Connect with us
FX507Z
Berita

Belanja Online Lebih Praktis, Tokopedia Hadirkan Fitur Augmented Reality

Masyarakat kini bisa memanfaatkan fitur Augmented Reality (AR) dan sederet inovasi teknologi lainnya yang bisa membuat pengalaman belanja online makin praktis.

Updated

Tokopedia tak pernah berhenti berinovasi dan kali ini gebrakan terbaru yang dihadirkan adalah dengan meluncurkan fitur Augmented Reality (AR). Melalui fitur AR di Tokopedia, masyarakat dapat mencoba berbagai produk makeup, seperti lipstik, foundation dan lain-lain, secara virtual sebelum membeli.

Seperti dikatakan oleh Azzahra Rahmani Ali, Category Strategic Partnership Senior Lead Tokopedia bahwa inovasi teknologi AR di dalam aplikasi Tokopedia hadir berkat kolaborasi bersama mitra strategis demi memberikan nilai tambah pada pengalaman belanja online.

“Dengan fitur ini kami berharap bisa semakin membantu konsumen mendapatkan produk makeup yang sesuai dengan warna kulit. Konsumen juga bisa memilih hingga empat varian produk secara bersamaan sehingga bisa membandingkannya secara lebih praktis,” ungkap Azzahra.

Selain fitur AR, Tokopedia juga memanjakan konsumennya dengan menghadirkan fitur Keyboard Tokopedia. Fitur yang baru bisa digunakan di perangkat iOS ini memungkinkan pengguna untuk membagikan barang yang ada di wishlist Tokopedia mereka ke teman atau kerabat dengan lebih mudah.

“Untuk mengaktifkan fitur Keyboard Tokopedia, pengguna bisa klik Settings (Pengaturan) di perangkat iOS dengan aplikasi Tokopedia versi 2.217 atau yang lebih baru. Kemudian, pilih Tokopedia lalu klik menu ‘Keyboards’ dan aktifkan toggle Tokopedia, serta Allow Full Access,” jelas Azzahra.

Pengguna lalu hanya perlu ke aplikasi chat apa pun dan klik serta tahan ikon, dan klik Tokopedia. Selain fitur Keyboard Tokopedia, Tokopedia juga telah meluncurkan fitur Bagikan Alamat. Dengan fitur ini, pengguna tidak perlu lagi mengetik alamat penerima secara manual.

Untuk meminta alamat dari teman atau kerabat yang ingin dikirimi hadiah, pengguna bisa masuk ke aplikasi Tokopedia lalu klik ikon di pojok kanan atas halaman utama. Kemudian klik ikon dan pilih ‘Daftar Alamat’. Pilih tab ‘Dari Teman’, lalu klik ‘Minta alamat ke teman kamu’.

Setelah itu, pengguna dapat memasukkan e-mail atau nomor handphone teman yang ingin dikirimkan permintaan alamat, lalu klik ‘Minta Alamat’. Bagi pengguna yang menerima permintaan alamat, buka aplikasi Tokopedia dan klik ikon di halaman utama Tokopedia. Lalu, klik notifikasi permintaan alamat, dan pilih alamat untuk dibagikan, kemudian klik ‘Bagikan Alamat’.

Daya tarik lainnya dari fitur Bagikan Alamat ini, pengguna juga dapat mengirimkan alamat yang terdaftar di aplikasi Tokopedia mereka secara langsung kepada teman atau kerabat (sesama pengguna Tokopedia lainnya) lewat fitur Bagikan Alamat.

Caranya sangat mudah! Klik ikon di pojok kanan atas halaman utama, kemudian klik ikon dan pilih ‘Daftar Alamat’. Klik ikonpada alamat yang ingin dikirim, lalu masukkan email atau nomor handphone teman atau kerabat yang ingin dikirimkan alamat tersebut.

Di sisi lain, bagi pengguna aplikasi Tokopedia yang sudah dikirimi alamat dari teman atau kerabat lewat fitur Bagikan Alamat di Tokopedia tak perlu bingung. Ya! Mereka hanya perlu klik ikon notifikasi yang ada pada halaman utama dari aplikasi Tokopedia.

