Connect with us
ZenBook-13-14
Berita

Duo Samsung Galaxy Note20 Series Resmi Meluncur

Setelah ditunggu-tunggu, Samsung secara resmi telah meluncurkan Galaxy Note20 dan Galaxy Note20 Ultra. Keduanya pun langsung ditawarkan secara pre-order mulai tanggal 6 Agustus 2020, termasuk di pasar Indonesia.

Updated

Samsung akhirnya secara resmi telah meluncurkan smartphone flagship terbarunya yang datang denan dukungan stylus. Apalagi jika bukan Galaxy Note20 Series, yang tiba dalam dua varian yakni Samsung Galaxy Note20 dan Samsung Galaxy Note20 Ultra.

Seperti yang tidak diduga banyak orang, raksasa elektronik asal Korea Selatan ini menawarkan banyak peningkatan pada smartphone unggulan terbarunya itu. Tidak hanya pada dukungan S Pen yang disematkan, tetapi juga pada beberapa sektor lainnya.

Samsung Galaxy Note20 Ultra

Sesuai namanya, Galaxy Note20 Ultra dibangun di atas platform S20 Ultra. Memiliki layar yang sama, panel Dynamic AMOLED 2X 6,9 inci, smartphone ini memiliki resolusi 1.440p+ dan refresh rate 120 Hz. Namun, pengguna masih perlu mengatur resolusi layar ke 1.080p+ jika ingin merasakan mode 120 Hz.

S Pen dan lapisan Wacom yang mendukung pada layar telah diperbarui untuk mencapai latensi 9 ms. Samsung mengatakan bahwa pada titik ini pengalamannya sangat mirip dengan menulis di atas kertas. Catatan yang dibuat oleh pengguna dapat dikonversi ke Microsoft Office dan disinkronkan dengan perangkat lain melalui Samsung Notes.

Selain itu, S Pen juga dapat digunakan untuk navigasi dengan lima aksi Anywhere terbaru. Misalnya “menggambar” beberapa bentuk di udara (tanpa langsung menyentuh layar), pengguna juga bisa Kembali (Back), membuka aplikasi terbaru (Recent), kembali ke layar beranda (Home) dan masih banyak lagi.

Perubahan lainnya yang juga dilakukan oleh Samsung, Galaxy Note20 Ultra adalah smartphone pertama yang punya layar dilapisi oleh Gorilla Glass Victus. Dikatakan, lapisan pelindung layar ini mampu menahan goresan lebih baik dan dapat bertahan jika jatuh dari ketinggian 2 meter di atas permukaan yang keras.

Samsung juga sudah membekali smartphone barunya ini dengan pembaca sidik jari ultrasonik yang tertanam di layar bersama dengan kamera depan 10 MP. Kamera belakang masih dilengkapi dengan lensa utama 108 MP. Ini mampu menhasilkan foto dengan resolusi 12 MP.

Selain itu, lensa utamanya juga mampu merekam video 8K pada 24 fps dengan rasio sinematik 21:9 (rasio ini juga tersedia untuk video FullHD pada 120 fps). Ada juga dukungan stabilisasi optik, tetapi tidak autofokus Dual Pixel. Namun, autofokus Phase Detection sekarang ditambah dengan Laser AF.

Samsung Galaxy Note20 Ultra masih menawarkan lensa periskop dengan pembesaran optik 5x. Sekarang ada sensor 12 MP yang duduk dibelakangnya, menggantikan sensor 48 MP pada S20 Ultra. Taruhannya di sini adalah bahwa zoom yang lebih panjang dan aperture f/3.0 yang lebih cerah akan menggantikan piksel 1,0 µm yang lebih kecil.

Sementara itu, Space Zoom terbatas hingga 50x, tapi itu bukan masalah besar karena rasio pembesaran tidak terlalu praktis. Ada juga dukungan kamera ultra-wide 12 MP yang punya sudut pandang hingga 120 derajat ditambah ukuran piksel 1,0 um dan aperture f/2.2.

Seperti juga Galaxy S20 Series, pembagian chipset juga tetap ada. Sebagian besar beberapa pasar akan mendapatkan chipset Snapdragon 865+, yang 10 persen lebih cepat daripada Snapdragon 865 yang ditemukan pada Galaxy S20 Series. Sedangkan beberapa pasar lainnya akan merasakan chipset Exynos 990.

Untuk sektor catu daya, Galaxy Note20 Ultra sudah dibekali baterai 4.500 mAh. Samsung juga menjual smartphone ini yang dibundel dengan pengisi daya 25W. Tidak kalah menarik, Galaxy Note20 Ultra juga mendukung 15W fast wireless charging dan 9W reverse wireless charging.

Ada dua varian Galaxy Note20 Ultra yang ditawarkan oleh Samsung, yakni RAM 8 GB yang ditemani penyimpanan internal 256 GB dan RAM 8 GB yang berpasangan dengan penyimpanan internal 512 GB. Meski daang dengan penyimpanan internal yang besar, Samsung tetap menyelipkan slot microSD (hybrid) ke dalam smartphone ini.

Lalu, bagaimana dengan pilihan warnanya? Samsung Galaxy Note20 Ultra yang sudah berjalan dengan antarmuka One UI 2.1 berbasis sistem operasi Android 10 ini punya tiga pilihan warna yang begitu menarik, yakni Mystic Bronze, Mystic Black dan Mystic White.

Halaman ke: 1 2

Comments

Harga HP Terbaru

Harga HP13 hours ago
Harga dan Spesifikasi realme 7

realme 7 secara resmi sudah hadir di pasar Indonesia. Smartphone yang dibanderol seharga Rp3 jutaan ini telah ditenagai chipset Helio...

Harga HP6 days ago
Harga dan Spesifikasi Redmi 9C

Kembali menggebrak pasar smartphone entry-level di Indonesia, Xiaomi telah meluncurkan Redmi 9C pada tanggal 9 September 2020 lalu. Smartphone yang...

Harga HP4 weeks ago
Harga dan Spesifikasi realme C12

Meramaikan pasar smartphone entry-level, realme pada pertengahan Agustus lalu telah meluncurkan realme C12. Smartphone yang ditenagai Helio G35 ini dibanderol...

Harga HP1 month ago
Harga dan Spesifikasi Redmi 9A

Melengkapi Redmi 9 yang diluncurkan pertengahan Juli lalu, Xiaomi kembali membuat kejutan dengan meluncurkan Redmi 9A di pasar Indonesia pada...

Harga HP1 month ago
Harga dan Spesifikasi OPPO Reno4

OPPO kembali menggebrak pasar smartphone kelas menengah di Indonesia dengan meluncurkan OPPO Reno4. Smartphone yang ditenagai chipset Snapdragon 720G dibanderol...

Harga HP1 month ago
Harga dan Spesifikasi vivo X50 Series

vivo secara resmi sudah memboyong vivo X50 Series ke pasar Indonesia. Ada dua model yang diperkenalkan, yakni vivo X50 dan...

Harga HP1 month ago
Harga dan Spesifikasi realme C15

Menggoyang pasar entry-level, realme belum lama ini telah merilis realme C15. Smartphone yang ditenagai chipset Helio G35 dari MediaTek ini...

Harga HP2 months ago
Harga dan Spesifikasi Redmi 9

Memanjakan penggemar gadget entry-level, Xiaomi secara resmi telah memperkenalkan Redmi 9. Smartphone ini pun sudah melenggang di pasar Indonesia sejak...

Aplikasi DroidLime

Get it on Google Play

Populer