Connect with us
UM3406
Berita

Evolusi Aplikasi BukuWarung untuk Memajukan UMKM di Indonesia

BukuWarung telah membangun jasa keuangan yang lengkap dalam satu aplikasi untuk memudahkan UMKM dalam menjalankan dan mengembangkan bisnisnya. BukuWarung menargetkan 12 juta pengguna di tahun 2022.

Updated

Berdiri pada 2019, BukuWarung berkomitmen membantu para pelaku UMKM di Indonesia dalam pengelolaan dan pengembangan bisnis secara efisien sehingga membantu mempercepat kesuksesan finansial bagi usaha mikro dan kecil di Indonesia.

Untuk itu, BukuWarung menghadirkan berbagai fitur dan terus mengembangkan layanannya agar memudahkan pengguna menjalankan bisnis. Dimulai dari fitur pencatatan pemasukan dan pengeluaran, penagihan utang melalui SMS ataupun whatsapp, hingga kini berkembang menjadi penyedia jasa keuangan lengkap dalam satu aplikasi.

Tidak heran jika studi yang dirilis oleh Center of Innovation and Digital Economy Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) pada akhir tahun lalu menemukan kontribusi BukuWarung yang cukup signifikan tidak hanya terhadap aspek sosial tapi juga percepatan produktivitas UMKM.

Studi  bertajuk “Dampak Aktivitas Ekonomi Aplikasi BukuWarung terhadap Perekonomian Nasional dan UMKM” yang dirilis akhir tahun lalu tersebut menemukan bahwa penggunaan aplikasi BukuWarung telah berhasil meningkatkan produktivitas pelaku UMKM sehingga menambah output usaha sebesar Rp640 miliar.

BukuWarung juga menambah penyerapan tenaga kerja UMKM sebesar 78 ribu orang, atau tumbuh sebesar 22,63% jika dibandingkan ketika tidak ada BukuWarung. Lebih jauh, adanya aktivitas ekonomi BukuWarung mendatangkan dampak terhadap penyerapan kredit UMKM sebesar Rp1,14 triliun atau setara 0,12% dari total kredit UMKM.

“Kami berusaha menghadirkan jasa keuangan melalui aplikasi kami untuk memudahkan pelaku UMKM menjalankan dan mengembangkan bisnisnya. Kami berharap bisa membantu UMKM agar bisa lebih resilien lagi terhadap tantangan ekonomi yang sedang dihadapi,” kata Romy Williams – VP Operations BukuWarung.

Tidak hanya menawarkan jasa keuangan dalam satu aplikasi, BukuWarung juga terus berperan aktif agar UMKM lebih melek digital sehingga mereka bisa memanfaatkan berbagai kemudahan lewat kemajuan teknologi untuk mengembangkaan bisnisnya melalui berbagai kegiatan literasi keuangan dan digital.

“BukuWarung selalu terbuka untuk kerjasama dengan berbagai stakeholder demi mengakselerasi digitalisasi UMKM di Indonesia. Kami selalu siap dan bersedia untuk menjadi mitra strategis demi menjadikan digitalisasi UMKM sebagai pilar utama ekonomi dan pembangunan,” tambah Romy.

Pandemi COVID-19 telah sangat mempengaruhi kinerja UMKM nasional baik dari sisi penawaran maupun permintaan. Shira S Wenas, Sr Brand Marketing BukuWarung menjelaskan bahwa Ramadan adalah bulan perayaan di mana UMKM umumnya mendapat peningkatan permintaan.

“Pada bulan Ramadan ini, BukuWarung sebagai penyedia jasa keuangan dalam satu aplikasi (all-in-one financial service) berdedikasi untuk mendukung UMKM dalam meningkatkan penjualan mereka dan membangkitkan kemeriahan Ramadan melalui program #SemarakUntung,” ujar Shira.

Ditambahkan oleh Shira bahwa melalui program ini para pelaku UMKM yang menggunakan layanan BukuWarung dapat menikmati berbagai promo menarik. Tak hanya menawarkan promo cashback, program #SemarakUntung di bulan Ramadan kali ini juga memberikan bonus saldo, dan extra poin.

BukuWarung kini telah digunakan oleh lebih dari 7 juta merchants, menargetkan penambahan jumlah pengguna mencapai 12 juta dan meningkatkan pengguna baru Quick Response Indonesian Standar (QRIS) yang diinisiasi oleh Bank Indonesia (BI) hingga 30x dalam 6 bulan ke depan.

Comments

Harga HP Terbaru

Berita3 weeks ago
Mengusung Banyak Fitur Keren, Berikut Spesifikasi Reno 12 Pro 5G

Oppo kembali menghadirkan smartphone dengan spek tinggi. Salah satunya adalah Oppo Reno 12 Pro 5G dengan performa yang bisa diandalkan....

Harga HP8 months ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy M34 5G

Gebrakan terbaru yang ditunjukkan oleh Samsung di pasar smartphone Indonesia adalah meluncurkan Galaxy M34 5G. Smartphone ini dipasarkan dengan harga...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi POCO F5

Datang sebagai smartphone flagship, POCO F5 hadir ditujukan untuk para gamer, penggiat fotografi, dan tech lovers.

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi vivo Y36

vivo kembali membuat kejutan di pasar smartphone Indonesia dengan meluncurkan vivo Y36. Smartphone yang membawa segudang daya tarik ini dibanderol...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy A54 5G

Galaxy A54 5G sudah hadir resmi di Indonesia. Bagi kalian yang tertarik meminang smartphone ini, Galaxy A54 5G datang dengan...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi Redmi Note 12 Pro 5G

Xiaomi kembali menggebrak pasar Indonesia pada akhir bulan Maret lalu dengan meluncurkan Redmi Note 12 Pro 5G. Smartphone kelas menengah...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi OPPO Reno8 T 5G

Pada bulan Maret 2023 lalu OPPO telah secara resmi meluncurkan OPPO Reno8 T 5G di pasar Indonesia. Smartphone mid-range ini...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi realme C55 NFC

realme secara resmi telah memasarkan realme C55 NFC di Indonesia sejak awal Maret 2023. Smartphone entry-level ini membawa banyak fitur...

Aplikasi DroidLime

Get it on Google Play

Populer