki layar eksternal OLED 6,45 inci yang memiliki punch-hole berbentuk pil di sudut kiri atas untuk dua kamera yang menghadap ke depan. Layar ini memiliki resolusi 2.700 x 1.160 piksel (456 ppi), refresh rate 90Hz, dan touch sampling rate 240Hz.

Sementara, tampilan yang lebih luas berukuran 8 inci saat dibuka dan menawarkan resolusi 2.480 x 2.200 (413 ppi) dan color gamut P3. Layar ini juga menggunakan panel OLED dan memiliki refresh rate 90Hz, tetapi touch sampling rate-nya lebih rendah, yakni 180Hz.

Berbicara mengenai dapur pacunya, smartphone ini dibekali chipset Kirin 9000 yang duduk manis bersama RAM 8 GB dan internal storage 256 GB atau 512 GB. Huawei juga telah menambahkan dukungan untuk ekspansi penyimpanan data (maksimal 256 GB) melalui slot kartu NM yang eksklusif.

Sedangkan untuk keamanan, Mate X2 memiliki pemindai sidik jari yang dipasang di samping. Dukungan lannya yang turut dimuat oleh Huawei ke dalam smartphone ini adalah speaker stereo, Wi-Fi dual-band, Bluetooth 5.2, NFC, GPS frekuensi ganda, sensor inframerah, dan port USB 3.1 GEN1 Type-C.

Huawei akan melengkapi Mate X2 dengan EMUI 11 berbasiskan Android 1. Namun, raksasa teknologi asal Cina ini juga mengatakan akan ditingkatkan menjadi Harmony OS pada bulan April. Itu juga mengungkapkan bahwa 200 aplikasi teratas telah dioptimalkan untuk memanfaatkan faktor bentuk perangkat.

Anehnya, tidak ada dukungan untuk stylus. Sementara, mengenai catu daya, smartphone ini telah dibekali baterai4.500 mAh dengan dukungan untuk pengisian cepat 55W via kabel. Sayangnya, tidak ada dukungan untuk pengisian nirkabel. Huawei akan memasarkan Mate X2 dengan pengisi daya SuperCharge 66W.

Lalu, bagaimana dengan konfigurasi kameranya. Huawei mengklaim bahwa dukungan kamera yang ada pada Mate X2 tidak akan tertandingi dengan smartphone lipat yang ada saat ini. Kamera utama adalah sensor 50 MP f/1.9 RYYB dengan dukungan OIS.

Kamera utamanya itu berdampingan dengan kamera ultra-wide 16 MP f/2.2, kamera telefoto 12 MP f/2.4 dengan OIS dan kamera periskop 8 MP f/4.4 RYYB yang juga memiliki OIS dan menawarkan 10x zoom optik. Smartphone ini juga memiliki 100x zoom digital dan mode super makro 2,5cm.

Huawei juga melengkapi Mate X2 dengan kamera 16 MP yang menghadap ke depan untuk foto selfie. Tetapi, pengguna juga dapat mengambil “super” selfie dengan kamera belakang ketika perangkat dibuka. Dalam mode ini, tampilan eksternal berfungsi sebagai jendela bidik.

Seperti yang telah disebutkan di atas, Mate X2 tidak murah bahkan di negara asal Huawei. Model paling dasar dibanderol seharga RMB 17.999 (Rp39 juta). Sedangkan versi penyimpanan internal 512 GB dijual dengan harga RMB 18.999 (Rp41,5 juta). Smartphone ini akan mulai dijual di Cina pada 25 Februari.

Comments

Harga HP Terbaru

Harga HP3 months ago
Harga dan Spesifikasi POCO F5

Datang sebagai smartphone flagship, POCO F5 hadir ditujukan untuk para gamer, penggiat fotografi, dan tech lovers.

Harga HP4 months ago
Harga dan Spesifikasi vivo Y36

vivo kembali membuat kejutan di pasar smartphone Indonesia dengan meluncurkan vivo Y36. Smartphone yang membawa segudang daya tarik ini dibanderol...

Harga HP5 months ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy A54 5G

Galaxy A54 5G sudah hadir resmi di Indonesia. Bagi kalian yang tertarik meminang smartphone ini, Galaxy A54 5G datang dengan...

Harga HP5 months ago
Harga dan Spesifikasi Redmi Note 12 Pro 5G

Xiaomi kembali menggebrak pasar Indonesia pada akhir bulan Maret lalu dengan meluncurkan Redmi Note 12 Pro 5G. Smartphone kelas menengah...

Harga HP6 months ago
Harga dan Spesifikasi OPPO Reno8 T 5G

Pada bulan Maret 2023 lalu OPPO telah secara resmi meluncurkan OPPO Reno8 T 5G di pasar Indonesia. Smartphone mid-range ini...

Harga HP7 months ago
Harga dan Spesifikasi realme C55 NFC

realme secara resmi telah memasarkan realme C55 NFC di Indonesia sejak awal Maret 2023. Smartphone entry-level ini membawa banyak fitur...

Harga HP7 months ago
Harga dan Spesifikasi POCO X5 5G

Bulan Februari lalu POCO secara resmi telah meluncurkan POCO X5 5G di pasar Indonesia. Smartphone kelas menengah ini datang dengan...

Harga HP8 months ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy A14 5G

Samsung membuat kejutan dengan memboyong Galaxy A14 5G ke Indonesia. Ini adalah smartphone 5G yang ditawarkan dengan harga sangat terjangkau.

Aplikasi DroidLime

Get it on Google Play

Populer