Connect with us
ASUS Oled
Berita

Clubhouse Rilis 3 Fitur Baru, Audio Spasial Bisa Dinikmati Pengguna Android

Clubhouse kembali memanjakan para penggunanya dengan meluncurkan tiga fitur baru, yakni Clip, Replays dan Universal Search. Tak ketinggalan, Clubhouse juga menghadirkan Audio Spasial untuk pengguna Android.

Updated

Setelah melihat 1 miliar pesan melalui Backchannel terkirim sejak Juli 2021, dan menerima respon yang sangat positif dari peluncuran fitur Wave👋 minggu lalu, Clubhouse terus berusaha memberikan yang terbaik bagi penggunanya, atau yang sering disebut sebagai Clubhousers.

Ya! Clubhouse baru saja secara resmi meluncurkan fitur baru yaitu Clips✄, Replays, dan Pencarian Universal. Tak hanya itu, Clubhouse juga dengan bangga mengumumkan bahwa Audio Spasial saat ini sudah bisa dinikmati oleh pengguna Clubhouse pada perangkat berbasis Android.

Clubhouse selalu dibangun berdasarkan saran dan masukan yang diberikan oleh komunitas. Oleh karena itu, tim Clubhouse terus berusaha untuk menciptakan fitur-fitur baru yang tidak hanya memberi rasa nyaman, tetapi juga memudahkan Clubhousers di seluruh dunia.

Sebelumnya, Clubhouse telah mendengar bahwa komunitas menyukai momen-momen menyenangkan yang terjadi di dalam aplikasi Clubhouse. Mereka berharap dapat mengulang dan mendengarkan kembali, atau bahkan membagikan momen tersebut kepada orang lain.

Selain itu, mereka juga menginginkan cara pencarian yang lebih baik dan lebih cepat untuk menemukan room, kreator, acara, atau klub. Itulah alasan mengapa Clubhouse meluncurkan ketiga fitur tersebut yang diharapkan mampu menjawab keinginan Clubhousers.

Clips

Dengan menggunakan fitur Clips, kalian dapat membuat cuplikan berdurasi 30 detik berisi momen di public room Clubhouse. Kemudian, kalian juga bisa membagikan cuplikan yang telah dibuat kepada orang lain dimanapun mereka berada, sehingga orang yang tidak berada di Clubhouse dapat mengetahui momen yang terjadi di aplikasi tersebut.

Dampaknya, jumlah audiens yang hadir di room tersebut dapat meningkat. Hal ini disebabkan pada saat seseorang membagikan cuplikan tersebut, di dalamnya akan ada tautan yang akan membawa mereka ke room tersebut di Clubhouse untuk ikut mengobrol dan berdiskusi tentang cuplikan yang mereka lihat sebelumnya.

Saat kalian berada di room yang mengaktifkan fitur Clip, kalian akan melihat ikon gunting kecil ✄. Klik ikon tersebut untuk membuat cuplikan berdurasi 30 detik di room tersebut. Berikut adalah cara kerjanya:

  • Saat Anda mulai membuat room, Anda dapat memilih apakah Anda ingin fitur Clips diaktifkan atau tidak. Mereka akan aktif secara default untuk room terbuka/publik, dan Anda dapat menonaktifkannya kapan saja. Fitur ini tidak tersedia untuk rooms yang sifatnya tertutup atau private.
  • Jika Anda telah mengaktifkan fitur Clips, orang akan melihat ikon gunting kecil (✄), yang dapat mereka tekan kapan saja untuk mengambil cuplikan berdurasi 30 detik terakhir. Hal tersebut memungkinkan mereka dapat membagikan cuplikan room dengan orang lain, atau mengabadikan momen luar biasa yang baru saja terjadi room tersebut.
  • Orang-orang dapat membagikan Clips mengenai room Anda ke Instagram, Twitter, Facebook, iMessage, atau WhatsApp — dan bahkan menyimpannya ke rol kamera mereka untuk diedit terlebih dahulu.

Saat ini, fitur Clips masih berupa versi beta, dan baru bisa dinikmati oleh para kreator dalam jumlah terbatas. Clubhouse juga akan melihat dan mempelajari lebih dalam bagaimana para kreator tersebut menggunakan fitur ini dan akan membuat beberapa penyesuaian untuk mengantisipasi adanya kejahatan atau penyalahgunaan dari fitur ini.

