Connect with us
FX507Z
Berita

ColorOS 14 berbasis Android 14 Resmi di Rilis OPPO, Ini Fitur-fitur Barunya

Updated

15 Januari 2024, OPPO resmi meluncurkan ColorOS 14 versi global. Sebagai salah satu sistem operasi pertama yang berbasis Android 14, ColorOS 14 memperkenalkan desain Aquamorphic dan berbagai fitur smart bertenaga AI untuk meningkatkan efesiensi, kemudahan penggunaan, serta performa yang tinggi dan perlindungan privasi.

Terinspirasi oleh air, OPPO merancang bahasa desain Aquamorphic yang menghadirkan hubungan harmonis antara manusia dengan teknologi. Dikembangkan berdasarkan ColorOS 13 yang sukses mendapat penghargaan, ColorOS 14 mengoptimalkan desain Aquamorphic dengan efek suara baru, sistem warna, interaksi, dan banyak lagi.

Di sektor suara, OPPO bermitra dengan tim desain suara terkemuka dunia, yakni Sonic Minds dan Epicsound untuk memberikan efek suara yang baru di ColorOS 14. Efek suara ini mencakup sepuluh set nada derring bertema Aquamorphic untuk panggilan, alarm, dan notifikasi, termasuk juga tujuh suara AI yang bertujuan memberikan pengalaman audio yang harmonis bagi pengguna perangkat OPPO.

Selain suara, ColorOS 14 menghadirkan sistem Aquamorphic Colouring yang dapat secara cerdas beradaptasi dengan status dan waktu pada smartphone. 

Fitur lain yang diperkenalkan ColorOS 14 adalah desain Aqua Dynamics. Fitur ini mengintegrasikan interaksi umum ke dalam bentuk gelembung kapsul, sehingga terlihat lebih dinamis dan lebih dari sekadar status bar biasa.

Selanjutnya adalah fitur Always-On Display. Menyempurnakan dari versi sebelumnya yaitu Homeland, kali ini di ColorOS 14 memperkenalkan Always-On Display Go Green yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran pengguna akan perubahan iklim dan perlindungan lingkungan.

AOD Go Green menampilkan tiga set halaman Visi Lingkungan dengan masing-masing mencakup lima animasi lingkungan yang dapat berubah berdasarkan jumlah langkah harian pengguna. Dengan begitu pengguna akan mendapatkan informasi tentang pengurangan emisi karbon dioksida dengan cara berjalan kaki dibandingkan menggunakan transportasi lain.

Meningkatkan Efisiensi dengan Fitur Cerdas Bertenaga AI

Saat ini, AI telah memainkan peran penting dalam meningkatkan efisiensi. ColorOS 14 dibekali dengan serangkaian fitur cerdas bertenaga AI untuk membantu pengguna meningkatkan efisiensi aktivitasnya sehari-hari.

Smart Touch bertenaga AI memungkinkan pengguna untuk memilih konten seperti teks, gambar, dan video dari sistem serta aplikasi pihak ketiga dan menyimpannya dalam File Dock, atau bahkan menggabungkannya ke dalam satu catatan secara ringkas, cukup dengan langkah “select and drag” di konten tersebut.

File Dock baru di Smart Sidebar memungkinkan pengguna untuk berbagi konten di seluruh aplikasi dengan lebih mudah melalui split screen, floating windows, atau Dock itu sendiri. Konten dapat disimpan secara otomatis di File Dock dan dapat disesuaikan di berbagai perangkat seperti smartphone dan tablet.

Smart Image Matting adalah fitur pertama dalam smartphone yang memungkinkan pengguna untuk memotong beberapa subjek seperti orang dan hewan dari satu gambar atau video yang dijeda. Pengguna dapat mengedit potongan konten dalam mode File Pocket, File Dock, dan split screen, berbagi dengan teman, atau menggunakan potongan konten tersebut untuk mempersonalisasi wallpaper atau poster.

Di sisi Performa, Trinity Engine di ColorOS 14 meningkatkan kelancaran dan stabilitas smartphone dengan mengelola sumber daya komputasi, memori, dan penyimpanan. Tiga fitur utama Trinity Engine termasuk Vitalisasi ROM, Vitalisasi RAM, dan Vitalisasi CPU.

