Connect with us
M3400_AMD
Berita

Apple Umumkan Kehadiran “Self Service Repair”

Apple menyebutnya ini sebagai program “Self Service Repair”, di mana konsumen yang memiliki pengetahuan yang luas mengenai gadget, khususnya iPhone dapat melakukan perbaikan secara mandiri.

Updated

Apple belum lama ini telah mengeluarkan satu pengumuman yang tidak diduga-duga oleh para konsumen setianya, khususnya para pengguna iPhone. Dalam pengumuman tersebut Apple akan memberi kemudahan kepada pengguna iPhone untuk mendapatkan suku cadang asli guna melakukan perbaikan secara mandiri.

Apple menyebutnya ini sebagai program “Self Service Repair”, di mana konsumen yang memiliki pengetahuan yang luas mengenai gadget, khususnya iPhone dapat melakukan perbaikan secara mandiri dengan mengakses ke suku cadang dan tools asli keluaran Apple.

Jelas, ini bukan langkah khas Apple. Membuat suku cadang dan tools orisinal untuk tersedia bagi siapa saja adalah masalah besar, terutama bagi Apple. Untuk tahap awal, raksasa teknologi yang berbasis di Cupertino, Amerika Serikat ini akan fokus pada perbaikan yang lebih umum dari modul yang sering diservis.

Apple menyebutkan bahwa perbaikan yang lebih umum menyangkut perbaikan layar, penggantian baterai, dan modul kamera untuk jajaran iPhone 13. Setelah itu, Apple juga menjanjikan akan memperluas program “Self Service Repair” ini dengan menambahkan Mac M1.

Konsumen akan dapat memesan suku cadang asli ini, dan akan menerima kredit untuk pembelian jika suku cadang bekas dikembalikan. Untuk itu, Apple telah mempersiapkan beberapa toko terbarunya dan dijanjikan akan menawarkan lebih dari 200 suku cadang dan tools individual.

Selain suku cadang dan tools orisinil, Apple juga akan menyediakan manual untuk prosedur perbaikan mandiri ini. Ya! Sudah barang tentu, Apple akan lebih suka pelanggannya membeli suku cadang langsung dari Apple untuk melakukan perbaikan secara mandiri ini.

Terlepas dari pengumuman tersebut, Apple juga tetap menyarankan agar para pelanggannya tetap mengunjungi penyedia perbaikan profesional, dan bahwa teknisi bersertifikat yang menggunakan suku cadang asli Apple adalah “cara teraman dan paling andal untuk mendapatkan perbaikan”.

“Self Service Repair” ini akan tersedia pertama kali di Amerika Serikat pada awal 2022, dan Apple juga berjanji akan memperluas program tersebut ke lebih banyak negara di akhir tahun depan. Tentu saja, muncul pertanyaan seberapa besar biaya yang akan dikeluarkan oleh pelanggan untuk membeli suku cadang pengganti dalam perbaikan DIY ini.

Pertanyaan lainnya yang juga muncul seberapa jauh lebih murah untuk melakukan perbaikan sendiri dibandingkan membawa perangkat yang bermasalah ke Apple Store. Apple memang sering dikritik karena mempersulit pelanggan untuk memperbaiki perangkat Apple di luar jaringan pusat layanan resmi Apple.

Bahkan, Apple juga telah menonaktifkan Face ID pada iPhone 13 ketika layarnya diganti. Disinyalir, penyebabnya adalah chip mikrokontroler yang terpasang pada unit panel layar. Laporan lain mengklarifikasi bahwa Apple sedang berupaya untuk mengatasi masalah tersebut.

Tentu saja, peluncuran program “Self Service Repair” tampaknya menjadi langkah ke arah yang benar yang dilakukan oleh Apple. Selain itu, tak sedikit yang menilai bahwa program “Self Service Repair” merupakan kemenangan bagi pendukung Right To Repair, di mana pun pelanggan mau memperbaiki perangkatnya tersebut.

Comments

Harga HP Terbaru

Harga HP3 months ago
Harga dan Spesifikasi realme narzo 50

realme narzo 50, yang digadang-gadang mengambil gaming sebagai inti dari penciptaannya. Smartphone seharga Rp2 jutaan ini tiba dengan layar serta...

Harga HP6 months ago
Harga dan Spesifikasi vivo V23 5G

vivo di awal tahun 2022 langsung membuat kejutan dengan meluncurkan vivo V23 5G. Uniknya, smartphone ini punya bodi belakang yang...

Harga HP7 months ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy S21 FE 5G

Bagi kalian yang menginginkan smartphone unggulan dan nyaman digenggam atau disimpan di saku baju dan celana, Galaxy S21 FE 5G...

Harga HP8 months ago
Harga dan Spesifikasi HUAWEI nova 9

Menjelang akhir tahun 2021, Huawei memberi kejutan kepada pasar smartphone Indonesia dengan meluncurkan HUAWEI nova 9. Smartphone kelas menengah ini...

Harga HP8 months ago
Harga dan Spesifikasi realme 8i

realme punya senjata ampuh untuk menaklukkan mereka yang menginginkan layar 120Hz, namun ditawarkan dengan harga terjangkau. Ya! realme menghadirkan realme...

Harga HP9 months ago
Harga dan Spesifikasi OPPO A95

OPPO A95 secara resmi telah meluncur di Indonesia sejak tanggal 18 November 2021 lalu. Smartphone ini membawa banyak hal baru,...

Harga HP9 months ago
Harga dan Spesifikasi Xiaomi 11T dan Xiaomi 11T Pro

Xiaomi 11T dan Xiaomi 11T Pro jadi amunisi andalan Xiaomi yang baru diluncurkan di pasar Indonesia. Keduanya datang dengan dukungan...

Harga HP9 months ago
Harga dan Spesifikasi realme GT Neo2

realme terus melakukan gebrakan di pasar Indonesia. Gebrakan terbaru yang dilakukan oleh realme adalah dengan meluncurkan realme GT Neo2 yang...

Aplikasi DroidLime

Get it on Google Play

Populer