Connect with us
FX507Z
Berita

ASUS ExpertBook P1 (P1412), Laptop Pertama ASUS Produksi Indonesia

Sudah memenuhi persyaratan TKDN, ASUS ExpertBook P1 (P1412) yang diproduksi di Indonesia ditujukan untuk instansi dan UKM lintas industri.

Updated

ASUS tak pernah berhenti untuk menggelontorkan laptop baru ke pasar Indonesia. Baru-baru ini, pabrikan laptop yang berbasis di Taiwan itu menghadirkan ASUS ExpertBook P1 (P1412). Ini adalah laptop yang ditujukan untuk berbagai sektor industri dengan berbagai skala bisnis.

Seperti diketahui, saat ini pemerintah Indonesia terus berupaya meningkatkan pertumbuhan industri dalam negeri, dan salah satu industri yang didorong untuk tumbuh adalah industri laptop. Kebijakan Tingkat Komponen Dalam Negeri pun diberlakukan.

“Di manapun berada, kami selalu tunduk dan patuh terhadap regulasi pemerintah, termasuk Indonesia. Adalah tanggung jawab kami untuk berkontribusi pada pertumbuhan industri dengan comply pada regulasi pemerintah,” sebut Jimmy Lin, Regional Director ASUS South East Asia.

Sebagai produsen utama di industri laptop di Indonesia, ASUS selalu patuh dengan kebijakan pemerintah. Terbukti, sejak Q4 2022, ASUS mulai mengembangkan produksi laptop di Indonesia dan ExpertBook P1 (P1412) Series merupakan produk perdananya.

Seperti dijelaskan oleh Yulianto Hasan, Director of Commercial Product, ASUS Indonesia bahwa dalam mewujudkan visi dan misi pembangunan industri, ASUS dengan bangga berkontribusi dalam meningkatkan peran sektor industri dalam perekonomian nasional.

“Perlahan tapi pasti, industri Indonesia 4.0 terwujud. Ke depan, ASUS Indonesia tentu akan mengembangkan lini produksi laptop dalam negeri. Dengan memproduksi laptop di Indonesia, kami berharap ASUS bisa berkontribusi terhadap pembangunan, dan transfer teknologi,” ujar Hasan.

Tersedia dalam Berbagai Konfigurasi

Sesuai dengan target pasar yang ingin dituju, laptop untuk segmen bisnis ataupun industri harus bisa dirancang lebih fleksibel dari sisi konfigurasi spesifikasi. Untuk aspek ini, ASUS ExpertBook P1412 pun tersedia dalam pilihan spesifikasi yang sangat beragam.

Tak hanya itu, berbeda dengan segmen consumer, produk untuk segmen B2B harus tersedia dalam kuantitas besar. Untuk itu, ASUS memilih memproduksi ExpertBook P1 (P1412) dengan dukungan Intel® Core™ generasi ke-11 yang bisa diproduksi dengan kuantitas berapapun.

ASUS ExpertBook P1 (P1412) merupakan laptop basic yang menghadirkan performa bertenaga serta visual yang immersif. Tersedia dalam pilihan prosesor Intel® Core™ i3 sampai Intel® Core™ i7, laptop ini hadir dengan layar yang membawa teknologi NanoEdge.

Tak hanya itu, layarnya juga memiliki sudut pandang hingga 178°, lengkap dengan lapisan matte anti glare untuk experience yang lebih nyaman. Sementara, di dalam body laptop yang ringkas, prosesor Intel® Core™ ditemani oleh RAM DDR4-3200MHz berkapasitas hingga 24 GB.

Kapasitas RAM yang besar dan dapat di-upgrade ini tentu akan sangat bermanfaat bagi berbagai industri yang membutuhkan platform kerja yang bisa digunakan dalam jangka panjang. Untuk storage, pengguna bisa menikmati penyimpanan kecepatan tinggi dan sekaligus berkapasitas luas.

Ya, dual-storage design yang digunakan oleh laptop ini bisa menampung SSD PCIe hingga kapasitas 1 TB. Tak hanya itu, ASUS ExpertBook P1 (P1412) juga bisa dijelali dengan harddisk ataupun SSD SATA yang lebih terjangkau, dengan berkapasitas hingga 1 TB.

Perlindungan Skala Enterprise

ASUS ExpertBook P1 (P1412) juga menyediakan beraneka ragam perlindungan standar industri, baik secara hardware ataupun software. Untuk bisnis dan instansi pemerintahan, tentunya fasilitas ini sangat krusial dan wajib ada di dalam sebuah laptop.

Dari sisi hardware, laptop ini menggunakan reinforced chassis, reinforced lid serta E-A-R HDD protection. Meskipun secara desain laptop ini serupa dengan laptop di seri consumer, namun reinforced chassis membuat daya tahan fisik laptop ini jauh lebih kuat.

Di dalam ExpertBook P1 (P1412), ASUS telah memberi tambahan pelat metal yang membuat komponen di dalam laptop ini lebih tahan terhadap guncangan ataupun benturan. Tak hanya lebih kuat, reinforced chassis juga meningkatkan kenyamanan mengetik.

Tak hanya di area keyboard, reinforced lid juga membuat area bezel menjadi lebih solid untuk menghindari kerusakan layar yang lebih parah saat kecelakaan fisik terjadi. Dukungan tersebut juga memungkinkan cover laptop dibuka-tutup dengan sangat smooth.