Vitalisasi ROM dapat mengosongkan ruang memori dengan mengompresi data aplikasi dan file melalui App Compression dan File Compression dalam pengaturan Phone Manager.

Vitalisasi RAM dapat mempercepat kinerja memori untuk meningkatkan efisiensi multi aplikasi dan menjaga lebih banyak aplikasi tetap berjalan di latar belakang. 

Vitalisasi CPU adalah teknologi penjadwalan daya komputasi tingkat sistem dari OPPO. Teknologi ini dapat menjadwalkan sumber daya dengan tepat sekaligus menentukan keseimbangan terbaik antara performa dan konsumsi daya sehingga daya baterai bisa lebih awet.

Selain itu, ColorOS 14 menghadirkan Smart Charging yang merupakan algoritma AI yang dapat secara otomatis menyesuaikan arus pengisian daya berdasarkan status penggunaan smartphone untuk membantu mencegah pemakaian baterai yang tidak diperlukan. Arctic Mode memiliki dua opsi untuk dipilih pengguna berdasarkan skenario berbeda.

Perlindungan Keamanan dan Privasi

ColorOS 14 mengintegrasikan kemampuan privasi dasar Android 14 dan memperkenalkan fitur baru yaitu Picture Keeper. Fitur ini dirancang untuk mencegah aplikasi menyalahgunakan izin akses foto atau video pribadi Anda. Aplikasi perlu mendapatkan izin untuk mengakses foto atau video yang dipilih setiap kali pengguna mengaktifkan pengelolaan izin baru.

Fitur lainnya yang disematkan dalam ColorOS 14 adalah kemudahan berinteraksi dengan Grab dan melihat pembaruan perjalanan secara real-time melalui Aqua Dynamics. Snapchat kini tersedia melalui shortcut pada lock-screen. Selanjutnya, OPPO dan Microsoft bekerjasama memadukan Windows dan ColorOS. Pengguna OPPO kini dapat dengan mudah menghubungkan smartphone mereka dengan PC melalui Phone Link. Selain itu, penyimpanan cloud gratis hingga 15GB untuk setiap akun Google.

Jadwal Peluncuran ColorOS 14

Peluncuran global ColorOS 14 dimulai pada perangkat OPPO pada kuartal terakhir tahun 2023 dan lebih dari 20 perangkat telah ditingkatkan. Di Indonesia, OPPO Reno11 Series yang diluncurkan secara resmi minggu lalu menjadi perangkat pertama untuk debut ColorOS 14. Pada kuartal pertama tahun 2024, akan lebih banyak lagi perangkat OPPO yang diperbarui dengan ColorOS 14 ini.

Comments

Harga HP Terbaru

Harga HP6 months ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy M34 5G

Gebrakan terbaru yang ditunjukkan oleh Samsung di pasar smartphone Indonesia adalah meluncurkan Galaxy M34 5G. Smartphone ini dipasarkan dengan harga...

Harga HP10 months ago
Harga dan Spesifikasi POCO F5

Datang sebagai smartphone flagship, POCO F5 hadir ditujukan untuk para gamer, penggiat fotografi, dan tech lovers.

Harga HP12 months ago
Harga dan Spesifikasi vivo Y36

vivo kembali membuat kejutan di pasar smartphone Indonesia dengan meluncurkan vivo Y36. Smartphone yang membawa segudang daya tarik ini dibanderol...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy A54 5G

Galaxy A54 5G sudah hadir resmi di Indonesia. Bagi kalian yang tertarik meminang smartphone ini, Galaxy A54 5G datang dengan...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi Redmi Note 12 Pro 5G

Xiaomi kembali menggebrak pasar Indonesia pada akhir bulan Maret lalu dengan meluncurkan Redmi Note 12 Pro 5G. Smartphone kelas menengah...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi OPPO Reno8 T 5G

Pada bulan Maret 2023 lalu OPPO telah secara resmi meluncurkan OPPO Reno8 T 5G di pasar Indonesia. Smartphone mid-range ini...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi realme C55 NFC

realme secara resmi telah memasarkan realme C55 NFC di Indonesia sejak awal Maret 2023. Smartphone entry-level ini membawa banyak fitur...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi POCO X5 5G

Bulan Februari lalu POCO secara resmi telah meluncurkan POCO X5 5G di pasar Indonesia. Smartphone kelas menengah ini datang dengan...

Aplikasi DroidLime

Get it on Google Play

Populer