Connect with us
FX507Z
Berita

DANA Catatkan Pertumbuhan Positif Pada Semester 1 2023

Berbagai fitur hingga inisiatif baru jadikan DANA #BukanDompetBiasa dan solusi keuangan modern bagi penggunanya, yang pada akhirnya mencatatkan pertumbuhan positif pada semester pertama tahun ini.

Updated

Pandemi COVID-19 menjadi titik balik pergeseran tren transaksi ekonomi yang semula tunai menjadi non-tunai. Lonjakan pengguna dompet digital bahkan mencapai lebih dari 70%, lebih tinggi dibandingkan transaksi tunai (49%) dan transfer bank (24%).

Selain praktis, dan efisien, transaksi melalui dompet digital cenderung lebih aman dan multifungsi untuk kebutuhan lainnya seperti pembayaran tagihan, pajak, dan lainnya. Salah satu dompet digital yang populer dipakai oleh banyak orang adalah DANA.

“DANA mengalami pertumbuhan positif di awal tahun 2023 sebagai opsi pembayaran digital untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Hal tersebut terlihat pada pertumbuhan signifikan dari layanan dan fitur-fitur yang dimiliki DANA,” ucap Rangga Wiseno, Chief of Product DANA Indonesia.

Fitur-fitur yang dimaksud oleh Rangga antara lain Kirim Uang (Send Money) yang mencapai pertumbuhan lebih dari 200%, fitur dan layanan Tagihan (Biller) lebih dari 140%, Pulsa & Data lebih dari 160%, dan transaksi QRIS mencapai lebih dari 300%.

“Lebih lanjut, pertumbuhan ini juga terlihat dari layanan keuangan lainnya yang juga dimiliki oleh DANA, seperti asuransi di DANA Siaga yang mencapai lebih dari 1300% dan DANA eMAS hingga mencapai 144%,” ucap Rangga melalui rilis yang diterima oleh Droidlime.

Secara umum, DANA juga berhasil mencatatkan pertumbuhan transaksi hingga mencapai 50% dibandingkan tahun 2022. Pertumbuhan positif DANA didukung oleh tiga faktor utama yaitu pembaharuan fitur dan layanan, kemitraan, dan inisiatif sosial.

Fitur dan Layanan Kirim Uang

DANA juga terus berupaya untuk memperbaharui berbagai opsi pengiriman uang di dalam aplikasinya. Fitur seperti ‘Favorite Account’ dan ‘Send to Group’ dihadirkan oleh DANA untuk melengkapi kemudahan pengguna dalam bertransaksi melalui dompet digital.

Fitur ‘Favorite Account’ dapat mendukung kemudahan pengguna untuk bisa langsung menandai akun pengguna yang paling sering berinteraksi. Sedangkan fitur ‘Send to Group’ dapat digunakan untuk mengirimkan uang langsung ke beberapa pengguna lainnya secara bersamaan.

Selain itu, DANA juga didukung oleh ekosistem yang terbuka dan luas. Hal ini memungkinkan pengguna untuk mengisi ulang saldo ke aplikasi lainnya yang tersedia dalam ‘Saldo Digital’. Sejauh ini, pengguna DANA bisa transfer saldo ke AstraPay, GoPay, OVO dan ShopeePay.

Kemitraan

DANA bekerjasama dengan berbagai mitra untuk meningkatkan layanan demi kemudahan penggunanya dalam bertransaksi digital. Mulai dari layanan remitansi atau transaksi luar negeri, transaksi nontunai di minimarket, serta memperluas kerjasama dengan pemerintah.

  • Alfamart

DANA juga bekerjasama dengan salah satu perusahaan ritel minimarket terkemuka di Indonesia, yakni Alfamart. Ini bertujuan untuk memudahkan pengguna dalam melakukan transaksi nontunai melalui customer-presented mode atau CPM.

Dengan begitu, pengguna menjadi lebih mudah melakukan transaksi di lebih dari 17 ribu gerai Alfamart di seluruh Indonesia, hanya dengan mengarahkan kode QRIS di aplikasi DANA untuk dipindai, serta opsi pembayaran secara online melalui Alfagift.