Kemudian, klik notifikasi yang memberi tahu bahwa teman atau kerabat telah mengirimkan alamat, misalnya ‘Toppers mengirimkan alamat!’. Selanjutnya, pengguna bisa pilih alamat tersebut dan klik ‘Simpan’ dan setelah itu alamat akan tersimpan secara otomatis di Daftar Alamat.

“Fitur Keyboard Tokopedia dan Bagikan Alamat berlaku untuk seluruh kategori produk yang ada di dalam aplikasi Tokopedia, mulai dari kecantikan dan perawatan diri, makanan dan minuman, elektronik, gadget dan beragam kategori produk lainnya,” tambah Azzahra.

Selain menyediakan berbagai fitur untuk mempermudah pembeli berbelanja online, Tokopedia juga menghadirkan sejumlah fitur menarik lainnya untuk membantu pelaku usaha di Indonesia, khususnya UMKM lokal, guna meningkatkan daya saing bisnis online yang dijalani.

“Ada berbagai fitur terbaru yang bisa dimanfaatkan penjual, yaitu fitur Spesifikasi, Katalog Tokopedia dan Kurir Rekomendasi. Fitur-fitur ini berlaku untuk berbagai kategori produk, mulai dari kecantikan dan perawatan diri, makanan dan minuman, elektronik, gadget dan masih banyak lagi,” ujar Azzahra.

Pada fitur Spesifikasi, penjual bisa memberikan informasi produk lebih lengkap, seperti manfaat, kandungan produk hingga cara pakai. Sedangkan Katalog Tokopedia membantu penjual melakukan kurasi produk unggulan agar pembeli bisa lebih mudah memilih dan membandingkan produk berdasarkan harga, ulasan dan lain-lain.

Di sisi lain, Kurir Rekomendasi, menerapkan AI untuk merekomendasikan mitra logistik terbaik berdasarkan performa sehingga kualitas pengiriman makin terjaga. Layanan ini tersedia di Jabodetabek, Medan, Deli Serdang, Yogyakarta, Bantul, Sleman, Semarang, Surakarta, Malang, Denpasar, Surabaya, Sidoarjo, Bandung dan akan terus bertambah di kota lainnya.

“Untuk meningkatkan daya saing penjual, kami menghadirkan fitur Kurir Rekomendasi. Melalui fitur yang sudah mengadopsi teknologi AI ini penjual bisa mengatur jadwal pick up barang. Selain itu, penjual juga bisa live chat bersama tim khusus apabila terjadi kendala pengiriman,” pungkas Azzahra.

Comments

Harga HP Terbaru

Harga HP6 months ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy M34 5G

Gebrakan terbaru yang ditunjukkan oleh Samsung di pasar smartphone Indonesia adalah meluncurkan Galaxy M34 5G. Smartphone ini dipasarkan dengan harga...

Harga HP11 months ago
Harga dan Spesifikasi POCO F5

Datang sebagai smartphone flagship, POCO F5 hadir ditujukan untuk para gamer, penggiat fotografi, dan tech lovers.

Harga HP12 months ago
Harga dan Spesifikasi vivo Y36

vivo kembali membuat kejutan di pasar smartphone Indonesia dengan meluncurkan vivo Y36. Smartphone yang membawa segudang daya tarik ini dibanderol...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy A54 5G

Galaxy A54 5G sudah hadir resmi di Indonesia. Bagi kalian yang tertarik meminang smartphone ini, Galaxy A54 5G datang dengan...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi Redmi Note 12 Pro 5G

Xiaomi kembali menggebrak pasar Indonesia pada akhir bulan Maret lalu dengan meluncurkan Redmi Note 12 Pro 5G. Smartphone kelas menengah...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi OPPO Reno8 T 5G

Pada bulan Maret 2023 lalu OPPO telah secara resmi meluncurkan OPPO Reno8 T 5G di pasar Indonesia. Smartphone mid-range ini...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi realme C55 NFC

realme secara resmi telah memasarkan realme C55 NFC di Indonesia sejak awal Maret 2023. Smartphone entry-level ini membawa banyak fitur...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi POCO X5 5G

Bulan Februari lalu POCO secara resmi telah meluncurkan POCO X5 5G di pasar Indonesia. Smartphone kelas menengah ini datang dengan...

Aplikasi DroidLime

Get it on Google Play

Populer