Connect with us
UX5401ZAS-Space-Edition
Berita

Aplikasi DANA Tetap Jadi Pilihan Masyarakat untuk Kirim Uang

Survei YouGov juga menunjukkan DANA sebagai dompet digital dengan pertumbuhan jumlah pengguna paling tinggi di tahun 2021. Selain itu, fitur Kirim Uang yang ada di dalam aplikasi ini juga begitu disukai oleh pengguna.

Updated

DANA menegaskan keunggulannya sebagai solusi bagi kebutuhan masyarakat, khususnya dalam transaksi pengiriman uang. Survei menunjukkan DANA masih menjadi dompet digital pilihan utama masyarakat untuk berkirim uang. Selain itu, DANA juga menjadi dompet digital dengan pertumbuhan jumlah pengguna paling pesat pada tahun 2021.

Berdasarkan survey YouGov BrandIndex di Q-4 2021 yang melibatkan lebih dari 1.800 responden, DANA menjadi dompet digital pilihan bagi 30% responden untuk transfer uang setelah mobile banking (42%) dan ATM (36%). Fitur Kirim Uang DANA juga banyak diminati oleh pengguna usia muda, yaitu 18 – 34 tahun (34%).

Hasil ini melanjutkan capaian di kuartal-kuartal sebelumnya dan mengukuhkan DANA sebagai dompet digital pilihan masyarakat untuk berkirim uang. Sepanjang 2021, DANA mencatat lebih dari 350 juta total transaksi menggunakan fitur Kirim Uang dengan rata-rata 30 juta transaksi per bulan.

Bahkan di bulan Desember 2021, pertumbuhan transaksi fitur Kirim Uang mencapai lebih dari 360% (year on year). Karena itu, DANA juga menangkap bahwa kirim uang menggunakan dompet digital sudah menjadi budaya baru dalam kehidupan masyarakat di Tanah Air.

“Untuk menyambut adopsi masyarakat yang tinggi sepanjang tahun lalu dan di tahun mendatang, kami akan selalu memastikan proses pengiriman uang tetap berjalan aman, mudah, dan nyaman,” kata Rangga Wiseno, Chief of Product DANA Indonesia.

Fitur Kirim Uang dalam aplikasi DANA merupakan salah satu fitur yang paling digemari pengguna karena menghadirkan kemudahan, keamanan, dan kenyamanan dalam melakukan transfer uang. Kemudahan yang ditawarkan diantaranya fleksibilitas dalam menggunakan beberapa pilihan sumber dana.

Pengguna bisa menggunakan sumber dana yang berasal dari saldo DANA, kartu debit ataupun kartu kredit, serta mengirimkannya melalui berbagai cara seperti antar pengguna, chat, hingga link. Fitur Kirim Uang DANA juga memberikan kenyamanan karena pengiriman uang yang lebih mulus dan cepat.

Sementara untuk keamanan, fitur Kirim Uang dilindungi oleh teknologi keamanan terdepan yang berlapis. Sepanjang tahun lalu, DANA juga banyak melakukan pembaruan pada fitur Kirim Uang, termasuk kemudahan untuk melacak, memantau dan menelusuri langsung proses pengiriman uang pengguna dan menambahkan kolom ‘Favorit’.

“Kami akan terus berupaya meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap fitur Kirim Uang dan aplikasi DANA secara keseluruhan, tidak hanya untuk mempercepat adopsi dompet digital tapi juga mendongkrak inklusi keuangan digital masyarakat,” ujar Rangga.

Pertumbuhan jumlah pengguna

Konsistensi dalam menyajikan layanan keuangan digital yang aman, mudah dan nyaman juga berimbas pada pertumbuhan DANA secara keseluruhan. Berdasarkan pantauan YouGov, DANA menjadi dompet digital dengan pertumbuhan pengguna paling pesat sepanjang tahun 2021.

Selama tahun 2021, jumlah pengguna DANA bertambah 45 juta atau tumbuh 90%, mencapai total 95 juta pengguna. Secara tahunan, perolehan ini merupakan yang tertinggi sepanjang perjalanan DANA sejak resmi diluncurkan pada bulan Desember 2018 sekaligus melanjutkan tren pertumbuhan yang positif.

Pada tahun sebelumnya, jumlah pengguna DANA bertambah 10 juta dari 40 juta menjadi 50 juta pengguna. Saat ini, jumlah pengguna DANA bahkan sudah menembus 100 juta. Terkait dengan hal ini menandakan bahwa masyarakat di Indonesia sudah familiar dengan pemanfaatan dompet digital, seperti DANA.

“Pertumbuhan pengguna kami juga menandakan kesiapan masyarakat akan pemanfaatan dompet digital. Dengan mengedepankan teknologi inovasi dalam fitur-fitur kami, masyarakat telah melihat dompet digital sebagai solusi untuk berbagai kebutuhan,” pungkas Rangga.

Comments

Harga HP Terbaru

Harga HP7 months ago
Harga dan Spesifikasi realme narzo 50

realme narzo 50, yang digadang-gadang mengambil gaming sebagai inti dari penciptaannya. Smartphone seharga Rp2 jutaan ini tiba dengan layar serta...

Harga HP10 months ago
Harga dan Spesifikasi vivo V23 5G

vivo di awal tahun 2022 langsung membuat kejutan dengan meluncurkan vivo V23 5G. Uniknya, smartphone ini punya bodi belakang yang...

Harga HP10 months ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy S21 FE 5G

Bagi kalian yang menginginkan smartphone unggulan dan nyaman digenggam atau disimpan di saku baju dan celana, Galaxy S21 FE 5G...

Harga HP11 months ago
Harga dan Spesifikasi HUAWEI nova 9

Menjelang akhir tahun 2021, Huawei memberi kejutan kepada pasar smartphone Indonesia dengan meluncurkan HUAWEI nova 9. Smartphone kelas menengah ini...

Harga HP12 months ago
Harga dan Spesifikasi realme 8i

realme punya senjata ampuh untuk menaklukkan mereka yang menginginkan layar 120Hz, namun ditawarkan dengan harga terjangkau. Ya! realme menghadirkan realme...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi OPPO A95

OPPO A95 secara resmi telah meluncur di Indonesia sejak tanggal 18 November 2021 lalu. Smartphone ini membawa banyak hal baru,...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi Xiaomi 11T dan Xiaomi 11T Pro

Xiaomi 11T dan Xiaomi 11T Pro jadi amunisi andalan Xiaomi yang baru diluncurkan di pasar Indonesia. Keduanya datang dengan dukungan...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi realme GT Neo2

realme terus melakukan gebrakan di pasar Indonesia. Gebrakan terbaru yang dilakukan oleh realme adalah dengan meluncurkan realme GT Neo2 yang...

Aplikasi DroidLime

Get it on Google Play

Populer