Connect with us
FX507Z
Berita

ColorOS 7 Resmi Diperkenalkan OPPO, Bawa Segudang Fitur Baru

OPPO resmi memperkenalkan ColorOS 7. Ya! Antarmuka terbaru besutan OPPO ini membawa segudang fitur terkini yang terbilang menarik. Dikatakan, ColorOS 7 nantinya untuk pertama kali akan berjalan dengan Reno3 yang akan meluncur Desember 2019.

Updated

Setelah beberapa minggu belakangan ini teaser mengenai ColorOS 7 terus muncul di jagat maya, antarmuka besutan OPPO tersebut akhirnya resmi diperkenalkan. Ya! Antarmuka ini dibangun berdasarkan konsep tanpa batas dari ColorOS 6 yang sudah ada sebelumnya, tetapi membuatnya jauh lebih ringan dan mengubah warna keseluruhannya.

OPPO juga menegaskan bahwa ColorOS 7 bukan sekadar user interface saja yang diubah. Jadi, jka kalian pernah menggunakan ColorOS 6, kalian mulai harus terbiasa dengan antarmuka secara keseluruhan. OPPO juga telah menambah ruang putih dan mengubah warna user interface untuk memanjakan mata penggunanya.

Lebih jauh, OPPO juga menjabarkan bahwa ColorOS 7 kini menurunkan saturasi untuk mengurangi kelelahan visual. OPPO mengungkapkan bahwa rata-rata, pengguna menghabiskan sekitar 4,7 jam di depan layar smartphone. Oleh karena itu, penting bagi OPPO untuk menghadirkan antarmuka yang nyaman dan tidak membuat pengguna lelah.

Selain menghadirkan empat desain ikon yang berbeda, termasuk beberapa opsi minimalis lainnya, OPPO juga menyodorkan font OPPO Sans baru ke dalam ColorOS 7. Karakter font Cina dikembangkan oleh Zhu Zhiwei dari Hanyi Fonts, sedangkan karakter barat dikembangkan oleh perusahaan desain asal AS, Pentagram.

Hal yang cukup menarik dan juga mengejutkan, font OPPO Sans telah dirilis gratis untuk digunakan oleh semua orang, bahkan untuk penggunaan komersial. Tidak hanya itu, ColorOS 7 juga menghadirkan mode gelap seluruh sistem yang juga mencakup aplkasi pihak ketiga.

Terkait dengan hal ini, pengguna dapat menjadwalkan mode gelap untuk diterapkan pada waktu tertentu dalam sehari. Ya! Mode gelap alias Dark Mode sengaja dihadirkan oleh OPPO ke dalam ColorOS 7 untuk mengurangi ketegangan mata pengguna agar tidak cepat lelah.

Fitur baru lainnya yang ditawarkan oleh ColorOS 7 adalah mode Focus terbaru, mirip dengan mode Zen yang ada di dalam OxygenOS. ColorOS 7 juga lebih pintar. Secara otomats dapat beralih ke mode berkendara jika terhubung ke Bluetooth di kendaraan dan dapat mengirim pengingat mode tidur di malam hari.

Kepintaran lainnya adalah dapat mengaktifkan DND dan mode gelap pada perangkat. Selain itu, ColorOS 7 juga dilengkapi dengan fitur setengah layar yang memungkinkan user interface menampilkan kartu kecil seperti kontak, kalender, dan alarm di bagian bawah layar.

Ya! Hal ini berbeda dari mode layar yang terbagi secara konvensional yang ditemukan di versi sebelumnya. Berbicara tentang split-screen, ColorOS 7 juga dilengkapi dengan tombol Flashback (nama internasional mungkin berbeda) khusus yang akan berguna ketika kalian ingin lebih cepat beralih di antara dua aplikasi.

Ada juga pengelola kata sandi baru yang diberdayakan oleh Google. OPPO juga tidak melupakan fitur kamera yang ada di ColorOS 7. Disebutkan oleh OPPO bahwa mereka telah men-tweak antarmuka kamera. Selain itu, OPPO juga telah menyisipkan fitur mode portrait 2.0, mode malam, super stabilisasi dan editor video SoLoop.

ColorOS 7 juga telah mendukung tangkapan layar yang panjang dengan bantuan tiga jari. Fitur baru lainnya adalah dukungan tambahan untuk protokol transfer file lintas-merek. Ya! beberapa bulan lalu memang ada pemberitaan bahwa OPPO, Xiaomi, vivo dan brand lainnya berkumpul bersama untuk membuat aliansi transfer file lintas-merek.

Dalam hal peningkatan kinerja, ColorOS 7 diklaim oleh OPPO sudah mengalami peningkatan kecepatan dan kelancaran startup aplikasi. Dikatakan bahwa kecepatan startup aplikasi telah meningkat sebesar 25% dan kelancaran sistem serta pemanfaatan RAM telah meningkat masing-masing 30% dan 40%.

Bahkan, kinerja game dilaporkan turut meningkat, dengan respon sentuh dan kecepatan frame rate game meningkat masing-masing sebesar 15% dan 19% di ColorOS 7 ini. Ya! Angka-angka tersebut kemungkinan besar tentunya dibandingkan oleh OPPO dengan ColorOS 6.

OPPO juga  mengatakan bahwa ada lebih dari 300 juta pengguna ColorOS di seluruh dunia. Selain itu, antarmuka ini juga telah diterjemahkan di lebih dari 40 negara dan di lebih dari 80 bahasa di seluruh dunia. Dikatakan, untuk pertama kalinya ColorOS 7 akan tersedia pada model OPPO Reno3 yang akan diluncurkan Desember 2019.

Comments

Harga HP Terbaru

Harga HP6 months ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy M34 5G

Gebrakan terbaru yang ditunjukkan oleh Samsung di pasar smartphone Indonesia adalah meluncurkan Galaxy M34 5G. Smartphone ini dipasarkan dengan harga...

Harga HP10 months ago
Harga dan Spesifikasi POCO F5

Datang sebagai smartphone flagship, POCO F5 hadir ditujukan untuk para gamer, penggiat fotografi, dan tech lovers.

Harga HP12 months ago
Harga dan Spesifikasi vivo Y36

vivo kembali membuat kejutan di pasar smartphone Indonesia dengan meluncurkan vivo Y36. Smartphone yang membawa segudang daya tarik ini dibanderol...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy A54 5G

Galaxy A54 5G sudah hadir resmi di Indonesia. Bagi kalian yang tertarik meminang smartphone ini, Galaxy A54 5G datang dengan...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi Redmi Note 12 Pro 5G

Xiaomi kembali menggebrak pasar Indonesia pada akhir bulan Maret lalu dengan meluncurkan Redmi Note 12 Pro 5G. Smartphone kelas menengah...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi OPPO Reno8 T 5G

Pada bulan Maret 2023 lalu OPPO telah secara resmi meluncurkan OPPO Reno8 T 5G di pasar Indonesia. Smartphone mid-range ini...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi realme C55 NFC

realme secara resmi telah memasarkan realme C55 NFC di Indonesia sejak awal Maret 2023. Smartphone entry-level ini membawa banyak fitur...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi POCO X5 5G

Bulan Februari lalu POCO secara resmi telah meluncurkan POCO X5 5G di pasar Indonesia. Smartphone kelas menengah ini datang dengan...

Aplikasi DroidLime

Get it on Google Play

Populer