Connect with us
UM3406
Berita

HMD Global Rilis Nokia G21, Punya Layar 90Hz dan Kamera 50 MP

Nokia G21, sebagai penerus Nokia G20 telah dirilis oleh HMD Global. Secara perdana, smartphone yang punya layar 90Hz dan kamera utama 50 MP ini dibanderol dengan harga €170 atau sekitar Rp2,7 juta di pasar Eropa.

Updated

HMD Global selaku pemegang brand Nokia kembali membuat kejutan dengan meluncurkan sekuel dari Nokia G20. Ya! Smartphone tersebut adalah Nokia G21, yang tiba dengan peningkatan di sektor baterai, layar, dan kamera. Nokia G21 ditenagai baterai 5.050 mAh, yang diklaim mampu bertahan hingga tiga hari dengan mode hemat daya.

Melalui presentasinya, HMD Global mengklaim penghematan daya baterai bisa mencapai 20% (bukan 10%). Selain itu, HMD Global juga telah mendongkrak kecepatan pengisian maksimum, menjadi 18W (kompatibel dengan USB PD 3.0). Sayannya, perangkat dipasarkan bersama dengan adaptor 10W di dalam kotak penjualannya.

Peningkatan lainnya adalah HMD Global berhasil membuat Nokia G21 ini 5% lebih ramping, dari 9.2mm menjadi 8.5mm. Peningkatan yang juga harus konsumen ketahui adalah dukungan reafresh rate tinggi. Panel LCD 6,5 inci ini dibekali refresh rate 90Hz, jadi yang pertama untuk seri-G.

Hal pertama lainnya untuk seri ini adalah dukungan streaming Netflix dalam HD, yang diperlukan karena layarnya masih memiliki resolusi 720p+. Juga, jika konsumen menginginkan masa pakai baterai 3 hari, harus mengaktifkan mode adaptif untuk tampilan sehingga dapat turun ke 60Hz untuk menghemat baterai saat 90Hz tidak diperlukan.

Selanjutnya, sektor kamera. Nokia G21 memiliki sensor 50 MP untuk kamera utama. HMD Global juga membenamkan fitur Resolusi Super, yang mampu meningkatkan detail gambar yang dipotret. Ada juga Mode Malam. Sayangnya, kamera ultra-wide 5 MP dihilangkan, hanya menyisakan kamera makro 2 MP dan sensor kedalaman 2 MP.

Nokia G21 memang hadir dengan chipset yang jauh lebih bertenaga – Unisoc T606. Chipset 12nm ini memiliki dua inti Cortex-A75 dan enam inti A55, cukup berbeda jauh dari Helio G35 (Nokia G20) yang hanya memiliki delapan inti A53 (bukan A55). Sementara, GPU-nya adalah Mali G57 MP1.

Juga bagian dari chipset adalah LTE Modem Cat. 4. Seri G mungkin sudah sepatutnya menawarkan konektivitas 5G, tetapi smartphone ini tetap menggunakan 4G. Unisoc T606 dipasangkan dengan RAM 4 GB dan penyimpanan internal 64 GB atau 128 GB. Ini adalah handset dual-SIM dengan slot tiga kartu (dua kartu SIM dan satu kartu microSD).

G21 “siap untuk Android 12”, yang merupakan cara lain untuk mengatakan bahwa smartphone ini tiba pada tahun 2021 dengan menjalankan Android 11. Sebagai bagian dari jadwal dukungan perangkat lunak HMD yang biasa, Nokia G21 akan menerima dua peningkatan OS (yaitu Android 12 dan 13) dan tiga tahun patch keamanan.

G21 akan hadir dengan Spotify dan ExpressVPN yang sudah diinstal sebelumnya (dengan uji coba gratis 30 hari untuk VPN). Seperti pendahulunya, Nokia G21 juga memiliki pembaca sidik jari yang dipasang di samping. Perangkat ini juga dilengkapi dengan penguncian wajah yang ditingkatkan yang dapat mengenali penggunanya dengan dan tanpa topeng.

Dipasarkan perdana di Eropa, Nokia G21 akan segera tersedia dengan harga €170 (Rp2,7 juta). Pilihan warnanya hanya ada dua, yakni Nordic Blue dan Dusk. Dalam paket penjualannya akan juga disertakan pengisi daya 10W dan kabel USB. Di beberapa negara lainnya akan mendapatkan earphone, pelindung layar dan jelly case.

Nokia G21 juga dibekali dengan port jack audio 3.5mm, yang dapat konsumen gunakan bersama dengan Nokia Wired Headphones. Perangkat ini akan dijual seharga US$ 31 (Rp400 ribuan) dan ada juga versi nirkabel dengan masa pakai baterai 62 jam yang dijual seharga US$ 50 (Rp700 ribuan).

Ada juga Nokia Go Earbuds2+, headset TWS dengan daya tahan baterai 24 jam dan punya peringkat IPX (ini akan dijual seharga US$ 40 atau sekitar Rp500 ribuan). Nokia Go Earbuds2 Pro yang lebih keren juga sedang dalam perjalanan dengan dukungan audio latensi rendah. Ini akan dijual seharga US$ 45 (Rp600 ribuan).

Comments

Harga HP Terbaru

Berita2 weeks ago
Mengusung Banyak Fitur Keren, Berikut Spesifikasi Reno 12 Pro 5G

Oppo kembali menghadirkan smartphone dengan spek tinggi. Salah satunya adalah Oppo Reno 12 Pro 5G dengan performa yang bisa diandalkan....

Harga HP8 months ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy M34 5G

Gebrakan terbaru yang ditunjukkan oleh Samsung di pasar smartphone Indonesia adalah meluncurkan Galaxy M34 5G. Smartphone ini dipasarkan dengan harga...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi POCO F5

Datang sebagai smartphone flagship, POCO F5 hadir ditujukan untuk para gamer, penggiat fotografi, dan tech lovers.

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi vivo Y36

vivo kembali membuat kejutan di pasar smartphone Indonesia dengan meluncurkan vivo Y36. Smartphone yang membawa segudang daya tarik ini dibanderol...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy A54 5G

Galaxy A54 5G sudah hadir resmi di Indonesia. Bagi kalian yang tertarik meminang smartphone ini, Galaxy A54 5G datang dengan...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi Redmi Note 12 Pro 5G

Xiaomi kembali menggebrak pasar Indonesia pada akhir bulan Maret lalu dengan meluncurkan Redmi Note 12 Pro 5G. Smartphone kelas menengah...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi OPPO Reno8 T 5G

Pada bulan Maret 2023 lalu OPPO telah secara resmi meluncurkan OPPO Reno8 T 5G di pasar Indonesia. Smartphone mid-range ini...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi realme C55 NFC

realme secara resmi telah memasarkan realme C55 NFC di Indonesia sejak awal Maret 2023. Smartphone entry-level ini membawa banyak fitur...

Aplikasi DroidLime

Get it on Google Play

Populer