Connect with us
FX516
Berita

Apple Masih Perkasa di Pasar Smartphone Global

Apple, raksasa teknologi asal Cupertino belum terkalahkan di pasar smartphone global. Ya! berdasarkan laporan Strategy Analytics Apple kembali menduduki posisi paling atas untuk shipments dan marketshare smartphone global pada kuartal keempat 2019.

Updated

Laporan terbaru dari Strategy Analytics baru saja dirilis. Mereka menyebutkan bahwa pengiriman alias shipments smartphone di pasar global bertahan stabil, yakni berada di angka 375 juta unit pada kuartal keempat tahun 2019. Apple meraih posisi pertama dengan pangsa pasar global sebesar 18,9 persen.

Sementara, Samsung berada di posisi kedua dengan pangsa pasar global mencapai 18,4 persen. Huawei merosot ke posisi ketiga dengan pangsa pasar hanya sebesar 15 persen. Tercatat, pengiriman smartphone setahun penuh mencapai 1,4 miliar unit pada tahun 2019.

Diungkapkan oleh Linda Sui, Direktur Strategy Analytics bahwa pengiriman smartphone global tumbuh nol persen setiap tahun dari 376 juta unit di kuartal keempat 2018 menjadi 374,5 juta unit di kuartal keempat 2019. Ditambahkan, permintaan smartphone di seluruh dunia masih beragam untuk saat ini.

“Penurunan tajam terjadi di Cina, namun diimbangi dengan pertumbuhan yang kuat di pasar India dan Afrika. Pengiriman smartphone setahun penuh mencapai 1,41 miliar pada 2019, turun 1 persen dari 1,43 miliar pada 2018, karena peningkatan inventaris ringan pada paruh kedua tahun ini,” ungkap Linda Sui.

Dijelaskan juga oleh Linda Sui bahwa ke depan, perang dagang yang terjadi antara Amerika Serikat dengan Cina dan kekhawatiran merebaknya Coronavirus di Cina akan menjadi salah satu hambatan pertumbuhan ponsel pintar pada kuartal pertama tahun 2020.

Neil Mawston, Direktur Eksekutif Strategy Analytics, menambahkan, “Pengiriman iPhone Apple naik 7 persen per tahun dari 65,9 juta unit di seluruh dunia pada kuartal 4 2018 menjadi 70,7 juta di kuartal yang sama pada tahun  2019. Ini adalah kinerja pertumbuhan terbaik Apple sejak 2015.”

Selain itu, Strategy Analytics juga menyebutkan bahwa pasar ponsel pintar global Apple telah meningkat dari 18 persen hingga 19 persen dalam setahun terakhir. Apple pulih, karena harga iPhone 11 yang lebih murah dan permintaan yang lebih sehat di pasar Asia dan Amerika Utara.

Sementara, Samsung mengirimkan 68,8 juta smartphone di seluruh dunia pada kuartal keempat 2019, turun 1 persen dari 69,3 juta pada kuartal keempat 2018. Pasar global Samsung tetap datar di 18 persen, level yang sama dengan tahun lalu. Namun, setahun penuh, Samsung tetap nomor satu dengan pangsa pasar 21 persen pada tahun 2019.

Tercatat, Huawei pada kuartal keempat tahun 2019 hanya mampu mengirimkan 56,0 juta smartphone di seluruh dunia, turun tajam sebesar 7 persen dari 60,5 juta unit pada kuartal keempat tahun 2018. Berbagi pasar global Huawei telah menurun dari 16 persen menjadi 15 persen pada tahun lalu.

Xiaomi, yang tetap berada di posisi keempat, meraih 9 persen pangsa pasar global pada kuartal keempat 2019, naik 7 persen dari tahun lalu. Xiaomi memiliki pasar besar di Eropa Barat dan tetap stabil di pasar di India. Selain itu, Xiaomi juga mendorong keras kategori smartphone 5G dan ini akan menjadi pertumbuhan yang solid di tahun 2020.

Posisi kelima diduduki oleh OPPO yang punya pangsa pasar global sebesar 8 persen selama kuartal keempat 2019, tetap di level yang sama dari tahun lalu. OPPO sedang berekspansi sekuat tenaga ke Eropa Barat, dengan model-model baru seperti Reno 5G, tetapi tetap di bawah tekanan dari Huawei di rumahnya sendiri di Cina.

Comments

Harga HP Terbaru

Harga HP5 days ago
Harga dan Spesifikasi realme 8/realme 8 Pro

realme kembali membuat gebrakan di pasar Indonesia dengan memperkenalkan realme 8 dan realme 8 Pro. Datang sebagai smartphone realme "series...

Harga HP1 week ago
Harga dan Spesifikasi Xiaomi Redmi Note 10/Note 10 Pro

Xiaomi di akhir bulan Maret lalu kembali membuat kejutan di pasar smartphone Indonesia dengan meluncurkan Redmi Note 10 Series. Ada...

Harga HP3 weeks ago
Harga dan Spesifikasi OPPO Reno5 F

OPPO melengkapi lini OPPO Reno5 series dengan menghadirkan OPPO Reno5 F di pasar Indonesia. Smartphone yang ditujukan untuk kelas menengah...

Harga HP3 weeks ago
Harga dan Spesifikasi Xiaomi Mi 11

Pada pertengahan bulan Maret ini Xiaomi telah meluncurkan Mi 11 di pasar Indonesia. Ya! Smartphone pertama di Indonesia yang dibekali...

Harga HP4 weeks ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy A52 | Galaxy A72

Dua Galaxy A Series terbaru dari Samsung yang menyasar pengguna gadget kelas menengah ke atas sudah mendarat di Indonesia. Kedua...

Harga HP1 month ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy A32

Samsung sudah memperkenalkan Galaxy A32 di pasar Indonesia. Smartphone kelas menengah ini tiba dengan dukungan chipset Helio G80 dari MediaTek,...

Harga HP1 month ago
Harga dan Spesifikasi realme narzo 30A

realme narzo 30A secara resmi telah tersedia di pasar Indonesia sejak awal Maret 2021. Smartphone yang ditenagai chipset Helio G85,...

Harga HP2 months ago
Harga dan Spesifikasi Redmi 9T

Xiaomi kembali memperkenalkan smartphone "enrtri level" terbaru, Redmi 9T. Membawa tagline "Jawaranya Batre Gede", Redmi 9T diperkenalkan oleh Xiami pada...

Aplikasi DroidLime

Get it on Google Play

Populer