Replays

Mulai Oktober 2021, para kreator dapat merekam sebuah room, menyimpannya ke profil dan klubnya, atau mendownloadnya agar dapat membagikan room tersebut ke platform lainnya. Untuk hal ini, Clubhousers dapat memanfaatkan fitur Replays.

Selain itu, kreator dan moderator juga akan memegang kendali dan dapat memutuskan kapan mereka ingin mengaktifkan fitur Replays atau kapan mereka ingin membuat percakapan di room tersebut off the record atau menjadi tidak terekam.

Fitur Replays ini dapat mempermudah kreator membuat konten audio yang bagus, dan hal tersebut juga dapat menarik lebih banyak audiens untuk hadir di room tersebut. Saat ini, Clubhouse masih akan menguji dan terus mengembangkan fitur ini selama beberapa minggu ke depan, dan berencana meluncurkannya pada Oktober 2021.

Universal Search

Sekarang, ketika Clubhousers mengetikkan kata kunci atau nama kreator di kolom pencarian, mereka akan melihat room yang relevan (baik yang sedang berlangsung maupun terjadwal), nama kreator, klub, profil, dan lainnya untuk mempermudah pencarian.

Fitur ini akan meningkatkan kemampuan sebuah klub serta room untuk mendapatkan audiens yang tepat dan cepat. Clubhousers juga sudah bisa menggunakan fitur Universal Search ini di perangkat berbasiskan iOS dan Android sejak 30 September 2021 lalu.

Bonus! Audio Spasial sudah bisa dinikmati pengguna Android

Audio Spasial telah mendapat sambutan hangat dari para pengguna Clubhouse di perangkat berbasiskan iOS. Menariknya, sejak bulan Agustus 2021 lalu, fitur ini dapat meningkatkan pengalaman yang menarik di Clubhouse, dan telah digunakan di berbagai macam room seperti pertunjukan musik, story telling, hingga room debat.

Oleh karena itu, saat ini dengan bangga Clubhouse meluncurkan Audio Spasial ini untuk semua orang, termasuk bagi para pengguna smartphone atau pun tablet berbasis Android. Jadi, selamat menikmati fitur tersebut, untuk pengguna Android di seluruh dunia.

Comments

Harga HP Terbaru

Harga HP2 weeks ago
Harga dan Spesifikasi vivo X70 Pro 5G

Dipasar Indonesia, vivo baru saja memperbarui lini X Series yang dimilikinya dengan meluncurkan vivo X70 Pro 5G. Smartphone ini datang...

Harga HP2 weeks ago
Harga dan Spesifikasi Infinix ZERO X Pro

Dipasar Indonesia, Infinix baru saja memperkenalkan smartphone barunya yang masuk ke dalam lini ZERO. Ya! Smartphone tersebut adalah Infinix ZERO...

Harga HP1 month ago
Harga dan Spesifikasi Redmi 10

Xiaomi secara resmi telah memboyong smartphone entry-level terbarunya ke pasar Indonesia. Smartphone tersebut adalah Redmi 10 yang datang sebagai "Jagoannya...

Harga HP1 month ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy A52s 5G

Meramaikan pasar smartphone 5G, Samsung membuat kejutan dengan meluncurkan Galaxy A52s 5G. Smartphone ini ditenagai Snapdragon 778G dan dijual seharga...

Harga HP2 months ago
Harga dan Spesifikasi POCO X3 GT

POCO kembali membuat gebrakan dengan meluncurkan POCO X3 GT di pasar Indonesia. Smartphone ini dijual mulai dari harga Rp4.399.000 dan...

Harga HP2 months ago
Harga dan Spesifikasi realme GT Master Edition

Di pasar smartphone 5G, realme punya amunisi baru, yakni realme GT Master Editition. Smartphone ini sudah melenggang resmi di Indonesia...

Harga HP3 months ago
Harga dan Spesifikasi POCO M3 Pro 5G

POCO secara resmi telah meluncurkan smartphone terbarunya di pasar Indonesia. Smartphone tersebut adalah POCO M3 Pro 5G yang ditenagai SoC...

Harga HP4 months ago
Harga dan Spesifikasi realme 8 5G

realme membuat kejutan di pasar smartphone 5G di Indonesia dengan meluncurkan realme 8 5G. Smartphone yang ditenagai Dimensity 700 ini...

Aplikasi DroidLime

Get it on Google Play

Populer