Connect with us
UX5401ZAS-Space-Edition
Berita

Galang Dana Sosial untuk Sesama, BeKind Luncurkan NFT

BeKind Menggandeng KLA Project, Element dan seniman pixel art Pinot luncurkan karya digital berbentuk NFT untuk penggalangan dana sosial.

Updated

BeKind meluncurkan Non Fungible Token atau NFT untuk memfasilitasi pengembangan ekosistem sosial yang memungkinkan penggalangan dana secara kreatif, transparan, dan akuntabel pertama di Indonesia. NFT BeKind ini diluncurkan melalui platform marketplace OpenSea yang sudah bisa diakses mulai 25 Maret lalu.

Membawa inovasi penggalangan dana menggunakan teknologi blockchain, BeKind memungkinkan penggalang dana dan donatur untuk membantu masyarakat yang menghadapi kesulitan ekonomi di tengah pandemi maupun akibat bencana alam, dengan penyaluran yang bisa lebih terlacak, hemat biaya, dan aman melalui ekosistem yang inovatif.

Penggalangan dana yang digagas oleh BeKind ini bisa dilakukan melalui pembelian karya digital NFT menggunakan pertukaran token berbasis teknologi blockchain, yang memungkinkan penyimpanan data lebih akurat dan penyaluran dana yang lebih transparan.

“Kami menyadari bahwa proses penggalangan dana seringkali menghadapi berbagai tantangan seperti biaya transaksi yang tinggi, kurangnya transparansi, dan kemungkinan manipulasi pelaporan penyaluran dana,” kata Fajar Jasmin, CEO dan Founder BeKind.

Dijelaskan lebih lanjut oleh Fajar bahwa dengan menggunakan blockchain untuk penggalangan dana sosial, BeKind berharap para donatur maupun filantrop di Indonesia mendapatkan sebuah solusi penggalangan dana inovatif yang lebih transparan dan akuntabel. Pelacakannya juga akan lebih akurat dan transparan.

Karya digital NFT yang tersedia di marketplace merupakan hasil kolaborasi sejumlah pelaku seni yang difasilitasi BeKind. Sejumlah karya yang telah diluncurkan sejauh ini adalah kerja sama antara kelompok musik legendaris, KLa Project, dengan seniman pixel art, Pinot W. Ichwandardi.

Keduanya meluncurkan karya digital klip video musik yang menampilkan potongan lagu “Yogyakarta” dengan animasi spesial menggunakan teknologi retro. Ini merupakan inovasi yang ditawarkan BeKind, karena untuk pertama kalinya, penggalangan dana sosial difasilitasi melalui penyelenggaraan kolaborasi antar-kreator NFT sebagai karya digital.

“Kami melihat peluang besar bagi para pelaku seni untuk bertahan dan terus menghasilkan karya terbaiknya sekaligus berkontribusi dalam membantu sesama melalui platform BeKind. Karya musik digital hasil kolaborasi ini adalah langkah awal bagi kami untuk memanfaatkan platform ini lebih jauh,” kata Katon Bagaskara, vokalis KLa Project.

Selain karya digital klip video musik yang menampilkan potongan lagu “Yogyakarta”, karya digital NFT musik lainnya yang sudah tersedia di marketplace BeKind adalah hasil kolaborasi kelompok musik Elemen dan seniman pixel art, Pinot W. Ichwandardi, dengan lagu “Kekuatan Cinta”.

“Peluncuran single terbaru kami dalam bentuk NFT ini merupakan kado yang kami berikan kepada para PARLEMENT (fanbase Band Element) untuk perayaan ulang tahun kami yang ke-23 pada pertengahan Maret lalu. Kami senang bisa berkolaborasi dengan Pinot untuk peluncuran single terbaru kami,” kata Didi Riyadi, drummer Band Element.

Sementara itu, bagi Pinot, kolaborasi yang dilakukannya dengan dua band legendaris Indonesia ini merupakan inovasi yang bermanfaat bukan hanya untuk sesama, namun juga bagi pelaku seni agar bisa bertahan di tengah pandemi. Selain itu, kolaborasi ini juga untuk lebih tahu banyak manfaat NFT.

“Saya sudah beberapa kali berkolaborasi dengan musisi, namun ini adalah kali pertama saya berkolaborasi dengan musisi dalam negeri. Saya sangat bangga dengan hasil kolaborasi saya dengan KLa Project dan Band Element, karena karya digital kami ini membuka jalan untuk penggalangan dana yang bisa membantu sesama,” kata Pinot.

Untuk rencana di kemudian hari, BeKind akan melanjutkan penyelenggaraan kolaborasi kreatif dengan berbagai pelaku seni di Indonesia dalam menggalang dana sosial yang bisa membantu sesama. Karya-karya digital BeKind yang sudah diterbitkan saat ini bisa diakses melalui link berikut: https://bekindhub.org/bekind-nftbaik/.

BeKind saat ini juga sedang mengembangkan ekosistem sosial BeKind Hub agar penggalangan dana bisa lebih melibatkan berbagai pemangku kepentingan. Jika kalian ingin berpartisipasi dalam Pre-sale token BeKind, kalian bisa menghubungi akun telegram Customer Service BeKind yang tercantum pada website https://bekindtoken.io/.

Comments

Harga HP Terbaru

Harga HP4 months ago
Harga dan Spesifikasi realme narzo 50

realme narzo 50, yang digadang-gadang mengambil gaming sebagai inti dari penciptaannya. Smartphone seharga Rp2 jutaan ini tiba dengan layar serta...

Harga HP8 months ago
Harga dan Spesifikasi vivo V23 5G

vivo di awal tahun 2022 langsung membuat kejutan dengan meluncurkan vivo V23 5G. Uniknya, smartphone ini punya bodi belakang yang...

Harga HP8 months ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy S21 FE 5G

Bagi kalian yang menginginkan smartphone unggulan dan nyaman digenggam atau disimpan di saku baju dan celana, Galaxy S21 FE 5G...

Harga HP9 months ago
Harga dan Spesifikasi HUAWEI nova 9

Menjelang akhir tahun 2021, Huawei memberi kejutan kepada pasar smartphone Indonesia dengan meluncurkan HUAWEI nova 9. Smartphone kelas menengah ini...

Harga HP10 months ago
Harga dan Spesifikasi realme 8i

realme punya senjata ampuh untuk menaklukkan mereka yang menginginkan layar 120Hz, namun ditawarkan dengan harga terjangkau. Ya! realme menghadirkan realme...

Harga HP10 months ago
Harga dan Spesifikasi OPPO A95

OPPO A95 secara resmi telah meluncur di Indonesia sejak tanggal 18 November 2021 lalu. Smartphone ini membawa banyak hal baru,...

Harga HP11 months ago
Harga dan Spesifikasi Xiaomi 11T dan Xiaomi 11T Pro

Xiaomi 11T dan Xiaomi 11T Pro jadi amunisi andalan Xiaomi yang baru diluncurkan di pasar Indonesia. Keduanya datang dengan dukungan...

Harga HP11 months ago
Harga dan Spesifikasi realme GT Neo2

realme terus melakukan gebrakan di pasar Indonesia. Gebrakan terbaru yang dilakukan oleh realme adalah dengan meluncurkan realme GT Neo2 yang...

Aplikasi DroidLime

Get it on Google Play

Populer