Sementara, adapun dukungan E-A-R HDD shock dampening akan melindungi data pengguna ASUS ExpertBook P1 (P1412)  dari guncangan ataupun benturan yang mungkin terjadi saat kita menggunakan laptop ini dalam keseharian, terutama di luar rumah atau kantor.

Keamanan dan Kemudahan Pengelolaan

Berhubung ditujukan untuk industri, laptop ini juga menyediakan opsi pengamanan dan pengelolaan yang lebih mudah, khususnya bagi para manajer IT perusahaan. Dari sisi sistem pengamanan, ASUS ExpertBook P1 (P1412) hadir dengan sistem pengamanan yang kuat.

Ya! Sistem pengamanan yang kuat bertujuan untuk memastikan data dan informasi rahasia tidak bocor ke luar. Pada laptop ini juga tersedia pengamanan hardware berupa TPM 2.0 (Firmware TPM) untuk memastikan para penyerang tidak bisa menerobos sistem operasi dan melakukan pencurian data.

Untuk fisik laptop, tersedia pula security lock yang mencegah laptop dicuri khususnya saat ditempatkan di lokasi yang kurang terjaga dengan baik. Dari sisi kemudahan pengelolaan, laptop ini juga menyediakan ASUS Control Center dan ASUS Business Manager.

ASUS Control Center memberikan kemudahan untuk memonitor, pengelolaan secara remote dengan antarmuka yang sangat mudah digunakan. Sementara, ASUS Business Manager bisa mengamankan data-data di storage, melakukan setting system dan menghapus total data, sampai mengunci port USB.

Main Spec. ASUS ExpertBook P1 (P1412)

  • CPU: Intel® Core™ i3-1115G4 Processor (6MB Cache, 2 core 4 thread up to 4.1GHz); Intel® Core™ i5-1135G7 Processor (8MB Cache, 4 core 8 thread up to 4.2GHz); Intel® Core™ i7-1195G7 Processor (12MB Cache, 4 core 8 thread up to 5GHz)
  • Operating System: Windows 11 Home / Windows 11 Pro
  • Memory: 4GB/8GB DDR4-3200 onboard, upgradable to 24GB (1x SO-DIMM slot)
  • Storage: 256GB/512GB/1TB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 SSD SATA slot up to 1TB SATA 5400RPM 2.5" HDD
  • Display: 14.0-inch, FHD (1920 x 1080) 16:9, Anti-glare display, LED Backlit, 250nits, NTSC: 45%, Screen-to-body ratio: 82%; 14.0-inch, FHD (1920 x 1080) 16:9, TN, Anti-glare display, LED Backlit, 220nits, NTSC: 45%, Screen-to-body ratio: 82%; 14.0-inch, HD (1366 x 768) 16:9, TN, Anti-glare display, LED Backlit, 200nits, NTSC: 45%, Screen-to-body ratio: 82%
  • Graphics: Intel® UHD Graphics Intel® Iris® Xe Graphics (for Intel® Core™ i5/i7 with dual channel memory)
  • Input/Output: 1x USB 3.2 Gen 1 Type-A, 1x USB 3.2 Gen 1 Type-C, 2x USB 2.0 Type-A, 1x HDMI 1.4, 1x 3.5mm Combo Audio Jack, 1x DC-in
  • Connectivity: Wi-Fi 6(802.11ax) (Dual band) 2*2 + Bluetooth® 5.1
  • Camera: 720p HD camera
  • Audio: SonicMaster Audio by ICEpower® with Cortana support
  • Battery: 37WHrs, 2S1P, 2-cell Li-ion
  • Dimension: 32.54 x 21.60 x 2.04 ~ 2.04 cm
  • Weight: 1.5Kg
  • Price: Starts from Rp5.999.000
  • Warranty: Up to 3 tahun garansi global dan 1 tahun ASUS Expert Warranty

Comments

Harga HP Terbaru

Harga HP7 months ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy M34 5G

Gebrakan terbaru yang ditunjukkan oleh Samsung di pasar smartphone Indonesia adalah meluncurkan Galaxy M34 5G. Smartphone ini dipasarkan dengan harga...

Harga HP11 months ago
Harga dan Spesifikasi POCO F5

Datang sebagai smartphone flagship, POCO F5 hadir ditujukan untuk para gamer, penggiat fotografi, dan tech lovers.

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi vivo Y36

vivo kembali membuat kejutan di pasar smartphone Indonesia dengan meluncurkan vivo Y36. Smartphone yang membawa segudang daya tarik ini dibanderol...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy A54 5G

Galaxy A54 5G sudah hadir resmi di Indonesia. Bagi kalian yang tertarik meminang smartphone ini, Galaxy A54 5G datang dengan...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi Redmi Note 12 Pro 5G

Xiaomi kembali menggebrak pasar Indonesia pada akhir bulan Maret lalu dengan meluncurkan Redmi Note 12 Pro 5G. Smartphone kelas menengah...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi OPPO Reno8 T 5G

Pada bulan Maret 2023 lalu OPPO telah secara resmi meluncurkan OPPO Reno8 T 5G di pasar Indonesia. Smartphone mid-range ini...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi realme C55 NFC

realme secara resmi telah memasarkan realme C55 NFC di Indonesia sejak awal Maret 2023. Smartphone entry-level ini membawa banyak fitur...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi POCO X5 5G

Bulan Februari lalu POCO secara resmi telah meluncurkan POCO X5 5G di pasar Indonesia. Smartphone kelas menengah ini datang dengan...

Aplikasi DroidLime

Get it on Google Play

Populer