Connect with us
UM3406
Berita

FESyar Jawa 2022 Dorong Pengembangan Ekonomi Syariah ke Digital

Festival Ekonomi Syariah (FESyar) Jawa 2022 secara resmi sudah dibuka, dan Surabaya ditunjuk menjadi tuan rumah. Kegiatan ini juga mendorong pengembangan ekonomi dan keuangan syariah ke arah digital.

Updated

Festival Ekonomi Syariah (FESyar) Jawa 2022 secara resmi di gelar di Surabaya, Jawa Timur mulai tanggal 8 hingga 10 September 2022. Kegiatan ini mengangkat tema “Sinergi Ekonomi dan Keuangan Syariah Jawa untuk Memperkuat Pemilihan Ekonomi Jawa yang Inklusif”.

Hadir dalam pembukaan acara tersebut Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo serta Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa. FESyar Jawa 2022 sendiri merupakan rangkaian Road to Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) ke-9 yang akan akan digelar 5 – 9 Oktober 2022 di Jakarta.

Seperti dikatakan oleh Perry bahwa Bank Indonesia (BI) secara kontinyu melakukan berbagai program pengembangan ekonomi dan keuangan syariah melalui sinergi dan kolaborasi bersama. Hal ini penting dalam pengembangan ekonomi syariah (eksyar)  di Indonesia.

“Dalam hal ini, Jawa Timur sebagai salah satu pemasok rempah-rempah terbesar di dunia, memerlukan upaya refocusing dalam pengembangan ekonomi syariah. Karena itu, hal ini perlu didukung dengan digitalisasi melalui QRIS dan BI Fast,” ujar Perry.

Lebih lanjut, Perry juga menambahkan perlunya pengembangan pusat keuangan syariah seperti perbankan dan unit-unit usaha syariah. Hal ini juga harus dibarengi dengan keuangan sosial syariah seperti Zakat, Infaq dan Shodaqoh yang lebih produktif.

Selain itu, FESyar Jawa 2022 digelar sebagai akselerasi ekonomi syariah khususnya di wilayah Jawa untuk pemulihan ekonomi yang inklusif. Hal ini tentunya dapat diwujudkan melalui implementasi 3 (tiga) langkah utama yang harus dilakukan secara berkesinambungan.

Pertama, inisiasi program Hilirisasi Produk Rempah dengan fokus pada inkubasi hingga ekspor guna mendorong UMKM menembus pasar produk halal dunia (Go Global). Kedua, kerjasama pemasaran produk-produk halal melalui e-commerce dengan kanal pembayaran melalui QRIS dan BI Fast (Go Digital).

Ketiga, yang tak kalah penting dan terus mengemuka dalam acara pembukaan FESyar Jawa 2022 adalah peran pesantren dalam mendukung produksi pertanian dan hortikultura guna mendukung ketahanan pangan melalui Social Partnership for Food Security (Go Agriculture).

Pada kesempatan yang sama, Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa juga turut menyampaikan dukungannya dalam mendorong percepatan serta perluasan ekonomi dan keuangan syariah guna membumikan ekonomi syariah di Jawa Timur.

“Pengembangan eksyar harus dimulai dengan membangun kapabilitas pelaku usaha eksyar utamanya dari sisi UMKM yang diwujudkan melalui program pembinaan, dukungan pembiayaan, serta aspek lainnya sehingga resonansi pengembangan di tataran eksyar nasional semakin kuat,” ujar Khofifah.

Sebelum digelar di Jawa, FESyar juga sudah berlangsung di wilayah Kawasan Timur Indonesia (KTI) dan Sumatera, yang diselenggarakan di Makassar dan Provinsi Aceh. Gelaran FESyar Jawa 2022 dilaksanakan secara hybrid, alias offline dan online.

Kegiatan offline digelar di Atrium Tunjungan Plaza 3 dan 6 Surabaya, Jawa Timur dengan menggelar Sharia Forum dan Sharia Fair. Kegiatan ini terintegrasi dalam satu platform online yang dapat diakses oleh pengunjung melalui tautan fesyarjawa.com.

Gelaran FESyar Jawa 2022 juga mengangkat Ambience History of The Great Wali Songo. Ini sebagai bentuk apresiasi kepada Wali Songo melalui keindahan nada dan tari, serta mempersembahkan FESyar sebagai upaya menguatkan nilai-nilai Islam di Jawa.

Comments

Harga HP Terbaru

Berita4 weeks ago
Mengusung Banyak Fitur Keren, Berikut Spesifikasi Reno 12 Pro 5G

Oppo kembali menghadirkan smartphone dengan spek tinggi. Salah satunya adalah Oppo Reno 12 Pro 5G dengan performa yang bisa diandalkan....

Harga HP9 months ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy M34 5G

Gebrakan terbaru yang ditunjukkan oleh Samsung di pasar smartphone Indonesia adalah meluncurkan Galaxy M34 5G. Smartphone ini dipasarkan dengan harga...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi POCO F5

Datang sebagai smartphone flagship, POCO F5 hadir ditujukan untuk para gamer, penggiat fotografi, dan tech lovers.

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi vivo Y36

vivo kembali membuat kejutan di pasar smartphone Indonesia dengan meluncurkan vivo Y36. Smartphone yang membawa segudang daya tarik ini dibanderol...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy A54 5G

Galaxy A54 5G sudah hadir resmi di Indonesia. Bagi kalian yang tertarik meminang smartphone ini, Galaxy A54 5G datang dengan...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi Redmi Note 12 Pro 5G

Xiaomi kembali menggebrak pasar Indonesia pada akhir bulan Maret lalu dengan meluncurkan Redmi Note 12 Pro 5G. Smartphone kelas menengah...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi OPPO Reno8 T 5G

Pada bulan Maret 2023 lalu OPPO telah secara resmi meluncurkan OPPO Reno8 T 5G di pasar Indonesia. Smartphone mid-range ini...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi realme C55 NFC

realme secara resmi telah memasarkan realme C55 NFC di Indonesia sejak awal Maret 2023. Smartphone entry-level ini membawa banyak fitur...

Aplikasi DroidLime

Get it on Google Play

Populer