Connect with us
UM3406
Berita

Cerita Melvin Tan yang Terbantu dengan Program Magang di SRIN

Samsung punya program magang untuk mahasiswa di Samsung Research Indonesia (SRIN) dan ini sudah eksis sejak tahun 2014. Salah satu mahasiswa yang sudah mencicipi program magang ini adalah Melvin Tan.

Updated

Guna mengaplikasikan sebagian ilmu yang sudah diterima, tak sedikit mahasiswa ramai-ramai mencari perusahaan untuk magang. Ya! Magang adalah sebuah kewajiban yang harus dipenuhi untuk kebutuhan kampus, selain mencari pengalaman kerja sebelum lulus.

Nah! Bagi kalian yang belum tahu, Samsung juga punya program magang di Samsung Research Indonesia (SRIN) dan ini sudah eksis sejak tahun 2014. Saat ini, para mahasiswa bisa mendaftar program SRIN dari kampus yang sudah bekerja sama dengan SRIN.

Seperti dijelaskan oleh Risman Adnan, Director of Software R&D SRIN bahwa selama satu dekade, SRIN telah menjangkau ratusan talenta digital Tanah Air. SRIN sendiri bagian dari Samsung, sebuah perusahaan teknologi besar yang juga ada di Indonesia.

“Sejak 10 tahun lalu hingga saat ini, SRIN bersama ratusan anak muda Indonesia bertalenta digital berkarya dengan fasilitas laboratorium di bidang layanan aplikasi seluler, AI, IoT, cloud, dan data management, layanan inovasi, hingga inovasi B2B,” ucap Risman.

Lantas, keuntungan apa saja yang bisa didapat oleh mahasiswa yang magang di SRIN? Adalah Melvin Tan, salah satu peserta yang sedang mengikuti program magang SRIN. Selama magang, Melvin ditempatkan di Data Management Part.

Di Data Management Part, Melvin bertugas mengerjakan task product maupun project development yang diberikan sesuai dengan tenggat waktunya. Kewajibannya, Melvin harus melaporkan hasil kerja, termasuk progres kerja, selama proses pengerjaan.

“Lalu di akhir project, saya berkewajiban untuk menjelaskan learning dan insight yang didapat selama berada di dalam tim development project tersebut. Tentu saja, ini sebuah pengalaman yang menarik bagi saya bisa berkesempatan magang di SRIN,” kata Melvin.

Selain pengembangan aplikasi, SRIN juga terlibat dalam komersialisasi layanan dan membantu Samsung menjadi satu-satunya pembuat perangkat komunikasi di Indonesia yang memenuhi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN), seperti yang sudah ditentukan oleh pemerintah.

Beberapa aplikasi yang sudah dibuat SRIN antara lain, Samsung Gift Indonesia, Samsung Pay Indonesia, Salaam, S-Lime dan App Station untuk perangkat Samsung Galaxy terbaru di pasar regional dan global. Pengembangan aplikasi ini telah dinikmati manfaatnya oleh jutaan konsumen di Indonesia.

Tercatat, lebih dari 140 talenta digital berbakat sudah mengikuti dalam program internship di SRIN. Mereka berasal dari kampus-kampus ternama yang ada di Indonesia, seperti Universitas Indonesia, Bina Nusantara, hingga Institut Teknologi Bandung (ITB).

Lebih lanjut, Melvin juga bercerita tentang hal positif yang didapat selama bergabung dengan SRIN. Menurutnya, setidaknya ada tiga hal yaitu pengalaman, soft skill, dan ilmu teknis. Dirinya pun dapat mengaplikasikan secara real ilmu yang di pelajari selama di bangku kuliah.

“Tak hanya itu, magang di SRIN saya juga mendapat ilmu baru yang tidak saya dapatkan sebelumnya di perkuliahan. Saya juga dapat melihat dan mengenali trend di dunia industri yang terkini dan berkaitan dengan ilmu atau bidang yang saya tekuni,” tambah Melvin.

Meski begitu, Melvin tak menampik selama magang di SRIN dirinya juga mendapati beberapa kesulitan. Salah satunya pada hal teknis seperti bahasa pemrograman. Ya! Menurutnya, bahasa pemrograman ini asing, karena tidak diajarkan atau ia dapatkan di bangku kuliah.

Beruntung, para mentor di SRIN dengan sigap selalu membantunya. Melvin sendiri juga banyak belajar dari rekan-rekannya yang mengerjakan project serupa. Selain mentor, Melvin juga dibantu para seniornya yang sudah ada lebih dahulu di dalam project tersebut.

Hal ini menjadi bukti bahwa SRIN tak hanya mempekerjakan peserta magang, tapi mereka juga membimbing dan mengembangkan para talenta digital muda agar bisa menyelesaikan masalah. Saat terjun ke dunia kerja, pengalaman yang di dapat di SRIN tentunya sangat berguna.

Sejak 2018, Samsung juga telah memberikan kesempatan Praktik Kerja Lapangan (PKL) kepada lebih dari 1.400 siswa sekolah menengah kejuruan yang ditempatkan di Samsung Service, toko retail Samsung, dan melalui Samsung Innovation Campus (SIC) dengan program intensive bootcamp-nya.

Comments

Harga HP Terbaru

Berita4 weeks ago
Mengusung Banyak Fitur Keren, Berikut Spesifikasi Reno 12 Pro 5G

Oppo kembali menghadirkan smartphone dengan spek tinggi. Salah satunya adalah Oppo Reno 12 Pro 5G dengan performa yang bisa diandalkan....

Harga HP8 months ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy M34 5G

Gebrakan terbaru yang ditunjukkan oleh Samsung di pasar smartphone Indonesia adalah meluncurkan Galaxy M34 5G. Smartphone ini dipasarkan dengan harga...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi POCO F5

Datang sebagai smartphone flagship, POCO F5 hadir ditujukan untuk para gamer, penggiat fotografi, dan tech lovers.

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi vivo Y36

vivo kembali membuat kejutan di pasar smartphone Indonesia dengan meluncurkan vivo Y36. Smartphone yang membawa segudang daya tarik ini dibanderol...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy A54 5G

Galaxy A54 5G sudah hadir resmi di Indonesia. Bagi kalian yang tertarik meminang smartphone ini, Galaxy A54 5G datang dengan...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi Redmi Note 12 Pro 5G

Xiaomi kembali menggebrak pasar Indonesia pada akhir bulan Maret lalu dengan meluncurkan Redmi Note 12 Pro 5G. Smartphone kelas menengah...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi OPPO Reno8 T 5G

Pada bulan Maret 2023 lalu OPPO telah secara resmi meluncurkan OPPO Reno8 T 5G di pasar Indonesia. Smartphone mid-range ini...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi realme C55 NFC

realme secara resmi telah memasarkan realme C55 NFC di Indonesia sejak awal Maret 2023. Smartphone entry-level ini membawa banyak fitur...

Aplikasi DroidLime

Get it on Google Play

Populer