  • RIA Money Transfer

Selain itu, DANA juga telah menggandeng RIA Money Transfer dalam peningkatan layanan remitansi yang masuk. Hal ini bertujuan untuk mendukung para pekerja migran, baik yang ada di dalam negeri atau di luar negera dalam melakukan pengiriman uang lintas negara.

  • Regulator dan Pemerintah

DANA mengawali tahun 2023 dengan mendukung inisiatif Bank Indonesia menuju Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia (BSPI) 2025, seperti implementasi BI-FAST dan QR Cross Border Malaysia. Tak lupa, DANA juga turut aktif membantu pemerintah untuk mendukung ekosistem dompet digital dengan menyediakan layanan pembayaran pajak paling lengkap di Indonesia.

  • Inisiatif Sosial

Selain pengembangan layanan dan inovasi pada fitur di aplikasi, DANA juga turut aktif berkontribusi pada masyarakat melalui inisiatif-inisiatif sosial yang berfokus pada pendampingan dan pelatihan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia.

  • SisBerdaya

DANA juga sukses menjalani program pemberdayaan perempuan dengan mengangkat tema ‘SisBerdaya’. Melalui program ini, DANA berhasil mendigitalisasi lebih dari 2.400 UMKM perempuan di Indonesia dalam kategori ultra-mikro dan mikro.

  • Pelatihan dan Pendampingan UMKM bersama Pemerintah

DANA turut aktif bekerjasama dengan Kemenkomarves dan Kemenparekraf, Bank Indonesia, dan OJK. Kerjasama tersebut melahirkan beberapa program seperti Pelatihan UMKM OJK Riau, DANA Lestari: Pasar Rakyat Bersinar, dan membangun Desa Wisata Nontunai Wukirsari.

Sebagai bentuk inovasi dan pemberian layanan terbaik, DANA juga mengajak pengguna untuk mengeksplorasi fitur dan layanan yang tersedia dalam aplikasi DANA. Misalnya seperti fitur ‘Wallet’ di mana pengguna dapat merasakan kemudahan menyimpan kartu debit secara digital di DANA.

“Saat ini kami juga fokus untuk terus berupaya meningkatkan keamanan pengguna DANA. Ini semua dilakukan sebagai wujud komitmen DANA #BukanDompetBiasa yang selalu siap menjadi solusi keuangan modern bagi semua penggunanya,” tutup Rangga.

Comments

Harga HP Terbaru

Harga HP7 months ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy M34 5G

Gebrakan terbaru yang ditunjukkan oleh Samsung di pasar smartphone Indonesia adalah meluncurkan Galaxy M34 5G. Smartphone ini dipasarkan dengan harga...

Harga HP12 months ago
Harga dan Spesifikasi POCO F5

Datang sebagai smartphone flagship, POCO F5 hadir ditujukan untuk para gamer, penggiat fotografi, dan tech lovers.

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi vivo Y36

vivo kembali membuat kejutan di pasar smartphone Indonesia dengan meluncurkan vivo Y36. Smartphone yang membawa segudang daya tarik ini dibanderol...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy A54 5G

Galaxy A54 5G sudah hadir resmi di Indonesia. Bagi kalian yang tertarik meminang smartphone ini, Galaxy A54 5G datang dengan...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi Redmi Note 12 Pro 5G

Xiaomi kembali menggebrak pasar Indonesia pada akhir bulan Maret lalu dengan meluncurkan Redmi Note 12 Pro 5G. Smartphone kelas menengah...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi OPPO Reno8 T 5G

Pada bulan Maret 2023 lalu OPPO telah secara resmi meluncurkan OPPO Reno8 T 5G di pasar Indonesia. Smartphone mid-range ini...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi realme C55 NFC

realme secara resmi telah memasarkan realme C55 NFC di Indonesia sejak awal Maret 2023. Smartphone entry-level ini membawa banyak fitur...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi POCO X5 5G

Bulan Februari lalu POCO secara resmi telah meluncurkan POCO X5 5G di pasar Indonesia. Smartphone kelas menengah ini datang dengan...

Aplikasi DroidLime

Get it on Google Play

Populer